Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ivoniar Alchani Chairun Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Suharjuddin Suharjuddin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6429

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Kemampuan Menulis Puisi, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap kemampuan siswa kelas IV SDN Kota Baru IX dalam menulis puisi. Studi ini mengadopsi rancangan penelitian tindakan kelas dua siklus, mengikuti model Kemmis & McTaggart, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua sesi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, peninjauan dokumen, dan tes menulis puisi. Sebelum intervensi PjBL, data awal menunjukkan performa menulis puisi siswa yang rendah, dengan rata-rata skor 58 dan hanya 15% siswa yang memenuhi kriteria kompetensi. Namun, setelah penerapan PjBL, terjadi peningkatan yang substansial. Nilai rata-rata meningkat menjadi 73 pada Siklus I dan selanjutnya mencapai 80 pada Siklus II. Sejalan dengan itu, persentase siswa yang mencapai standar kompetensi melonjak drastis hingga 82%. Studi ini menyimpulkan bahwa PjBL berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai struktur dan elemen-elemen puisi. Selain itu, metode ini berhasil memupuk kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri, dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, PjBL terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermakna bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asorfi, B. A., Handayani, T., & Mafruzah, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Peserta Didik Melalui Model PjBL di Kelas VB SDN Tlogomas 02 Kota Malang. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 98-113. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i2.197

Astuti, L. F., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan Pendekatan struktural. Karimah Tauhid, 1(1), 48-57. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7541

Baiah, M., & Fadiana, M. J. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Didik SD Kelas 1 SD Materi Bentuk-Bentuk Bangun. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(2), 89-96. https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i2.1123

Barella, Y., Naro, W., & Yuspiani, Y. (2024). Model-model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 142-146. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.452

Cunandar, D., Pebriani, S. I., & Sutisna, A. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV di SDN Paninggaran. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 314-322. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3538

Kurniasih, E., Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Vii Di Smp Smart Ekselensia Indonesia Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 207-215. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6024

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. Edisi, 3(2), 243-252. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1336

Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi di sekolah dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427

Paramitha, P. E. P. (2023). Upaya Pengembangan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 479–492. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.3010

Priyatnomo, M. A., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.75991

Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah, W., Pulungan, R. M. I., & Zahratunnisa, E. (2023). Analisis faktor penyebab rendahnya keterampilan menulis belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97-106. . https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675

Saputri, R. E., Rizkia, A. S., & Sabibah, S. N. (2024). Peran Guru Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis PjBL Kelas II ( Project Based Learning ). 1, 1–12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1097

Sari, N., & Nadya, N. L. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas kelas V SD Negeri 16 Rantau Bayur kabupaten Banyuasin dengan menggunakan media gambar. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 2(1), 20-29. https://doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i1.737

Setiana, L. N., & Azizah, A. (2019). Penerapan model project based learning menulis puisi mahasiswa managemen Unissula. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 38-48. http://dx.doi.org/10.30659/j.7.1.38-48

Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.

Sumarsono, S. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tawun 1 Kabupaten Ngawi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 8(3), 39-47. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i2.197

Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I., Sriyanto, M. I., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Melalui Hybrid Learning. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 98. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.37151

Published

2025-08-01

How to Cite

Chairun, I. A., & Suharjuddin, S. (2025). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 989–999. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6429

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.