PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.508Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan efektif terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas III SDN 96 Campurejo yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan untuk meningkatan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes essay, observasi aktivitas siswa dan observasi aktivitas guru, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif melalui persentase hasil kinerja guru dan secara kuantitatif melalui nilai ketuntasan belajar siswa individual, nilai rata-rata hasil belajar siswa, persentase hasil belajar klasikal siswa. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa kelas III dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan siswa sebesar 23,0% mengalami peningkatan 30,8% pada siklus I menjadi 53,8% pada siklus II meningkat 34,6% menjadi 88,4%.Downloads
Download data is not yet available.
References
Agung. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bali: Universitas Ganesha
Arikunto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Esminarto. 2016. Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kediri: Unublitar.
Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Martianty. 2011. Meningkatan keterampilan siswa pada pengurangan bilangan cacah dengan teknik meminjam melalui media kantong bilangan di kelas ii sdn pauwo kecamatan kabila kabupaten bone bolango.
Nina. 2012. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN pada Materi Persamaan Kedudukan Warga Negara dengan Model Pemblajaran Student Teams-Achievement Division di Kelas X-II SMA PGRI 4 Banjarmasin.
Nurachmad. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sdn Marmoyo Jombang.
Purwanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.
Qomariyah. 2019. Penerapan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Probolinggo: Universitas Panca Marga.
Runtukahu. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Nerkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo Persada.
Sudjana. 2017. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Zakaria. 2010. The Effects of Cooperative Learning on Students Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics.
Arikunto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Esminarto. 2016. Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kediri: Unublitar.
Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Martianty. 2011. Meningkatan keterampilan siswa pada pengurangan bilangan cacah dengan teknik meminjam melalui media kantong bilangan di kelas ii sdn pauwo kecamatan kabila kabupaten bone bolango.
Nina. 2012. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN pada Materi Persamaan Kedudukan Warga Negara dengan Model Pemblajaran Student Teams-Achievement Division di Kelas X-II SMA PGRI 4 Banjarmasin.
Nurachmad. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sdn Marmoyo Jombang.
Purwanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.
Qomariyah. 2019. Penerapan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Probolinggo: Universitas Panca Marga.
Runtukahu. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Nerkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo Persada.
Sudjana. 2017. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Zakaria. 2010. The Effects of Cooperative Learning on Students Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics.
Downloads
Published
2021-02-28
How to Cite
Hardianto, H., Ulfa, M. ., & Fauziah, K. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 87–98. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.508
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.