Pengaruh Media Hologram pada Pembelajaran IPAS Berbasis Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Inpres 17 Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6381Keywords:
Pengaruh, Media Hologram, Pembelajaran IPAS, Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sering dianggap sebagai topik yang menantang dan membosankan, yang mengakibatkan rendahnya minat dan motivasi belajar siswa serta berdampak pada hasil belajar yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media hologram dalam pembelajaran IPAS berbasis problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen (quasi-experimental) jenis posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 17 Kabupaten Sorong. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari kelas eksperimen (V-B, 14 siswa) yang menerima pembelajaran PBL dengan media hologram, dan kelas kontrol (V-A, 15 siswa) yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes akhir (post-test) berupa soal pilihan ganda dan isian untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistik Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media hologram. Kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 77.85, lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 68.00. Disimpulkan bahwa media hologram pada pembelajaran IPAS berbasis PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penggunaan media ini membuat siswa merasa lebih aktif dan senang melalui aktivitas merangkai bahan dan visualisasi 3D yang nyata, sehingga menumbuhkan rasa penasaran untuk materi selanjutnya.
Downloads
References
Azizah, N., Zmaroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6968
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). MODEL PENDIDIKAN PAULO FREIRE, REFLEKSI PENDIDIKAN IPA SD DI INDONESIA (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745
Ferdiansyah, Z. D., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2022). Pengembangan Objek 3D Memanfaatkan Piramida Hologram Berbasis Smartphone Materi Sistem Gerak Manusia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p072
H. P.S. Muttaqin, Sariyasa, & N.K. Suarni. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613
Jupni Hadifina, C., Chintiya Devi, M., Rafiqi, M., Islam Negeri Sumatera Utara, U., William Iskandar Ps, J. V, Estate, M., Serdang, D., & Utara, S. (2023). Strategi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(03), 6928–6932. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3
Latifa, Y., Pedagogi, F., & Psikologi, D. (2025). Studi Potensi Teknologi Hologram Untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Gen Alpha. 1. https://doi.org/10.62383/wissen.v3i1.579
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Muhdiyati, I., & Utami, I. I. S. (2020). Jurnal perseda. Jurnal Persada, III(3), 176–181.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Orcos, L., Jordán, C., & Magreñán, A. (2019). 3D visualization through the hologram for the learning of area and volume concepts. Mathematics, 7(3), 1–20. https://doi.org/10.3390/math7030247
Pamenang, F. D. N., & Nathasya, P. M. (2024). Development of Holokul: 3D Hologram Learning Media on Molecular Structure. EduChemia: Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 9(2), 205. https://doi.org/10.30870/educhemia.v9i2.24694
Rahmadhani, F., Suryandari, K. C., & Susiani, T. S. (2021). Analisis Sikap Ilmiah Siswa Kelas Iv Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn 1 Tersobo Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.52522
Ramadhani. (2019). Metode Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.52522
Ridsa, A., Sideng, U., & Suprapta, S. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran 3D Hologram dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Majene. LaGeografia, 18(3), 191. https://doi.org/10.35580/lageografia.v18i3.13607
Risna, R., Hatimah, H., Khasanah, U., Alini, A., Abira, A., & Madjid, T. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Problem Based (Pbl). Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 5(1), 549–554. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i1.2803
Rizal, S., Prayogi, S., Muhali, M., & ... (2023). Problem-Based Learning (PBL) in Science Education: A Literature Review Study. Lensa: Jurnal …, 11(2), 116–136. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/view/14671%0Ahttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/download/14671/6816 https://doi.org/10.33394/j-lkf.v11i2.14671
Safitri, F. E., & Djuniadi, D. (2021). Pengembangan Media Berbasis Hologram 3D Dalam Pembelajaran Tanaman Kelapa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 87–94. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/577
Sakinah, R. N., & Dafit, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas VI SDN 48 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23404–23413. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10324
Syifa Nabila, M. Husin, M. (2024). Penggunaan Media Hologram Pada Materi Indonesiaku Kayabudaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas Ivsd Negeri 2 Lamcot. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 378–386. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i3.1141
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–14. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Jam’iyati, Erwinestri Hanidar Nur Afifi, Riska Latifatul Husna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.