Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert

Authors

  • Mia Apriliyani Universitas PGRI Semarang
  • Yanuar Hery Murtianto Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Saifuddin Zuhri Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5570

Keywords:

Kemampuan Numerasi, Soal PISA, Ekstrovert, Introvert

Abstract

Soal-soal PISA tidak hanya menilai pemahaman konseptual tetapi juga kapasitas siswa untuk menerapkan pengetahuan dalam banyak konteks, yang mengakibatkan adanya variasi kemampuan di antara siswa yang disebabkan oleh perbedaan proses kognitif yang dipengaruhi oleh perbedaan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan numerasi siswa dalam menjawab soal-soal PISA menurut tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini melibatkan dua siswa dari kelas VIII-A di MTs Sultan Fatah Gaji, yang direkrut dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei tipe kepribadian dan asesmen PISA. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, yang meliputi proses reduksi data, tampilan data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan numerasi antara siswa ekstrovert dan introvert ketika menjawab soal-soal PISA. Siswa introvert memiliki keterampilan numerasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Y. N. (2016). Perbedaan Antara Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta. Applied Microbiology and Biotechnology.
Creswell, J. . (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
Fuady, A. (2017). Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236
Habibi, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP yang Berkepribadian Extrovert dan Introvert Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier. Educazione, 4(1), 61–71.
Herawati, Lamada, M., & Suhardi, R. E. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal MEKOM (Media …, 1–6. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000
Juliansa, M. F., Kartinah, & F.D, P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 133–137. https://core.ac.uk/reader/234024010
Kaka, A. E. L., Ate, D., & Making, S. R. M. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N.1 Kota Tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 3(2), 88–96. https://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jppms/article/view/282
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Kurniawan, M. F., & Stanislaus, S. (2016). Perilaku Pro-Sosial Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert (Studi pada Mahasiswa Psikologi UNNES). Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(3), 195–199.
Lestari, S. W. (2016). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepbribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon (Issue June).
Maulana, A., & Hasnawati. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 1–14.
Ngadino, D., Sukoriyanto, S., & Sudirman, S. (2022). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 344. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9009
Permatasari, N., Budiyono, & Slamet, I. (2016). Proses berpikir siswa kelas VIII smp negeri 25 Surakarta dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert pada materi persamaan garis lurus. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 4(3), 314–327.
Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 Menggunakan Konteks Lampung. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832
Putri, W. A., & Masriyah, M. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa, 9(2), 392–401. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p392-401
Qomariah, N. (2016). Profil Pemahaman Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Extrovert dan Introvert. Jurnal Apotema, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.36805/bi.v1i2.139
Rahayu, Y. M., & Fauziah, A. naril maulida. (2017). Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kepribadian Introvert Dan Extrovert Pada Materi Kalor. E-Journal Unesa, 05(2), 138–146.
Rudianti, R., Rudianti, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437–448. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.675
Rumita, W. M., Kusumaningsih, W., & Zuhri, M. S. (2021). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 215–222. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7569
Sari, A. A., & Kurniasari, I. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Spltv Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. MATHEdunesa, 11(3), 938–947. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p938-947
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuanttitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta. Yudistira.
Supriyati, A., & Yunianta, T. N. H. (2021). Profil Penalaran Adaptif Siswa Smp Dengan Tipe Kepribadian Introvert Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Satya Widya, 36(2), 116–124. https://doi.org/10.24246/j.sw.2020.v36.i2.p116-124
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
Wafida, A. (2018). Analisis Proses Berpikir Refraktif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert. Skripsi.
Yukentin, Y., Munawaroh, M., & Winarso, W. (2018). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. JIPMat, 3(2), 163–168. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2700
Yuzianah, D., Darmono, P. B., & Fatkhiyah, H. N. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa SMP. DELTA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 1–12.
Zuniana, E. R., & Rahaju, E. B. (2019). Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa : Journal of Educational Mathematics, 8(2), 342–349.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Apriliyani, M., Murtianto, Y. H., & Zuhri, M. S. (2025). Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 539–547. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5570