Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemampuan Awal

Authors

  • Nurdin Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Sahid Sahid Universitas Negeri Makassar
  • Ayudya Afsari Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4934

Keywords:

Mathematical Reasoning Ability, Problem Solving, Initial Ability

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan kemampuan awal. Subjek penelitian sebanyak 2 siswa pada kategori kemampuan awal sedang Kelas VII.4 UPT SMP Negeri 4 Dua Pitue. Instrumen utama adalah peneliti, instrumen pendukung adalah tes tertulis dan pedoman wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Indikator kemampuan penalaran matematis yang digunakan, yaitu (1) Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar ataupun diagram; (2) Melakukan manipulasi matematika; (3) Menarik kesimpulan; (4) Menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 2 soal: siswa dengan kategori kemampuan awal sedang belum optimal. Siswa pada tahap memahami masalah: mampu memenuhi indikator ketiga. Tahap merencanakan pemecahan masalah: mampu memenuhi indikator pertama. Tahap melaksanakan rencana: mampu memenuhi indikator pertama, kedua, ketiga, tetapi ketiga indikator tersebut belum mampu dipenuhi pada soal nomor 2. Tahap memeriksa kembali pemecahan yang diperoleh: mampu memenuhi indikator pertama, kedua, keempat, tetapi ketiga indikator tersebut belum mampu dipenuhi pada soal nomor 2 karena ketidaktahuan siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2). 118-129. Doi: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90-103. Doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Azzah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Di Kelas VIII-1 MTS Ma’arif Sidomukti (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik). http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/936

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2)I. 93-102. Doi: https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21198

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1). 21-32. Doi: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kondo, S. A. S., Side, S., & Minggi, I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau dari Perbedaan Gender pada SMP Negeri 8 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11524

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM. Malang: CV. IRDH. https://www.researchgate.net/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). 1-10. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1

Wibowo, H. Remediasi Materi Perbandingan Menggunakan Strategi Solusi Berbantuan Tabel pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 4(1). Doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8760

Yuniawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Simki-Techsain, 1(1). 1-6. http://simki.unpkediri.ac.id/detail/13.1.01.05.0200

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi limit fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409-414. Doi: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Arsyad, N., Sahid, S., & Afsari, A. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemampuan Awal. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 138–151. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4934