Kajian Sistematik : Hubungan Kemampuan Berpikir Aljabar dan Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Retno Adjeng Alifiahaqsya Pendidikan Matematika
  • Lisanul Uswah Sadieda UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Lailiyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5037

Keywords:

Algebraic Thinking Ability, Mathematical Resilience, Mathematics Learning, Systematic Literature Review

Abstract

This study aims to examine the relationship between algebraic thinking skills and mathematical resilience in mathematics learning using the Systematic Literature Review (SLR) method. This method is employed to analyze and synthesize findings from various relevant studies on these two aspects. A total of 20 articles meeting the inclusion criteria were reviewed, focusing on topics related to algebraic thinking skills and mathematical resilience in mathematics learning. The findings indicate a positive relationship between algebraic thinking skills and mathematical resilience, showing that students with strong algebraic skills are better equipped to face challenges in mathematics. These findings highlight the importance of effective algebra instruction in enhancing students' mental resilience when encountering difficulties in mathematics learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, a. (2024). Analisis kemampuan berpikir aljabar ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Uin syarif hidayatullah jakarta.

Su Juan, Nur D.,(2024). Kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa kelas viii smpn 04 kota bekasi. Prosiding sesiomadika, 5(3), 1–10.

Ansori, a. (2020). Analisis kemampuan resiliensi dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal pendidikan matematika inovatif , 3(4), 1–10.

Apriliasari, R., kemampuan, a., aljabar, b., & lestari, w. (n.d.). Sinasis 2 (1) (2021) analisis kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Jakarta.

Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi matematis pada pembelajaran discovery learning dalam upaya meningkatkan komunikasi matematika. 862–868.

Azahra, a. M. (2022). Berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Jurnal ilmiah pendidikan matematika, 11(3).

Azizah, n., & abadi, a. (2022).Kajian pustaka: resiliensi dalam pembelajaran matematika. Journal didactical mathematics, 4(1), 1–6.

Elementer sutamrin, a. (2021).Analisis kemampuan berpikir kritis dalam project based learning. 4(1).

Farida, I., Lukman Hakim,D., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., telukjambe timur, k., & barat, j. (2021). Kemampuan berpikir aljabar siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Jurnal pembelajaran matematika inovatif, 4(5). Https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136

Iman, S., & Firmansyah, Dani. (2019). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. In S. Ayuning (ed.), prosiding sesiomadika seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (pp. 1–5). Universitas Singaperbangsa Karawang.

Istikomah, Puji Astuti, E., & Kurniawan, H. (2020). Kemampuan berpikir aljabar siswa climber dalam menyelesaikan masalah SPLDV. Alphamath : journal of mathematics education, 6(2), 1–12.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 1–8.

Nggaba.M., (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berbasis Kearifan Lokal. Satya Widya Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 36(2), 1–8.

Rahman.W, Amatullah.L, & Apriani.A (2023). Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Daarul Uluum. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 1–9.

Nurhayati, Y., & Ni’mah, K. (2023). Analisis Resiliensi Matematis Siswa Sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 233. Https://Doi.Org/10.25157/Teorema.V8i2.10866

Debajyoti.P, & Lorusso L.N. (2018). How To Write A Systematic Review Of The Literature. Health Enviroments Research And Design Journal, 11(1), 15–30.

Putri, A., Yanty, E., & Nasution, P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar.

Rahimah, M., Karakteristik, K., Belajar, K., & Matematika, K. B. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies (Vol. 4, Issue 3). Http://Pusdikra-Publishing.Com/Index.Php/Jrss

Riskon, M., Rochmad, & Dewi, N. (2019). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving. In M. Riskon (Ed.), Seminar Nasionalpascasarjana 2019 (Pp. 1–4). Universitas Negeri Semarang.

Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics And Educations Journal, 3(1), 30–39. Https://Doi.Org/10.29303/Jm.V3i1.2577

Setyawati, R. D., Nurbaiti, I., Ariyanto, L., Kemampuan, A., Aljabar, B., Kelas, S., & Ditinjau, V. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Self Efficacy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Silma, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5e. 5(3), 300–319. Http://Jurnal.Uns.Ac.Id/Jpm

Mardhiyyah.S (2023). Pengaruh resiliensi matematis dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Universitas islam malang .

Su,A., & Nur, I. (2024). Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (sesiomadika). 2023.

Syafira, S., Ghifari, A., Juandi, D., Usdiyana, D., (2022). Systematic literature review: pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi.

Thoyyibah, R., & Susanti, D. E. (2024). Investigasi kemampuan berpikir aljabar peserta didik dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal analisa, 10(1), 53–63. Https://doi.org/10.15575/ja.v10i1.30022

Zamzamy Ridlo, A., & Rukmigarsari, E. (2021). Pengaruh habit of mind dan resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis materi pola bilangan pada peserta didik kelas VIII MTS Ma’arif Sukorejo (vol. 16, issue 12).

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Adjeng Alifiahaqsya, R., Sadieda, L. U., & Lailiyah, S. (2024). Kajian Sistematik : Hubungan Kemampuan Berpikir Aljabar dan Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 151–161. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5037