Mengoptimalisasi Kompetensi Strategis Siswa Melalui Pemanfaatan Geogebra dan Disposisi Produktif: Meningkatkan Pembelajaran Matematika di Era Digital

Authors

  • Muhammad Syarifuddin Rahman universitas negeri makassar
  • Abdurahman Hamid Universitas Negeri Makassar
  • Asmaun Asmaun Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5601

Keywords:

Productive Disposition, Strategic Competence, Utilization of Geogebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara parsial maupun bersama antara pemanfatan geogebra dan disposisi produktif dengan komptensi strategis siswa. Pemanfaatan geogebra adalah suatu kegiatan guru kepada siswa dalam melaksanakan dan mengelola pembelajaran yang memanfaatkan geogebra sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Disposisi produktif merupakan karakteristik seseorang yang mendorong untuk berpikir dan bertindak dengan cara tertentu dalam menyelesaikan masalah. Kompetesi strategis merupakan kemampuan siswa dalam mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi startegi dalam memahami, merepresentasikan dan menyelesaikan masalah yang diperoleh melalui proses belajar matematika. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey dan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 240 siswa. Sedangkan banyak siswa yang tergolong pada sampel penelitian berjumlah 150 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket pemanfaaan media geogebra, angket disposisi produktif, tes kompetensi strategis. Teknik analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji prasyarat dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan beberapa hal yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan geogebra dengan kompetensi strategis siswa SMA, terdapat hubungan positif yang signifikan antara disposisi produktif dengan kompetensi strategis siswa SMA, serta tidak terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara pemanfaatan geogebra dan disposisi produktif dengan kompetensi strategsi siswa. Dalam hal ini, diperlukan integrasi yang efektif dalam pembelajaran matematika yaitu GeoGebra digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan strategi penyelesaian masalah dan disposisi produktif mendukung eksplorasi serta refleksi yang lebih mendalam terkait caa menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyanto, A., Pramita, D., Abdillah, A., Syaharuddin, S., Mahsup, M., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 01-10.

Alfi, M., Istiani, A., Saefudin, D. M., & Zeniarti, N. (2024). Pelatihan Penggunaan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Aljabar pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 327-333.

Al-Malky, M., & Alnathier, M. (2020). Investigating The Effectiveness Of Using A Proposed Teaching Approach Based On Marzano's Model On Students Achievement And Productive Disposition. In INTED2020 Proceedings (pp. 4296-4301). IATED.

Apriyantini, N. P. D., Warpala, I. W. S., & Sudatha, I. G. W. (2024). Game Edukasi Berbasis Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(1), 40-45.

Aras, A. (2020). Model pembelajaran Means-Ends Analysis dalam menumbuhkembangkan kemampuan problem solving dan productive disposition. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 183-198.

Awofala, A. O., Lawal, R. F., Arigbabu, A. A., & Fatade, A. O. (2022). Mathematics productive disposition as a correlate of senior secondary school students’ achievement in mathematics in Nigeria. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(6), 1326-1342.

Cahyana, N., Rustiani, S., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Geogebra. Journal of Education Research, 5(4), 4391-4399.

Copur-Gencturk, Y., & Doleck, T. (2021). Strategic competence for multistep fraction word problems: an overlooked aspect of mathematical knowledge for teaching. Educational Studies in Mathematics, 107(1), 49-70.

Dangkulos, T. G., Ibañez, E. D., & Pentang, J. T. (2025). Problem-solving disposition as a predictor of preservice elementary teachers’ problem-solving performance. Journal of Education and Learning (EduLearn), 19(1), 54-62.

Das, K. (2019). Role of ICT for better mathematics teaching. Shanlax International Journal of Education, 7(4), 19-28.

DiNapoli, J. (2023). Distinguishing between grit, persistence, and perseverance for learning mathematics with understanding. Education Sciences, 13(4), 402.

Fatimatuzzahrah, F., Sakinah, L., & Alyasari, S. A. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 43-53., F., Sakinah, L., & Alyasari, S. A. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 43-53.

Furner, J. M. (2024). Creating Connections: Using Problem-Based Instruction with Mathematics and Technology Like GeoGebra for STEM Integration. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 12(4), 957-970.

Haji, S. (2019). Improving Students' Productive Disposition through Realistic Mathematics Education with Outdoor Approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(2), 101-111.

Hidayat, A. M., Dasari, D., & Priatna, B. A. (2024). Pengaruh faktor eksternal terhadap disposisi produktif pada kecakapan matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 407-420.

Kim, K. M., & Md-Ali, R. (2017). GEOGEBRA: TOWARDS REALIZING 21ST CENTURY LEARNING IN MATHEMATICS EDUCATION. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 93–115. https://doi.org/10.32890/mjli.2017.7799

Langoban, M. A., Tan, R. G., & Lomibao, L. S. (2023). Why is there a Need to Foster Positive Attitude Among Learners in Learning Mathematics?. Journal of Innovations in Teaching and Learning, 3(1), 35-38.

Mensah, J. (2023). EFFECTIVENESS OF USING GEOGEBRA IN TEACHING AND LEARNING CIRCLE THEOREMS ON STUDENT-TEACHERS’PERFORMANCE. European Journal of Education Studies, 10(11).

Rahman, M. S., & Juniati, D. (2023). The Quality of Mathematical Proficiency in Solving Geometry Problem: Difference Cognitive Independence and Motivation. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 255-266.

Rahman, M. S., Juniati, D., & Manuharawati, M. (2022, July). Strategic competence in solving-problem and productive disposition of high school students based on cognitive styles. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2577, No. 1). AIP Publishing.

Romero Albaladejo, I. M., & García López, M. D. M. (2024). Mathematical attitudes transformation when introducing GeoGebra in the secondary classroom. Education and Information Technologies, 29(8), 10277-10302.

Sari, R. K. S. R. K. (2023). Upaya Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra. Eksponen, 13(1), 25-36.

Savitri, M. D., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa, S. (2022). Pengaruh meas berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 243-255.

Schaver, Z. (2019). The effects of GeoGebra on student achievements, critical thinking/problem-solving skills, and engagement/motivation in high school mathematics.

Schulz, A. (2024). Assessing student teachers’ procedural fluency and strategic competence in operating and mathematizing with natural and rational numbers. Journal of Mathematics Teacher Education, 27(6), 981-1008.

Simbolon, A. K. A. P., & Siahaan, L. M. (2020). The use of GeoGebra software in improving student’s mathematical abilities in learning geometry. In Proceedings of the International Conference on Culture Heritage, Education, Sustainable Tourism, and Innovation Technologies, Cesit (pp. 352-360).

Suh, J., Matson, K., Seshaiyer, P., Jamieson, S., & Tate, H. (2021). Mathematical modeling as a catalyst for equitable mathematics instruction: Preparing teachers and young learners with 21st century skills. Mathematics, 9(2), 162.

Suratno, J., & Waliyanti, I. K. (2023). Integration of geogebra in problem-based learning to improve students' problem-solving skills. International Journal of Research in Mathematics Education, 1(1), 63-75.

Szabo, Z. K., Körtesi, P., Guncaga, J., Szabo, D., & Neag, R. (2020). Examples of problem-solving strategies in mathematics education supporting the sustainability of 21st-century skills. Sustainability, 12(23), 10113.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Syarifuddin Rahman, M., Hamid, A., & Asmaun, A. (2025). Mengoptimalisasi Kompetensi Strategis Siswa Melalui Pemanfaatan Geogebra dan Disposisi Produktif: Meningkatkan Pembelajaran Matematika di Era Digital. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 588–602. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5601