Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4307Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Team Games Tournament, WordwallAbstract
Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dan belum adanya media pengembangan dalam kegiatan pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tidaknya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen nyata tipe pretest-posttest control group design . Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling . Sampel penelitian adalah siswa kelas XI.7 dan XI.8 masing-masing berjumlah 26 dan 29 siswa. Data penelitian berupa tes hasil belajar matematika siswa. Uji kondisi tersebut mencakup uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah terpenuhinya uji perenang dilakukan uji hipotesis terhadap data kemampuan awal dan akhir siswa dengan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis terhadap kemampuan akhir matematika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh bahwa nilai thitung = 1,934801103 dan ttabel = 1,67412. Karena thitung > ttabel maka diperoleh keputusan bahwa H0 diterima. Berdasarkan hasil pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto tahun pelajaran 2023/2024.Downloads
Download data is not yet available.
References
Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., Farahsanti, I., & Exacta, A. P. (2021). Microteaching dalam Jaringan berbasis Lesson Study dan Keterampilan Penyusunan Authentic Assessment Matematika berorientasi HOTS. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 49–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/union.v9i1.9136
Ismail, & Farahsanti, I. (2021). Hubungan antara Frekuensi Penggunaan Media Pendidikan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 186–196. Retrieved from www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Kemdikbud. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Retrieved March 30, 2024, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Khosiyono, B. H. C. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Dee publish.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assesment For Learning educandy & wordwall. Bandung: Yayasan Rumah Rawda Indonesia.
Mutmainna Salsabila, A., Khaerunnisa, & Eka Putri Atjo, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 3(1), 14–24.
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Skolah Dasar. PI-Math-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, I(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math
Puspaningtyas, N., Hadiprasetyo, K., & Farahsanti, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dengan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi. Absis: Mathematics Education Juornal, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.705
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. In Eureka Media Aksara. Purbalingga.
Sya’bani, Y. A., Sukidin, & Tiara. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Education Research and Development, 8, 63–74. https://doi.org/https://doi.org/ 10.31537/ej.v8i1.1409
Tanthowi, I., Mahsup, Utami, W. L., Salsabilah, N., Iqamah, N., Awalia, P. T. A., … Palahuddin. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(4), 563–571. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Prosiding Samasta, 3(4), 1–6. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMSAT/ndex
Yunita, A., Juwita, R., & Elma Kartika, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 23–34. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Ismail, & Farahsanti, I. (2021). Hubungan antara Frekuensi Penggunaan Media Pendidikan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 186–196. Retrieved from www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Kemdikbud. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Retrieved March 30, 2024, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Khosiyono, B. H. C. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Dee publish.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assesment For Learning educandy & wordwall. Bandung: Yayasan Rumah Rawda Indonesia.
Mutmainna Salsabila, A., Khaerunnisa, & Eka Putri Atjo, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 3(1), 14–24.
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Skolah Dasar. PI-Math-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, I(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math
Puspaningtyas, N., Hadiprasetyo, K., & Farahsanti, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dengan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi. Absis: Mathematics Education Juornal, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.705
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. In Eureka Media Aksara. Purbalingga.
Sya’bani, Y. A., Sukidin, & Tiara. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Education Research and Development, 8, 63–74. https://doi.org/https://doi.org/ 10.31537/ej.v8i1.1409
Tanthowi, I., Mahsup, Utami, W. L., Salsabilah, N., Iqamah, N., Awalia, P. T. A., … Palahuddin. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(4), 563–571. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Prosiding Samasta, 3(4), 1–6. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMSAT/ndex
Yunita, A., Juwita, R., & Elma Kartika, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 23–34. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Downloads
Published
2024-08-30
How to Cite
Pita Retno Susanti, Dewi Susilowati, & Annisa Prima Exacta. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 952–960. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4307
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.