Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Maya Dini Rahayu Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Saifuddin Zuhri Universitas PGRI Semarang
  • Lilik Ariyanto Universitas PGRI Semarang
  • Adi Wibawa SMA Negeri 5 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4433

Keywords:

Problem Based Learning, Quizizz, Learning Achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang dipadukan dengan aplikasi Quizizz dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMA. PBL merupakan pendekatan pengajaran yang mengandalkan penanganan masalah yang tepat sebagai alasan untuk menyiapkan ujian dasar dan kompetensi berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak kuis interaktif sepenuhnya berbasis internet Quizizz untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam sistem pembelajaran. Perangkat eksplorasi yang digunakan adalah ujian dengan konfigurasi one group pretest-posttest design yang terkumpul, yang terdiri dari 36 siswa dari kelas XI-3 sebagai individu. Alat ukur yang dilakukan adalah tes kemampuan numerik yang diberikan saat pelaksanaan PBL dengan bantuan Quizizz. Hasil ujian menunjukkan peningkatan yang sangat besar dalam skor pasca-tes dibandingkan dengan pra-tes, yang menunjukkan keefektifan kombinasi PBL dan Quizizz dalam lebih lanjut mengembangkan prestasi belajar matematika. Ujian statistik deskriptif, ujian normalitas, penilaian t, ujian Sampel Berpasangan, dan uji N-gain digunakan untuk evaluasi informasi. Semua ujian tersebut memandu model PBL dan pencapaian Quizizz. Akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa PBL yang dilengkapi dengan aplikasi ujian intuitif, misalnya, Quizizz lebih mengembangkan hasil belajar, pemahaman, dan membuat pengalaman akademis benar-benar menarik, belajar, dan cerdas, selain meningkatkan konsep dan dukungan siswa. Oleh karena itu, PBL yang dibantu dengan bantuan Quizizz dapat direkomendasikan sebagai pendekatan belajar yang memungkinkan untuk lebih mengembangkan pencapaian teknis siswa sekolah menengah kelas XI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, S. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-9.

Anas, R. M. (2023, November). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Panjulziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Peserta Didik Kelas IV. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 2970-2977).

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA pada dimensi Tiga melalui model pembelajaran PBL berbantuan alat peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94-104.

Barokah, S. L. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quiziz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi (Lintas Minat) Materi Interaksi Sosial Bagi Peserta Didik Kelas X MIPA 4 SMA N 1 Bawang Tahun Pelajaran 2020/2021. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(2), 173-186.

Darmawan, G., & Pujiastuti, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(4), 244-248.

Henita, H., Mashuri, M., & Margana, M. (2019, February). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 79-83).

Hidayati, N. N., Aini, L. N., Novianty, A., Astutiningsih, T., & Manurung, T. B. (2020). metode infografis dalam trigonometri melalui pembelajaran daring quizizz untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 71-77.

Khairunnisa, J. F. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Murdani, M. H., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Pengaruh model problem based learning dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 7(3c), 1745-1753.

Ningsih, M. P., Sugiyanti, S., & Ariyanto, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran quantum learning dan active learning berbantu aplikasi quizizz terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas XI. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 366-374.

OECD. (2022). PISA PISA 2022 Results.

Priyanti, N. M. I., & Nurhayati, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 96-101.

Ramadhaningsih, D. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Aplikasi Quizizz di Kelas XI SMA Negeri 10 Pinrang. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 128-133.

Ratnawati, W., Retno, R. S., & Triastuti, N. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ PADA SISWA KELAS 5 SDN WONOSARI 2. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 14-25.

Safitri, N. F., Maruti, E. S., & Rulviana, V. (2023). Efektivitas Penggunaan Model PBL (Problem Based Learning) Dengan Media Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri Banjarejo Kota Madiun. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1292-1299.

Safitri, R. D., Safrudiannur, S., & Azainil, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Aplikasi Quizizz Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 140-148.

Saputra, A. W. R., Sudargo, S., & Endahwuri, D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Group Investigation Berbantu E-Book Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 5 Semarang Tahun 2020). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 465-476.

Satria, O. I., Zuhri, M. S., & Purwati, H. (2023). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2149-2160.

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.

Syahdela, A. A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Profil Literasi Matematis Dan Profil Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Quizizz Pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 141-150.

Wardana, W. O. W., & Ahmad, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Praktikum Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 27-32.

Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023; Systematic Literatur Review. Journal of Instructional and Development Researches, 4(3), 172-191.

Downloads

Published

2025-01-04

How to Cite

Rahayu, M. D., Zuhri, M. S., Ariyanto, L., & Wibawa, A. (2025). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 198–205. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4433