Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemampuan Awal
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4934Keywords:
Mathematical Reasoning Ability, Problem Solving, Initial AbilityAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan kemampuan awal. Subjek penelitian sebanyak 2 siswa pada kategori kemampuan awal sedang Kelas VII.4 UPT SMP Negeri 4 Dua Pitue. Instrumen utama adalah peneliti, instrumen pendukung adalah tes tertulis dan pedoman wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Indikator kemampuan penalaran matematis yang digunakan, yaitu (1) Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar ataupun diagram; (2) Melakukan manipulasi matematika; (3) Menarik kesimpulan; (4) Menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 2 soal: siswa dengan kategori kemampuan awal sedang belum optimal. Siswa pada tahap memahami masalah: mampu memenuhi indikator ketiga. Tahap merencanakan pemecahan masalah: mampu memenuhi indikator pertama. Tahap melaksanakan rencana: mampu memenuhi indikator pertama, kedua, ketiga, tetapi ketiga indikator tersebut belum mampu dipenuhi pada soal nomor 2. Tahap memeriksa kembali pemecahan yang diperoleh: mampu memenuhi indikator pertama, kedua, keempat, tetapi ketiga indikator tersebut belum mampu dipenuhi pada soal nomor 2 karena ketidaktahuan siswa
Downloads
References
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2). 118-129. Doi: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553
Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.
Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90-103. Doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82
Azzah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Di Kelas VIII-1 MTS Ma’arif Sidomukti (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik). http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/936
Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2)I. 93-102. Doi: https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21198
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1). 21-32. Doi: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kondo, S. A. S., Side, S., & Minggi, I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau dari Perbedaan Gender pada SMP Negeri 8 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11524
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM. Malang: CV. IRDH. https://www.researchgate.net/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). 1-10. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1
Wibowo, H. Remediasi Materi Perbandingan Menggunakan Strategi Solusi Berbantuan Tabel pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 4(1). Doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8760
Yuniawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Simki-Techsain, 1(1). 1-6. http://simki.unpkediri.ac.id/detail/13.1.01.05.0200
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi limit fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409-414. Doi: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.