Pengaruh Metode Pembelajaran Drill Terhadap Hasil Belajar dan Kedisiplinan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 Ampek Angkek

Authors

  • Tiara adisty UIN Bukittinggi
  • Haida Fitri Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Isnaniah Isnaniah Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • M Imamuddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5834

Keywords:

Drill Learning Method, Mathematics Learning Outcomes, Student Discipline

Abstract

Prestasi matematika yang kurang baik pada siswa kelas delapan SMPN 1 Ampek Angkek inilah yang mendorong penelitian ini. KKTP sekolah dirindukan oleh banyak siswa—tepatnya 71 siswa. Masalah lainnya adalah siswa tidak cukup melatih pengendalian diri dalam hal kedisiplinan pada pelajaran matematika. Jelaslah bahwa sejumlah besar siswa tidak sepenuhnya terlibat dalam mempelajari konten tersebut. Mereka berbicara santai dengan teman-teman atau tidak berpakaian dengan pantas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode pembelajaran driil berdampak baik pada hasil pembelajaran maupun kedisiplinan siswa dalam matematika Kelas VIII SMPN 1 Ampek Angkek selama tahun ajaran 2024/2025. Desain Perbandingan Kelompok Statis digunakan dalam studi pra-eksperimental ini. Sebanyak 282 siswa kelas delapan menjadi populasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan random sample untuk memilih peserta setelah dilakukan uji homogenitas kelas populasi, kesamaan rata-rata, dan kenormalan. Siswa dari dua kelas yang berbeda-satu mewakili kelompok eksperimen dan yang lainnya mewakili kelompok kontrol-membuat sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan tersebut, tes hasil belajar matematika dan survei disiplin mahasiswa memberikan data. Dalam penelitian ini, uji-T digunakan untuk analisis data. Hasil berikut diperoleh dari studi data pembelajaran matematika siswa: t_hitung=2.160, t_tabel=1.67, dan SIG. = 0,035, semua menggunakan program SPSS. Selain itu, dengan menggunakan SPSS untuk menganalisis data dari kuesioner disiplin siswa, kami menemukan bahwa SIG=0,021, dan t_hitung=2,364 dan t_tabel=1,67. "Terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran drill terhadap hasil belajar dan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Ampek Angkek tahun ajaran 2024/2025" dapat disimpulkan berkat fakta bahwa t_count>t_table dan SIG.< ③=0.05.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Tiara adisty, Fitri, H., Isnaniah, I., & M Imamuddin. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Drill Terhadap Hasil Belajar dan Kedisiplinan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 Ampek Angkek. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 693–699. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5834