Ekplorasi Etnomatematika pada Kapal Ijon-Ijon Lamongan

Authors

  • Ani Jamiatun Aisiyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hildawati Nuramalina UIN Sunan Ampel
  • Agus Prasetyo Kurniawan UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5070

Keywords:

Ethnomathematics, Ijon-ijon Ships, Arithmetic

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap etnomatematika pada Kapal Ijon-Ijon di Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambar yang diperoleh langsung dari lapangan, tanpa berfokus pada angka, dan sesuai dengan kondisi alami (natural setting). Data dan fakta yang ditemukan dianalisis serta disajikan agar mudah dipahami oleh pembaca. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnomatematika pada bagian penyimpanan ikan di kapal ini, jika dihubungkan dengan konsep matematika, mencakup pola barisan aritmatika dan bentuk persegi dalam geometri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariadi H. 2023. Dinamika Wilayah Pesisir. Universitas Brawijaya Press. Malang.

Azizah, S. 2022. Eksplorasi Etnomatematika Pada Kesenian Reog Bulkiyo di Desa Kemloko Kecamatan

Nglegok Kabupaten Blitar. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1): 24-34.

Fadillah, N. P., dan Alfiansyah, E. A. 2022. Analisis Gesture Matematika Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Open-ended. Journal Of Authentic ResearchOn Mathematics Education

(JARME). 4(1): 14-29.

Gustiani, D. D., dan Puspitasari, N. 2021. Kesalahan Siswa Dalam menyelesaikan Soal

Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan

Matematika. 1(3): 435-444.

Harmadi, S. 2014. Nelayan Kita dan Dinamika Sejarah Perkembangannya. Jurnal

Perikanan Tangkap Indonesia 4(2), 1-15.

Noho, Y., Modjo, M. L., & Ichsan, T. N. 2020. Pengemasan Warisan Budaya Tak Benda

“Paiya Lohungo Lopoli” Sebagai Atraksi Wisata Budaya di Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(2), 179. https://doi.org/10.37905/aksara.4.2 .179-192.2018

Nova, I. S., dan Putra, A. 2022. Eksplorasi Etnomatematika Pada Cerita Rakyat.

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): 67-76.

Suwarno, S, M, A, A. (2017). PERAHU TRADISIONAL IJON-IJON DI DESA

SEMANGKON LAMONGAN. Yogyakarta: BPNB Yogyakarta.

Safitri, A. H. I., Novaldi, I. D., dan Supiarmo, M. G. 2021. Eksplorasi Etnomatematika

Pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendegia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3):

-3321.

Sari, L. K., dan Madio, S. S. 2021. Kesulitan Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh.

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(3): 409-420.

Sihombing, D. I. 2022. Strategi Pembelajaran Berbasis Etnomatematika: Eksplorasi

Kekayaan Alam Danau Toba Sebagai Mata Pencaharian Masyarakat. SEPREN: Journal of

Mathematics Education and Applied. 1(4): 106-113.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Patri, S. F. D., dan Heswari, S. 2022. Etnomatematika dalam Seni ANyam Jambi Sebagai Sumber

Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8): 2705-2714.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Aisiyah, A. J., Nuramalina, H., & Kurniawan, A. P. (2025). Ekplorasi Etnomatematika pada Kapal Ijon-Ijon Lamongan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 278–285. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5070