Penerapan Metode Mnemonic Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ummina Nurus Alif Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Lisanul Uswah Sadieda Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Suparto Suparto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5458

Keywords:

Metode Mnemonic, Daya Ingat Siswa, Kurilum Merdeka

Abstract

Siswa sering mengalami lupa pada materi yang telah diajarkan sebelumnya, sehingga dalam menerima materi selanjutnya siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan langkah pembelajaran, aktivitas siswa, respons siswa dan mengetahui ada tidaknya peningkatan daya ingat siswa setelah penerapan metode Mnemonic dalam pembelajaran matematika di Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diaplikasikan adalah Post-test Only Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan langkah pembelajaran dalam menerapkan metode Mnemonic mempunyai persentase keseluruhan sebesar 85,79% termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Mnemonic menunjukkan persentase sebesar 93,33% termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Respons siswa pada penerapan metode Mnemonic mendapat kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar 79,35%. 4) Hasil uji tes daya ingat siswa menggunakan uji statistik non parametrik berupa uji Mann Whitney menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Mnemonic terhadap daya ingat siswa terbukti pada nilai p-value sebesar . Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa daya ingat siswa yang diterapkan metode Mnemonic lebih baik daripada daya ingat siswa yang menggunakan metode pembelajaran lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriyani, I., & Hrp, N. A. (2021). Peningkatan Daya Ingat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Dengan Penggunaan Teknik Mnemonic Pada Kelas Xi Mas Al-Barakah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 657–666. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.657-666
Ardika, Y. (2016). Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau dari Daya Ingat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TPA SMK N 2 Depok Sleman. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5006
Firdaus, S., & Hafidah, S. (2020). Mnemonik : Solusi Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Palapa, 8(1), 81–96. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.700
Herawati, R., Mashar, R., Pritama, M. A. N., Keguruan, F., Universitas, P., & Magelang, M. (2020). EFEKTIVITAS TEKNIK MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN. 23–27.
Khairunnisya. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Daya Ingat Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika di Kelas III SDN 164 Pekanbaru. 20.
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tanggerang Selatan. In … dan Pembelajaran, Badan ….
Laoli, S., Triyanto, Y., Combi, J. saleky, & Hura, M. P. (2024). Metode Mnemonik Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik. XII(2), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88–104. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19
Purwandari, D., & Rahmawati, S. (2017). Penerapan Metode Mnemonik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Iii Sd Negeri Panggang Ii Tahun 2017/2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rahmawati, Y. Z. (2019). Strategi Mnemonic Dengan Menggunakan Kartu Make a Matchpada Materi Trigonometri. Menara Ilmu, 8(3), 173–181.
Ryan, J., & Bowman, J. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan (Edisi ke-2). In Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sarnoto, A. Z. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(3), 15928–15939. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5470
Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47–67. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1144
Sri Murwantini, & Ratna Pancawati. (2023). the Effectiveness of the Mnemonic Method To Improve Long-Term Memory on Trigonometric Function Limits Material. BALANGA: Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 11(2), 131–139. https://doi.org/10.37304/balanga.v11i2.11739
Trinova, Z., & Nur Umi Rrahmawati UIN Imam Bonjol Padang, D. (2023). THE USE OF MNEMONIC MODEL AND ITS EFFECT ON STUDENTS’ MEMORY. 653–665.
Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic Dalam Pembelajaran Matematika. EDUSCOPE : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 78–85.
Yulia, A., Rusady, P., Madura, U. I., & Madura, U. I. (2021). P Engaruh K Onseling T Erhadap P Ersepsi T Entang. 12(2), 432–440.
Yuliana, M., Suryaningtyas, W., & Shoffa, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 142. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.530

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Alif, U. N., Sadieda, L. U., & Suparto, S. (2025). Penerapan Metode Mnemonic Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 729–738. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5458