Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105Keywords:
Paikem Gembrot, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental design, dikatakan pre-eksperimental design karena penelitian ini belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Pada desain ini menggunakan pretest sebelum diberi perlakuan. Dengan demikian, hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan keadaan sebelum perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar semester empat tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 360 mahasiswa yang terdiri dari 9 kelas. Sampel diambil secara random atau acak karena terdiri dari 9 kelas dan yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa PGSD kelas IV F yang berjumlah 43 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika sebelum penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot adalah 50,35 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika setelah penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot adalah 79,19. Adapun analisis statistik inferensial untuk instrumen dalam bentuk tes menunjukkan nilai dan nilai sehingga nilai F yang dicari = 1,56. Dengan demikian > atau F > 1, berarti Model Pembelajaran Paikem Gembrot efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada mahasiswa kelas IV F.
Downloads
References
Ahmadi, Khoiru Lif & Amri, Sofan. 2011. Paikem Gembrot. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.
Djaali. 1987.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2010.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardianto, H., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2016). Penggunaan Gesture dalam Memperbaiki Kesalahan Prosedural Siswa dalam Proses Diskusi Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding, 2(1).
Hasan, M.Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistic 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayati, Kana. 2011.Validasi Instrumen Non Tes dalam Penelitian Pendidikan Matematika. Skipsi, FMIPA UNY: Jakarta. http://duniabaca.com(28 Februari 2019).
Jumarniati, J., Kartika, D. M. R., & Baharuddin, M. R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA KULIAH PROGRAM LINEAR MELALUI LESSON STUDY. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 187-198.
Mudjiono dan Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tiro, Muh. Arif. 2000. Dasar-dasar statistik. Makassar: State University Of Makassar Press.
Uno B, Hamzah & Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.