Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Indefendent

Authors

  • Wasni Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma’rufi Ma’rufi Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6065

Keywords:

Kesulitan Siswa, Gaya Kognitif Field Indefendent, Bangun Ruang Sisi Datar

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis kesulitan Siswa dalam menyelesaikan masalah geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari Gaya  Kognitif field Indefendent. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penentuan subjek yang digunakan adalah purposive sampling (pertimbangan tertentu) dengan menggunakan 1 subjek. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes GEFT untuk gaya kognitif field indefendent, instrument tes diagnostik  dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik masing-masing variabel. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kedua subjek mengalami kesulitan dalam konsep, mengalami kesulitan belajar prinsip, dan mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan verbal. Analisis kesulitan juga memberikan hasil bahwa subjek melakukan lebih dari satu tipe kesulitan dalam penyelesaian soal bangun ruang sisi datar. Kesulitan-kesulitan tersebut menunjukkan bahwa subjek masih harus diberikan penguatan konsep, prinsip dan pemecahan masalah verbal secara bertahap dan berulang dengan penjelasan, petunjuk, untuk meminimalisasi bahkan memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfan, Y. (2017). Rancang Bangun dan Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sketchup pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. UIN Walisongo Semarang.

Bagaskara, A. (2017). Pengembangan modul matematika tiga dimensi materi bangun ruang sisi datar untuk siswa smp. 75–80.

Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, &SMA/MA. AR-RUZZ MEDIA.

Hajar, S., Bernard, H., & Djam’an, N. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 2 (1), 92-99.

Noviantasari, I.& Margarita. 2016. Diagnosis dan remediasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Kanisius Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 pada Pokok Materi Kubus dan Balok. Skripsi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. 2019. Diagnostik kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar pada materi operasi hitung bilangan bulat negatif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 68-79.

Safitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. Aksioma, 6(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanti, N. 2014. Pengaruh gaya belajar kognitif terhadap hasil belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika.

Susandi, A. D., & Widyawati, S. 2017. Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 45-52.

Ulya, H. 2015. Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2).

Yeni, E. M. 2015. Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).

Yusmin, E. (2017). Kesulitan belajar siswapada pelajaran matematika (rangkuman dengan pendekatan meta-ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1).

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Wasni, Ma’rufi, M., & Alam, S. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Indefendent. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 653–664. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6065