Analisis Penerapan Tri Pusat Pendidikan dalam Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Anggreini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yasinta Kurniawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Eko Priyojadmiko Institut Ilmu Quran An Nur Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3704

Keywords:

Character, Elementary School, Tri Pusat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mmenganalisis penerapan Tri Pusat Pendidikan dalam mengembangkan karakter siswa di kelas. Metode yang digunakan memanfaatkan pendekatan studi kasus dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui serangkaian teknik, antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui verifikasi dengan menerapkan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat memiliki peran krusial. Lingkungan keluarga berperan penting dalam membentuk karakter anak melalui metode pembelajaran berbasis contoh konkret. Sekolah juga memberikan kontribusi besar dengan kegiatan formal dan peran guru sebagai pendamping. Lingkungan masyarakat turut membangun peduli sosial, terutama melalui gotong royong. Keseluruhan, pengembangan karakter anak dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara ketiga lingkungan tersebut, dengan harapan terbentuk generasi cerdas secara akademis dan berkarakter kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzim, M. F. (2021). Sinergitas Tri Pusat Pendidikan Dalam Penguatan Nilai Nilai Pendidikan Karakter peserta Didik. Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Buadaya Dan Sosial, 8(1), 79–96.

Abu, Ahmadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta

Agustini, N. M. S. (2018). Tripusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran Bagi Anak. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 9(2), 133-154.

Bariyah, S. K. (2019). Peran Tri Pusat Pendidikan dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal Pendidikan, 7(2), 228–239

Dewi, F. & Pristi S. (2020). Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Program Penguatan Karakter (PPK) di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(1).

Daradjat, Z. (2014). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Fariz Ramadan, dkk, “Manajemen Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak”, Jurnal Bunayya, vol. 8, no. 1, 2022

Ketamansiswaan, T. D. (2016). Ketamansiswaan.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 41–49.

Kristanti, D. (2019). Analisis Pelaksanaan pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III SD Negeri 3 Teunom. Bina Gogik, 6(1), 75–86.

Sujana, I. W. . (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29–39. (Kurniawan, 2015: 42).

Masjid, A.a., Arief, A., Setyawan, A. D., & Retnaningsih, R. (2019). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Upaya Memperkuat pendidikanKarakter Siswa di Taman Muda Ibu Pawiyatan. Trihayu Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2).

Ma’arif, M. (2018). Analisis Strategi Pendidikan karakter Melalui Hukuman Preventif. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 31–56.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Ulfiaturrohmah, N., & Diantoro, F. (2021). peran tri pusat pendidikan dalam menghadapi problematika pembelajaran daring di daerah 3t. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2), 115–131

Suharjo.2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar teori dan praktek. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Syamsul, K. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Sekolah, perguruan Tinggi dan Masyarakat. ArRuzz Media.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Anggreini, D., Kurniawati, Y., & Priyojadmiko, E. . (2024). Analisis Penerapan Tri Pusat Pendidikan dalam Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 564–571. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3704