Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6429Keywords:
Model Pembelajaran, Project Based Learning, Kemampuan Menulis Puisi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini menganalisis dampak Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap kemampuan siswa kelas IV SDN Kota Baru IX dalam menulis puisi. Studi ini mengadopsi rancangan penelitian tindakan kelas dua siklus, mengikuti model Kemmis & McTaggart, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua sesi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, peninjauan dokumen, dan tes menulis puisi. Sebelum intervensi PjBL, data awal menunjukkan performa menulis puisi siswa yang rendah, dengan rata-rata skor 58 dan hanya 15% siswa yang memenuhi kriteria kompetensi. Namun, setelah penerapan PjBL, terjadi peningkatan yang substansial. Nilai rata-rata meningkat menjadi 73 pada Siklus I dan selanjutnya mencapai 80 pada Siklus II. Sejalan dengan itu, persentase siswa yang mencapai standar kompetensi melonjak drastis hingga 82%. Studi ini menyimpulkan bahwa PjBL berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai struktur dan elemen-elemen puisi. Selain itu, metode ini berhasil memupuk kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri, dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, PjBL terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermakna bagi siswa.
Downloads
References
Asorfi, B. A., Handayani, T., & Mafruzah, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Peserta Didik Melalui Model PjBL di Kelas VB SDN Tlogomas 02 Kota Malang. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 98-113. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i2.197
Astuti, L. F., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan Pendekatan struktural. Karimah Tauhid, 1(1), 48-57. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7541
Baiah, M., & Fadiana, M. J. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Didik SD Kelas 1 SD Materi Bentuk-Bentuk Bangun. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(2), 89-96. https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1123
Barella, Y., Naro, W., & Yuspiani, Y. (2024). Model-model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 142-146. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.452
Cunandar, D., Pebriani, S. I., & Sutisna, A. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV di SDN Paninggaran. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 314-322. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3538
Kurniasih, E., Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Vii Di Smp Smart Ekselensia Indonesia Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 207-215. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6024
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933
Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. Edisi, 3(2), 243-252. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1336
Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi di sekolah dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427
Paramitha, P. E. P. (2023). Upaya Pengembangan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 479–492. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.3010
Priyatnomo, M. A., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.75991
Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah, W., Pulungan, R. M. I., & Zahratunnisa, E. (2023). Analisis faktor penyebab rendahnya keterampilan menulis belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97-106. . https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675
Saputri, R. E., Rizkia, A. S., & Sabibah, S. N. (2024). Peran Guru Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis PjBL Kelas II ( Project Based Learning ). 1, 1–12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1097
Sari, N., & Nadya, N. L. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas kelas V SD Negeri 16 Rantau Bayur kabupaten Banyuasin dengan menggunakan media gambar. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 2(1), 20-29. https://doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i1.737
Setiana, L. N., & Azizah, A. (2019). Penerapan model project based learning menulis puisi mahasiswa managemen Unissula. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 38-48. http://dx.doi.org/10.30659/j.7.1.38-48
Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Sumarsono, S. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tawun 1 Kabupaten Ngawi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 8(3), 39-47. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i2.197
Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I., Sriyanto, M. I., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Melalui Hybrid Learning. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 98. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.37151
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ivoniar Alchani Chairun, Suharjuddin Suharjuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.