Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5570Keywords:
Kemampuan Numerasi, Soal PISA, Ekstrovert, IntrovertAbstract
Soal-soal PISA tidak hanya menilai pemahaman konseptual tetapi juga kapasitas siswa untuk menerapkan pengetahuan dalam banyak konteks, yang mengakibatkan adanya variasi kemampuan di antara siswa yang disebabkan oleh perbedaan proses kognitif yang dipengaruhi oleh perbedaan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan numerasi siswa dalam menjawab soal-soal PISA menurut tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini melibatkan dua siswa dari kelas VIII-A di MTs Sultan Fatah Gaji, yang direkrut dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei tipe kepribadian dan asesmen PISA. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, yang meliputi proses reduksi data, tampilan data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan numerasi antara siswa ekstrovert dan introvert ketika menjawab soal-soal PISA. Siswa introvert memiliki keterampilan numerasi.
Downloads
References
Creswell, J. . (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
Fuady, A. (2017). Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236
Habibi, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP yang Berkepribadian Extrovert dan Introvert Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier. Educazione, 4(1), 61–71.
Herawati, Lamada, M., & Suhardi, R. E. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal MEKOM (Media …, 1–6. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000
Juliansa, M. F., Kartinah, & F.D, P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 133–137. https://core.ac.uk/reader/234024010
Kaka, A. E. L., Ate, D., & Making, S. R. M. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N.1 Kota Tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 3(2), 88–96. https://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jppms/article/view/282
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Kurniawan, M. F., & Stanislaus, S. (2016). Perilaku Pro-Sosial Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert (Studi pada Mahasiswa Psikologi UNNES). Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(3), 195–199.
Lestari, S. W. (2016). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepbribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon (Issue June).
Maulana, A., & Hasnawati. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 1–14.
Ngadino, D., Sukoriyanto, S., & Sudirman, S. (2022). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 344. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9009
Permatasari, N., Budiyono, & Slamet, I. (2016). Proses berpikir siswa kelas VIII smp negeri 25 Surakarta dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert pada materi persamaan garis lurus. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 4(3), 314–327.
Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 Menggunakan Konteks Lampung. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832
Putri, W. A., & Masriyah, M. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa, 9(2), 392–401. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p392-401
Qomariah, N. (2016). Profil Pemahaman Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Extrovert dan Introvert. Jurnal Apotema, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.36805/bi.v1i2.139
Rahayu, Y. M., & Fauziah, A. naril maulida. (2017). Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kepribadian Introvert Dan Extrovert Pada Materi Kalor. E-Journal Unesa, 05(2), 138–146.
Rudianti, R., Rudianti, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437–448. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.675
Rumita, W. M., Kusumaningsih, W., & Zuhri, M. S. (2021). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 215–222. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7569
Sari, A. A., & Kurniasari, I. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Spltv Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. MATHEdunesa, 11(3), 938–947. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p938-947
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuanttitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta. Yudistira.
Supriyati, A., & Yunianta, T. N. H. (2021). Profil Penalaran Adaptif Siswa Smp Dengan Tipe Kepribadian Introvert Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Satya Widya, 36(2), 116–124. https://doi.org/10.24246/j.sw.2020.v36.i2.p116-124
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
Wafida, A. (2018). Analisis Proses Berpikir Refraktif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert. Skripsi.
Yukentin, Y., Munawaroh, M., & Winarso, W. (2018). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. JIPMat, 3(2), 163–168. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2700
Yuzianah, D., Darmono, P. B., & Fatkhiyah, H. N. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa SMP. DELTA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 1–12.
Zuniana, E. R., & Rahaju, E. B. (2019). Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa : Journal of Educational Mathematics, 8(2), 342–349.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.