Pengaruh Media Hologram pada Pembelajaran IPAS Berbasis Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Inpres 17 Kabupaten Sorong

Authors

  • Siti Jam’iyati Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Erwinestri Hanidar Nur Afifi Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Riska Latifatul Husna Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6381

Keywords:

Pengaruh, Media Hologram, Pembelajaran IPAS, Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sering dianggap sebagai topik yang menantang dan membosankan, yang mengakibatkan rendahnya minat dan motivasi belajar siswa serta berdampak pada hasil belajar yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media hologram dalam pembelajaran IPAS berbasis problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen (quasi-experimental) jenis posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 17 Kabupaten Sorong. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari kelas eksperimen (V-B, 14 siswa) yang menerima pembelajaran PBL dengan media hologram, dan kelas kontrol (V-A, 15 siswa) yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes akhir (post-test) berupa soal pilihan ganda dan isian untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistik Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media hologram. Kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 77.85, lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 68.00. Disimpulkan bahwa media hologram pada pembelajaran IPAS berbasis PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penggunaan media ini membuat siswa merasa lebih aktif dan senang melalui aktivitas merangkai bahan dan visualisasi 3D yang nyata, sehingga menumbuhkan rasa penasaran untuk materi selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N., Zmaroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6968

Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). MODEL PENDIDIKAN PAULO FREIRE, REFLEKSI PENDIDIKAN IPA SD DI INDONESIA (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745

Ferdiansyah, Z. D., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2022). Pengembangan Objek 3D Memanfaatkan Piramida Hologram Berbasis Smartphone Materi Sistem Gerak Manusia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p072

H. P.S. Muttaqin, Sariyasa, & N.K. Suarni. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613

Jupni Hadifina, C., Chintiya Devi, M., Rafiqi, M., Islam Negeri Sumatera Utara, U., William Iskandar Ps, J. V, Estate, M., Serdang, D., & Utara, S. (2023). Strategi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(03), 6928–6932. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3

Latifa, Y., Pedagogi, F., & Psikologi, D. (2025). Studi Potensi Teknologi Hologram Untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Gen Alpha. 1. https://doi.org/10.62383/wissen.v3i1.579

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Muhdiyati, I., & Utami, I. I. S. (2020). Jurnal perseda. Jurnal Persada, III(3), 176–181.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Orcos, L., Jordán, C., & Magreñán, A. (2019). 3D visualization through the hologram for the learning of area and volume concepts. Mathematics, 7(3), 1–20. https://doi.org/10.3390/math7030247

Pamenang, F. D. N., & Nathasya, P. M. (2024). Development of Holokul: 3D Hologram Learning Media on Molecular Structure. EduChemia: Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 9(2), 205. https://doi.org/10.30870/educhemia.v9i2.24694

Rahmadhani, F., Suryandari, K. C., & Susiani, T. S. (2021). Analisis Sikap Ilmiah Siswa Kelas Iv Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn 1 Tersobo Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.52522

Ramadhani. (2019). Metode Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.52522

Ridsa, A., Sideng, U., & Suprapta, S. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran 3D Hologram dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Majene. LaGeografia, 18(3), 191. https://doi.org/10.35580/lageografia.v18i3.13607

Risna, R., Hatimah, H., Khasanah, U., Alini, A., Abira, A., & Madjid, T. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Problem Based (Pbl). Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 5(1), 549–554. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i1.2803

Rizal, S., Prayogi, S., Muhali, M., & ... (2023). Problem-Based Learning (PBL) in Science Education: A Literature Review Study. Lensa: Jurnal …, 11(2), 116–136. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/view/14671%0Ahttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/download/14671/6816 https://doi.org/10.33394/j-lkf.v11i2.14671

Safitri, F. E., & Djuniadi, D. (2021). Pengembangan Media Berbasis Hologram 3D Dalam Pembelajaran Tanaman Kelapa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 87–94. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/577

Sakinah, R. N., & Dafit, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas VI SDN 48 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23404–23413. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10324

Syifa Nabila, M. Husin, M. (2024). Penggunaan Media Hologram Pada Materi Indonesiaku Kayabudaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas Ivsd Negeri 2 Lamcot. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 378–386. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i3.1141

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–14. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Published

2025-09-02

How to Cite

Jam’iyati, S., Afifi, E. H. N., & Husna, R. L. (2025). Pengaruh Media Hologram pada Pembelajaran IPAS Berbasis Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Inpres 17 Kabupaten Sorong. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1199–1208. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6381

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.