PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3939Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 03 Widoro di Wonogiri. Sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dan diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih baik dari model pembelajaran Direct Instruction.Downloads
Download data is not yet available.
References
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Handayani, P. S.(2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi. IPI Garut. Tidak diterbitkan.
Hatmawati, S. R., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.284
Joyce, Bruce,dkk. (2009). Models Of Teaching. Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Luritawati, I.R. (2014). Penerapan Strategi Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confiden Siswa. Tesis. SPs UPI: Tidak diterbitkan.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurdin, Saiman, Nurdin, K., & Sardia. (2024). MODEL PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 409–423.
Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 47–56. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.845
Riffyanti, L. dkk. (2017). “Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya”. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro.6 (1), 117.
Rosita, Eka. (2016). Penerapan Model Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpiikir Kritis dan Self-Confidence Siswa. Tesis. Sps Upi: Tidak diterbitkan
Russeffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Setiawan, T. A., Harsih, L. M., & Kultsum, U. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Direct Instruction, dan Student Centered Learning di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 232–238. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.58
Silver, E.A. (1997). On Mathematical Problem Posing. For The Learning of Mathematics. Volume 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X.
Sumarmo, U. (2016). “Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik”. Jurnal Kelengkapan Bahan Ajar Mata Kuliah pembelajaran Matematika pada Program Magister Pendidikan Matematika-STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.
Sumartini, T.S. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa. Vol 5. ISSN 2086 4280
Thobroni, Muhammad & Mustofa, Arif. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916
Wayan, N. A., & Rini Purwati, N. K. (2020). Edukasi Matematika dan Sains Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Mathematics Learning Strategies Based on Characteristics of Elementary School Students. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.
Handayani, P. S.(2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi. IPI Garut. Tidak diterbitkan.
Hatmawati, S. R., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.284
Joyce, Bruce,dkk. (2009). Models Of Teaching. Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Luritawati, I.R. (2014). Penerapan Strategi Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confiden Siswa. Tesis. SPs UPI: Tidak diterbitkan.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurdin, Saiman, Nurdin, K., & Sardia. (2024). MODEL PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 409–423.
Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 47–56. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.845
Riffyanti, L. dkk. (2017). “Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya”. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro.6 (1), 117.
Rosita, Eka. (2016). Penerapan Model Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpiikir Kritis dan Self-Confidence Siswa. Tesis. Sps Upi: Tidak diterbitkan
Russeffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Setiawan, T. A., Harsih, L. M., & Kultsum, U. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Direct Instruction, dan Student Centered Learning di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 232–238. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.58
Silver, E.A. (1997). On Mathematical Problem Posing. For The Learning of Mathematics. Volume 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X.
Sumarmo, U. (2016). “Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik”. Jurnal Kelengkapan Bahan Ajar Mata Kuliah pembelajaran Matematika pada Program Magister Pendidikan Matematika-STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.
Sumartini, T.S. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa. Vol 5. ISSN 2086 4280
Thobroni, Muhammad & Mustofa, Arif. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916
Wayan, N. A., & Rini Purwati, N. K. (2020). Edukasi Matematika dan Sains Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Mathematics Learning Strategies Based on Characteristics of Elementary School Students. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.
Downloads
Published
2024-02-29
How to Cite
Nur Qorimah, E., & Khotimah, N. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SEKOLAH DASAR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 467–474. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3939
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.