Penerapan Metode Mnemonic Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5458Keywords:
Metode Mnemonic, Daya Ingat Siswa, Kurilum MerdekaAbstract
Siswa sering mengalami lupa pada materi yang telah diajarkan sebelumnya, sehingga dalam menerima materi selanjutnya siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan langkah pembelajaran, aktivitas siswa, respons siswa dan mengetahui ada tidaknya peningkatan daya ingat siswa setelah penerapan metode Mnemonic dalam pembelajaran matematika di Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diaplikasikan adalah Post-test Only Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan langkah pembelajaran dalam menerapkan metode Mnemonic mempunyai persentase keseluruhan sebesar 85,79% termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Mnemonic menunjukkan persentase sebesar 93,33% termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Respons siswa pada penerapan metode Mnemonic mendapat kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar 79,35%. 4) Hasil uji tes daya ingat siswa menggunakan uji statistik non parametrik berupa uji Mann Whitney menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Mnemonic terhadap daya ingat siswa terbukti pada nilai p-value sebesar . Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa daya ingat siswa yang diterapkan metode Mnemonic lebih baik daripada daya ingat siswa yang menggunakan metode pembelajaran lain.
Downloads
References
Ardika, Y. (2016). Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau dari Daya Ingat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TPA SMK N 2 Depok Sleman. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5006
Firdaus, S., & Hafidah, S. (2020). Mnemonik : Solusi Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Palapa, 8(1), 81–96. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.700
Herawati, R., Mashar, R., Pritama, M. A. N., Keguruan, F., Universitas, P., & Magelang, M. (2020). EFEKTIVITAS TEKNIK MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN. 23–27.
Khairunnisya. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Daya Ingat Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika di Kelas III SDN 164 Pekanbaru. 20.
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tanggerang Selatan. In … dan Pembelajaran, Badan ….
Laoli, S., Triyanto, Y., Combi, J. saleky, & Hura, M. P. (2024). Metode Mnemonik Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik. XII(2), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88–104. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19
Purwandari, D., & Rahmawati, S. (2017). Penerapan Metode Mnemonik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Iii Sd Negeri Panggang Ii Tahun 2017/2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rahmawati, Y. Z. (2019). Strategi Mnemonic Dengan Menggunakan Kartu Make a Matchpada Materi Trigonometri. Menara Ilmu, 8(3), 173–181.
Ryan, J., & Bowman, J. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan (Edisi ke-2). In Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sarnoto, A. Z. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(3), 15928–15939. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5470
Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47–67. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1144
Sri Murwantini, & Ratna Pancawati. (2023). the Effectiveness of the Mnemonic Method To Improve Long-Term Memory on Trigonometric Function Limits Material. BALANGA: Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 11(2), 131–139. https://doi.org/10.37304/balanga.v11i2.11739
Trinova, Z., & Nur Umi Rrahmawati UIN Imam Bonjol Padang, D. (2023). THE USE OF MNEMONIC MODEL AND ITS EFFECT ON STUDENTS’ MEMORY. 653–665.
Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic Dalam Pembelajaran Matematika. EDUSCOPE : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 78–85.
Yulia, A., Rusady, P., Madura, U. I., & Madura, U. I. (2021). P Engaruh K Onseling T Erhadap P Ersepsi T Entang. 12(2), 432–440.
Yuliana, M., Suryaningtyas, W., & Shoffa, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 142. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.