Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Sisfarina Hafifah Sisfarina IAIN Kerinci
  • Rahmi Putri
  • Maila Sari

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3568

Keywords:

Kesiapan Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Pentingnya kesiapan belajar siswa dalam belajar matematika dapat mempengaruhi kemampuan yang dimiliki oleh siswa, salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun tujuan penelitian ialah untuk melihat pengaruh kesiapan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Menggunakan metode korelasi karena ingin melihat pengaruh antar variabel satu terhadap variabel lainnya. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kesiapan belajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai signifikansi sebesar 0,014 < 0,05 dan thitung 2,544 < ttabel 2,000 sehingga, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh positif antara kesiapan belajar(X1) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis(Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2),45. https://doi.org.10.22460/jpmi.v5i2.10289

Hidayah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas X MA Al Asror Kota Semarang. Skripsi, 3–37.

Kudsiyah, S. M., et al. (2017). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan, 110-117.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150.

Masruroh, A. (2021). Pengaruh Kesiapan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mateematika SMP Negeri 59 Jakarta. Jurnal SINASIS, 2(1).

Martin, I., & Kadarisma, G. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi. Jurnal JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika), 3(6), 641–652. https://doi.org/10.31949/th.v7i1.3824

Nurhayati, E., et al. (2016). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(2).

Pratiwi, Y., & Untu, Z. (2022). Hasil Observasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas VIII J SMP Negeri 1 Samarinda pada Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2022, 105–111.

Syahputra, M. R. (2016). Pengaruh Persiapan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Kuadrat Dan Akar Kuadrat Bilangan Bulat Siswa Smp Swasta Bandung Percut Sei Tuan. Jurnal Matik Penusa, 19(1).

Taufik, F., Yuliani, A., & Chotimah, S. (2023). Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas Ix Smpn 3 Cimahi Dalam Menyelesaikan Soal Statistika. JPMI- Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 6(4), 1323–1334. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17784

Wibowo, T. B. S. (2021). Pengaruh Daya Juang dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika (Survei Pada SMAN di Kota Bekasi). Jurnal Pendidikan MIPA, 4(1), 1-17.

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Sisfarina, S. . H., Rahmi Putri, & Maila Sari. (2024). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 643–649. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3568