Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Pita Retno Susanti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Dewi Susilowati
  • Annisa Prima Exacta

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4307

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Team Games Tournament, Wordwall

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dan belum adanya media pengembangan dalam kegiatan pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tidaknya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen nyata tipe pretest-posttest control group design . Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling . Sampel penelitian adalah siswa kelas XI.7 dan XI.8 masing-masing berjumlah 26 dan 29 siswa. Data penelitian berupa tes hasil belajar matematika siswa. Uji kondisi tersebut mencakup uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah terpenuhinya uji perenang dilakukan uji hipotesis terhadap data kemampuan awal dan akhir siswa dengan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis terhadap kemampuan akhir matematika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh bahwa nilai thitung = 1,934801103 dan ttabel = 1,67412. Karena thitung > ttabel maka diperoleh keputusan bahwa H0 diterima. Berdasarkan hasil pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., Farahsanti, I., & Exacta, A. P. (2021). Microteaching dalam Jaringan berbasis Lesson Study dan Keterampilan Penyusunan Authentic Assessment Matematika berorientasi HOTS. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 49–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/union.v9i1.9136
Ismail, & Farahsanti, I. (2021). Hubungan antara Frekuensi Penggunaan Media Pendidikan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 186–196. Retrieved from www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Kemdikbud. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Retrieved March 30, 2024, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Khosiyono, B. H. C. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Dee publish.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assesment For Learning educandy & wordwall. Bandung: Yayasan Rumah Rawda Indonesia.
Mutmainna Salsabila, A., Khaerunnisa, & Eka Putri Atjo, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 3(1), 14–24.
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Skolah Dasar. PI-Math-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, I(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math
Puspaningtyas, N., Hadiprasetyo, K., & Farahsanti, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dengan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi. Absis: Mathematics Education Juornal, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.705
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. In Eureka Media Aksara. Purbalingga.
Sya’bani, Y. A., Sukidin, & Tiara. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Education Research and Development, 8, 63–74. https://doi.org/https://doi.org/ 10.31537/ej.v8i1.1409
Tanthowi, I., Mahsup, Utami, W. L., Salsabilah, N., Iqamah, N., Awalia, P. T. A., … Palahuddin. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(4), 563–571. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Prosiding Samasta, 3(4), 1–6. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMSAT/ndex
Yunita, A., Juwita, R., & Elma Kartika, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 23–34. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Pita Retno Susanti, Dewi Susilowati, & Annisa Prima Exacta. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 952–960. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4307