Penggunaan GeoGebra pada Materi Geometri dalam Mendorong Pemahaman Peserta Didik

Authors

  • A. Muhajir Nasir PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar https://orcid.org/0000-0002-1626-0646
  • Nur Aisyah Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Nirfayanti Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Dedy Setyawan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Rahmawati Patta PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6280

Keywords:

Geogebra, Geometri, Hasil Belajar, Respon Siswa, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pemahaman konsep geometri masih menjadi tantangan bagi banyak peserta didik karena sifatnya yang abstrak dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik pada materi geometri serta menganalisis respon peserta didik terhadap penggunaannya. Penelitian menggunakan desain eksperimen kuasi dengan bentuk non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas VIII di MTs Negeri 1 Maros tahun pelajaran 2025/2026, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan GeoGebra dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui posttest dan angket respon, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol (p = 0,004) dengan nilai effect size yang besar (Cohen’s d = 0,865). Selain itu, respon peserta didik terhadap penggunaan GeoGebra berada dalam kategori positif dengan rata-rata skor 81,91. Dapat disimpulkan bahwa GeoGebra efektif digunakan dalam pembelajaran geometri karena mampu meningkatkan hasil belajar dan mendapat respon positif dari peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarisi, R., Kristiana, A. I., Safrida, L. N., & Adawiyah, R. (2022). Pendampingan Pendidik Dalam Pengembangan Soal Literasi Matematika Terkait Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada KKG Gugus 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(3), 220-229
Anggreni, D., Busrah, Z., & Gusniwati. (2022). Diagnosis kesulitan belajar matematika materi relasi dan fungsi pada siswa MTs kelas VIII. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i1.5282
Arifin, E. Y., & Hamdani. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4).
Bahri, B., Najamuddin, N., Kesuma, A. I., & Jumarni, J. (2023). Pengaruh media Google Slide dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Sejarah, 6(1), 157–166. https://doi.org/10.17977/um0330v6i1p157-166
Dove, A. (2011). Teaching geometry in a 1:1 classroom: High school teachers' instructional practices while participating in professional development (Doctoral dissertation, North Carolina State University). NC State University Libraries. http://www.lib.ncsu.edu/resolver/1840.16/7000
Himmi, N., & Hatwin, L. B. A. (2018). Pengembangan modul sistem pertidaksamaan dua variabel berbasis GeoGebra terhadap kemampuan visual thinking matematis siswa kelas X. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35–46. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1208
Istofany, M. A. B., Negara, H. R. P., & Santosa, F. H. (2024). Analisis penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.31764/jua.v28i1.23325
Jones, K. (2020, September). Re imagining geometry education in schools. Dalam H.-S. Siller, W. Weigel, & J. F. Wörler (Ed.), Beiträge zum Mathematikunterricht 2020: Proceedings of the 54th Annual Meeting of the German Society for the Didactics of Mathematics (GDM) (hlm. 31–38). Münster: WTM Verlag. https://doi.org/10.17877/DE290R-21408
Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894–908. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Rifanti, D. N., Septia, T., & Handayani, U. F. (2023). Dampak penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap respon pembelajaran matematika peserta didik kelas XI SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 261–268. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1428
Sugandi, E. (2021). Kesalahan penyelesaian soal geometri transformasi berdasarkan gaya belajar: Studi kasus mahasiswa calon guru matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 71–80. https://doi.org/10.30738/union.v9i1.9293
Sunzuma, G., Chando, C., Gwizangwe, I., Zezekwa, N., & Zinyeka, G. (2020). In-service Zimbabwean teachers’ views on the utility value of diagrams in the teaching and learning of geometry. LUMAT: International Journal on Math, Science and Technology Education, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.31129/LUMAT.8.1.1316

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Nasir, A. M., Aisyah, N., Nirfayanti, Setyawan, D., & Patta, R. (2025). Penggunaan GeoGebra pada Materi Geometri dalam Mendorong Pemahaman Peserta Didik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 818–826. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6280