Analisis Penerapan Tri Pusat Pendidikan dalam Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3704Keywords:
Character, Elementary School, Tri PusatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mmenganalisis penerapan Tri Pusat Pendidikan dalam mengembangkan karakter siswa di kelas. Metode yang digunakan memanfaatkan pendekatan studi kasus dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui serangkaian teknik, antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui verifikasi dengan menerapkan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat memiliki peran krusial. Lingkungan keluarga berperan penting dalam membentuk karakter anak melalui metode pembelajaran berbasis contoh konkret. Sekolah juga memberikan kontribusi besar dengan kegiatan formal dan peran guru sebagai pendamping. Lingkungan masyarakat turut membangun peduli sosial, terutama melalui gotong royong. Keseluruhan, pengembangan karakter anak dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara ketiga lingkungan tersebut, dengan harapan terbentuk generasi cerdas secara akademis dan berkarakter kuat.
Downloads
References
Adzim, M. F. (2021). Sinergitas Tri Pusat Pendidikan Dalam Penguatan Nilai Nilai Pendidikan Karakter peserta Didik. Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Buadaya Dan Sosial, 8(1), 79–96.
Abu, Ahmadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta
Agustini, N. M. S. (2018). Tripusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran Bagi Anak. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 9(2), 133-154.
Bariyah, S. K. (2019). Peran Tri Pusat Pendidikan dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal Pendidikan, 7(2), 228–239
Dewi, F. & Pristi S. (2020). Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Program Penguatan Karakter (PPK) di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(1).
Daradjat, Z. (2014). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Fariz Ramadan, dkk, “Manajemen Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak”, Jurnal Bunayya, vol. 8, no. 1, 2022
Ketamansiswaan, T. D. (2016). Ketamansiswaan.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 41–49.
Kristanti, D. (2019). Analisis Pelaksanaan pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III SD Negeri 3 Teunom. Bina Gogik, 6(1), 75–86.
Sujana, I. W. . (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29–39. (Kurniawan, 2015: 42).
Masjid, A.a., Arief, A., Setyawan, A. D., & Retnaningsih, R. (2019). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Upaya Memperkuat pendidikanKarakter Siswa di Taman Muda Ibu Pawiyatan. Trihayu Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2).
Ma’arif, M. (2018). Analisis Strategi Pendidikan karakter Melalui Hukuman Preventif. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 31–56.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.
Ulfiaturrohmah, N., & Diantoro, F. (2021). peran tri pusat pendidikan dalam menghadapi problematika pembelajaran daring di daerah 3t. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2), 115–131
Suharjo.2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar teori dan praktek. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Syamsul, K. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Sekolah, perguruan Tinggi dan Masyarakat. ArRuzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.