PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Esti Nur Qorimah STKIP PGRI Pacitan
  • Nur Khotimah

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3939

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 03 Widoro di Wonogiri. Sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dan diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih baik dari model pembelajaran Direct Instruction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Handayani, P. S.(2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi. IPI Garut. Tidak diterbitkan.

Hatmawati, S. R., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.284
Joyce, Bruce,dkk. (2009). Models Of Teaching. Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Luritawati, I.R. (2014). Penerapan Strategi Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confiden Siswa. Tesis. SPs UPI: Tidak diterbitkan.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurdin, Saiman, Nurdin, K., & Sardia. (2024). MODEL PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 409–423.
Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 47–56. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.845
Riffyanti, L. dkk. (2017). “Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya”. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro.6 (1), 117.
Rosita, Eka. (2016). Penerapan Model Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpiikir Kritis dan Self-Confidence Siswa. Tesis. Sps Upi: Tidak diterbitkan
Russeffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Setiawan, T. A., Harsih, L. M., & Kultsum, U. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Direct Instruction, dan Student Centered Learning di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 232–238. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.58
Silver, E.A. (1997). On Mathematical Problem Posing. For The Learning of Mathematics. Volume 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X.
Sumarmo, U. (2016). “Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik”. Jurnal Kelengkapan Bahan Ajar Mata Kuliah pembelajaran Matematika pada Program Magister Pendidikan Matematika-STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.
Sumartini, T.S. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa. Vol 5. ISSN 2086 4280
Thobroni, Muhammad & Mustofa, Arif. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916
Wayan, N. A., & Rini Purwati, N. K. (2020). Edukasi Matematika dan Sains Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Mathematics Learning Strategies Based on Characteristics of Elementary School Students. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Nur Qorimah, E., & Khotimah, N. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SEKOLAH DASAR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 467–474. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3939