Pengembangan Media Pengayaan Berbasis Cerita Rakyat Sumatera Selatan “Legenda Pulau Kemaro” Sebagai Media Literasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sindi Amelia Universitas PGRI Palembang
  • M. Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6425

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Cerita Rakyat, Legenda Pulau Kemaro, Media Literasi, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi pengembangan media ini terletak pada perannya dalam menjembatani kesenjangan antara pembelajaran literasi dan pelestarian budaya lokal yang mulai tergerus oleh arus globalisasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pengayaan berbasis cerita rakyat Sumatera Selatan “Legenda Pulau Kemaro” sebagai media literasi bagi siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya minat literasi siswa serta terbatasnya ketersediaan media bacaan kontekstual yang mengandung nilai budaya lokal. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dari Thiagarajan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari produk yang akan dibuat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 137 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pengayaan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas berdasarkan penilaian ahli dan uji coba kepada siswa kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Media ini mampu meningkatkan minat baca siswa serta memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal secara menarik dan kontekstual. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan literasi siswa sekolah dasar melalui pendekatan berbasis kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Taheri Akhbar, Universitas PGRI Palembang

Dosen dari program studi pendidikan jasmani Universitas PGRI Palembang

Susanti Faipri Selegi, Universitas PGRI Palembang

Dosen dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Palembang

References

Ain, U. S., Istiningsih, S., Erfan, M., & Dewi, N. K. (2023). Pengembangan Media Pohon Literasi Berbasis Cerita Rakyat Suku Sasak Untuk Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 351-358. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5651

Akhbar, M. T., (2023). Pengaruh Model Student Facilitator and Explanning (SFAE) Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri 88 Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 164. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1636

Anggraini, D. (2020). Pengembangan Model Buku Pengayaan Berbasis Cerita Rakyat Lampung. Jurnal Mabasan: Masyarakat Bahasa dan Sastra Nusantara, 14(1), 130-142. https://doi.org/10.26499/mab.v14i1.388

Bu'ulolo, Y. (2021). Membangun budaya literasi di sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

Darizzumroda, N., Wulandari, R. T., & Tirtaningsih, M. T. (2022). Pengembangan Buku Dongeng Aud Berbasis Budaya “Seri Cerita Rakyat Reog Kendang Tulungagung”. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 189-206. https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.14239

Ferando, M. F., Bardi, Y., Mayeli, Y. K. F. R., Rada, M. M., Mude, M. R., & Du’a, P. N. P. S. (2025). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Media Penguatan Literasi Bahasa Indonesia. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 301-316. https://doi.org/10.61132/fonologi.v3i1.1486

Hidayah, H., & Abdullah, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMAN 9 Luwu melalui Modul Ajar Berbasis Budaya Luwu. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 75-88. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.522

Hutasoit, A. R. (2022). Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Rakyat dari Sumatera Utara Berbasis Nilai Budaya untuk Gerakan Literasi SD Free Methodist 2 Medan (Doctoral dissertation, Unimed).

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.

Manalu, D., Selegi, S. F., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (Drta) Terhadap Pemahaman Membaca Cerpen Pada Kelas IV SD. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 11-24. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.173

Masrurah, U., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam peningkatan literasi peserta didik di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 340-356. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.16906

Mesra, R. (2023). Research and Development dalam Pendidikan. Sumatera Utara: PT Mifandi Mandiri Digital.

Muslimin, T. P., & Fatimah, A. A. B. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa UPT SPF SDN Sangir melalui Modul Ajar Digital Berbasis Budaya. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 101-113. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.529

Nuha, M. F., Pratiwi, Y., & Nurchasanah, N. (2019). Buku Pengayaan Pembelajaran Cerita Fabel Berbasis Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Princess, S. D. H., Widiastuti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengembangan buku pengayaan kemampuan menentukan ide pokok untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 265-277. https://dx.doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5190

Resterina, R. A., Untari, S., Atok, A., & Rosyid, A. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Tema Budaya Lokal Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Risdaliani, R., Sari, D. A. P., Ilham, M., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 48/I Penerokan. As-Sabiqun, 4(2), 238-251. https://dx.doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1755

Sapriline, S., Mardiana, D., & Simpun, S. (2023). Model terpadu buku cerita rakyat, ungkapan dan peribahasa berbahasa Dayak Ngaju-Indonesia untuk sekolah dasar. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 201-213. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8673

Somantri, D., & Dewi, D. A. (2025). Revitalisasi Cerita Rakyat Cirebon-Indramayu dalam Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 425-439. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7029

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Susanta, A., & Muktadir, A. (2020). Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Membaca Berbasis Cerita Rakyat Bengkulu pada Siswa Kelas Iv SD IT Al-Qiswah Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 184-196. https://dx.doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.14131

Utami, I. W. P., Fantiro, F. A., & Fazlyn, N. H. (2024). Upaya pengendalian dampak negatif literasi digital bagi siswa sekolah dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 121-128. https://doi.org/10.36456/inventa.8.2.a9420

Valentina, T., Selegi, S. F., & Junaidi, I. A. (2023). Strategi meningkatkan literasi baca siswa sekolah dasar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(3), 630-639. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12616

Published

2025-09-02

How to Cite

Amelia, S., Akhbar, M. T., & Selegi, S. F. (2025). Pengembangan Media Pengayaan Berbasis Cerita Rakyat Sumatera Selatan “Legenda Pulau Kemaro” Sebagai Media Literasi Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1126–1139. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6425

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.