Eksplorasi Etnomatematika Pada Kolam Segaran : Membaca Warisan Budaya Majapahit Dalam Perspektif Matematika

Authors

  • Wulan Rahayu Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Hanah Karinsa Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Agus Prasetyo Kurniawan Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5068

Keywords:

Ethnomathematics, Segaran Reservoir, Majapahit Culture

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi etnomatematika pada Kolam Segaran, sebuah situs budaya peninggalan Kerajaan Majapahit, dengan tujuan memahami nilai-nilai matematis yang terkandung dalam desainnya serta mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran matematika berbasis budaya. Pendekatan kualitatif dengan metode etnografi digunakan untuk menggali keterkaitan antara konsep geometri, aljabar, dan pengukuran yang terimplementasi dalam struktur Kolam Segaran. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan informan yang memiliki pemahaman mendalam tentang budaya Majapahit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kolam Segaran memuat konsep matematika seperti bangun datar, bangun ruang, luas permukaan, volume bangun ruang, simetri, dan rasio, yang dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan prinsip-prinsip geometri dan aljabar dalam konteks yang relevan. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika tetapi juga mendorong apresiasi terhadap warisan budaya lokal. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kurikulum berbasis budaya, menjadikan Kolam Segaran sebagai model pembelajaran yang inovatif dan aplikatif untuk menghubungkan pendidikan matematika dengan kekayaan budaya Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Rahayu, W., Karinsa, H., & Kurniawan, A. P. (2025). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kolam Segaran : Membaca Warisan Budaya Majapahit Dalam Perspektif Matematika . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 254–266. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5068