Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4433Keywords:
Problem Based Learning, Quizizz, Learning AchievementAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang dipadukan dengan aplikasi Quizizz dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMA. PBL merupakan pendekatan pengajaran yang mengandalkan penanganan masalah yang tepat sebagai alasan untuk menyiapkan ujian dasar dan kompetensi berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak kuis interaktif sepenuhnya berbasis internet Quizizz untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam sistem pembelajaran. Perangkat eksplorasi yang digunakan adalah ujian dengan konfigurasi one group pretest-posttest design yang terkumpul, yang terdiri dari 36 siswa dari kelas XI-3 sebagai individu. Alat ukur yang dilakukan adalah tes kemampuan numerik yang diberikan saat pelaksanaan PBL dengan bantuan Quizizz. Hasil ujian menunjukkan peningkatan yang sangat besar dalam skor pasca-tes dibandingkan dengan pra-tes, yang menunjukkan keefektifan kombinasi PBL dan Quizizz dalam lebih lanjut mengembangkan prestasi belajar matematika. Ujian statistik deskriptif, ujian normalitas, penilaian t, ujian Sampel Berpasangan, dan uji N-gain digunakan untuk evaluasi informasi. Semua ujian tersebut memandu model PBL dan pencapaian Quizizz. Akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa PBL yang dilengkapi dengan aplikasi ujian intuitif, misalnya, Quizizz lebih mengembangkan hasil belajar, pemahaman, dan membuat pengalaman akademis benar-benar menarik, belajar, dan cerdas, selain meningkatkan konsep dan dukungan siswa. Oleh karena itu, PBL yang dibantu dengan bantuan Quizizz dapat direkomendasikan sebagai pendekatan belajar yang memungkinkan untuk lebih mengembangkan pencapaian teknis siswa sekolah menengah kelas XI.Downloads
References
Amelia, S. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-9.
Anas, R. M. (2023, November). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Panjulziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Peserta Didik Kelas IV. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 2970-2977).
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA pada dimensi Tiga melalui model pembelajaran PBL berbantuan alat peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94-104.
Barokah, S. L. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quiziz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi (Lintas Minat) Materi Interaksi Sosial Bagi Peserta Didik Kelas X MIPA 4 SMA N 1 Bawang Tahun Pelajaran 2020/2021. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(2), 173-186.
Darmawan, G., & Pujiastuti, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(4), 244-248.
Henita, H., Mashuri, M., & Margana, M. (2019, February). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 79-83).
Hidayati, N. N., Aini, L. N., Novianty, A., Astutiningsih, T., & Manurung, T. B. (2020). metode infografis dalam trigonometri melalui pembelajaran daring quizizz untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 71-77.
Khairunnisa, J. F. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Murdani, M. H., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Pengaruh model problem based learning dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 7(3c), 1745-1753.
Ningsih, M. P., Sugiyanti, S., & Ariyanto, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran quantum learning dan active learning berbantu aplikasi quizizz terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas XI. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 366-374.
OECD. (2022). PISA PISA 2022 Results.
Priyanti, N. M. I., & Nurhayati, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 96-101.
Ramadhaningsih, D. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Aplikasi Quizizz di Kelas XI SMA Negeri 10 Pinrang. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 128-133.
Ratnawati, W., Retno, R. S., & Triastuti, N. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ PADA SISWA KELAS 5 SDN WONOSARI 2. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 14-25.
Safitri, N. F., Maruti, E. S., & Rulviana, V. (2023). Efektivitas Penggunaan Model PBL (Problem Based Learning) Dengan Media Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri Banjarejo Kota Madiun. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1292-1299.
Safitri, R. D., Safrudiannur, S., & Azainil, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Aplikasi Quizizz Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 140-148.
Saputra, A. W. R., Sudargo, S., & Endahwuri, D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Group Investigation Berbantu E-Book Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 5 Semarang Tahun 2020). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 465-476.
Satria, O. I., Zuhri, M. S., & Purwati, H. (2023). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2149-2160.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Syahdela, A. A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Profil Literasi Matematis Dan Profil Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Quizizz Pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 141-150.
Wardana, W. O. W., & Ahmad, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Praktikum Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 27-32.
Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023; Systematic Literatur Review. Journal of Instructional and Development Researches, 4(3), 172-191.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.