Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Indefendent
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6065Keywords:
Kesulitan Siswa, Gaya Kognitif Field Indefendent, Bangun Ruang Sisi DatarAbstract
Artikel ini bertujuan menganalisis kesulitan Siswa dalam menyelesaikan masalah geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari Gaya Kognitif field Indefendent. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penentuan subjek yang digunakan adalah purposive sampling (pertimbangan tertentu) dengan menggunakan 1 subjek. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes GEFT untuk gaya kognitif field indefendent, instrument tes diagnostik dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik masing-masing variabel. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kedua subjek mengalami kesulitan dalam konsep, mengalami kesulitan belajar prinsip, dan mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan verbal. Analisis kesulitan juga memberikan hasil bahwa subjek melakukan lebih dari satu tipe kesulitan dalam penyelesaian soal bangun ruang sisi datar. Kesulitan-kesulitan tersebut menunjukkan bahwa subjek masih harus diberikan penguatan konsep, prinsip dan pemecahan masalah verbal secara bertahap dan berulang dengan penjelasan, petunjuk, untuk meminimalisasi bahkan memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar.
Downloads
References
Arfan, Y. (2017). Rancang Bangun dan Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sketchup pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. UIN Walisongo Semarang.
Bagaskara, A. (2017). Pengembangan modul matematika tiga dimensi materi bangun ruang sisi datar untuk siswa smp. 75–80.
Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, &SMA/MA. AR-RUZZ MEDIA.
Hajar, S., Bernard, H., & Djam’an, N. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 2 (1), 92-99.
Noviantasari, I.& Margarita. 2016. Diagnosis dan remediasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Kanisius Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 pada Pokok Materi Kubus dan Balok. Skripsi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. 2019. Diagnostik kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar pada materi operasi hitung bilangan bulat negatif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 68-79.
Safitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. Aksioma, 6(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanti, N. 2014. Pengaruh gaya belajar kognitif terhadap hasil belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika.
Susandi, A. D., & Widyawati, S. 2017. Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 45-52.
Ulya, H. 2015. Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2).
Yeni, E. M. 2015. Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).
Yusmin, E. (2017). Kesulitan belajar siswapada pelajaran matematika (rangkuman dengan pendekatan meta-ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.