Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ)

Authors

  • Latifa Asnul Fauzi UIN SMDD BUKITTINGGI
  • Haida Fitri Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Aniswita Aniswita Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Gema Hista Medika Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6668

Keywords:

Kemampuan, Berpikir Kritis, Adversity Quotient, Quitter, Camper, Climber

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas delapan SMPN 3 Pariaman menjadi pendorong peneliti dalam melakukan penelitian ini. Masalah lainnya yaitu terdapat perbedaan dalam cara siswa menyikapi tantangan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas delapan SMPN 3 Pariaman ditinjau dari adversity quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. subjek penelitian ini yaitu 3 orang siswa yang dipilih dengan cara purposive sampling yang memiliki AQ yang berbeda-beda, yaitu 1 subjek dengan AQ tipe quitter, 1 subjek dengan AQ tipe camper dan 1 subjek dengan AQ tipe climber. Instrumen yang digunakan adalah instrumen utama yaitu peneliti dan instrument pendukung yaitu soal tes kemampuan berpikir kritis dan pendoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari adversity quotient, subjek dengan AQ tipe quitter mampu memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi. Subjek dengan AQ tipe camper mampu memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, evaluasi dan inferensi. Subjek dengan AQ tipe climber mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrum. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 47–52. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i3.178

Irfiani, V., Junaedi, I., & Waluya, S. B. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.157

Putri, N. M., Sumaji, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq). … Pendidikan Matematika, 8, 407–421.

Rahma, N. N., & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Reflektif Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 9(2), 329–338. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p329-338

Rahmaniah, N., Oktaviani, A. M., Arifin, F., Maulana, G., Triana, H., Serepinah, M., & Abustang, P. B. (n.d.). Berpikir Kritis dan Kreatif: Teori dan Implementasi Praktis dalam Pembelajaran. Publica Indonesia Utama.

Selan, R., Mamoh, O., & Wua, Y. P. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau Dari Adversity Quotient. Mandalika Mathematics and Education Journal, 5, 28–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v5i1.4839

Stoltz, P. G. (2020). Adversity quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Grasindo.

Wulandari, R. D., Pambudi, D. S., Putri, I. W. S., Kurniati, D., & Ambarwati, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(4), 624. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.6921

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Fauzi, L. A., Fitri, H., Aniswita, A., & Medika, G. H. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 913–922. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6668