Systematic Literature Review Systematic Literature Review: Self-efficacy Pendidik PAUD dalam Praktik Mengajar

Authors

  • Nuratri Shafajar Universitas Negeri Semarang
  • Naili Rohmah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6562

Keywords:

Systematic Literature Review, Self-Efficacy, Pendidik PAUD, Praktik Mengajar

Abstract

Self-efficacy merupakan salah satu faktor psikologis penting yang memengaruhi kualitas pengajaran dan kinerja profesional pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Urgensi topik ini terletak pada peran strategis pendidik anak usia dini dalam membentuk fondasi perkembangan anak secara holistik, di mana keyakinan pendidik terhadap kemampuannya sendiri terbukti berdampak langsung terhadap efektivitas pembelajaran. Namun, hasil penelitian terkait self-efficacy pendidik anak usia dini masih tersebar dan belum dipetakan secara sistematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mensintesis secara sistematis temuan-temuan ilmiah terkait self-efficacy pendidik PAUD dalam praktik mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada pedoman PRISMA 2020. Proses pengumpulan data dilakukan melalui basis data Google Scholar dengan dukungan aplikasi Publish or Perish (PoP) versi 8, menggunakan kata kunci: "self-efficacy guru" AND "pendidikan anak usia dini" AND "pendidik PAUD". Kriteria inklusi meliputi artikel berbahasa Indonesia, terindeks SINTA, diterbitkan dalam kurun waktu 2015–2025, dan relevan dengan tema. Dari 176 artikel yang ditemukan, diseleksi menjadi 9 artikel yang memenuhi kriteria. Hasil sintesis menunjukkan bahwa self-efficacy memiliki hubungan signifikan terhadap kinerja, inovasi pembelajaran, kemampuan adaptasi, dan kualitas interaksi guru dengan peserta didik. Selain itu, self-efficacy bersifat dinamis dan dapat dikembangkan melalui pelatihan, pengalaman, serta dukungan lingkungan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anriyani, L., Yandri, H., & Kusayang, T. (2024). Analisis Dinamika Self Efficacy Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 55-72. https://doi.org/10.32678/assibyan.v9i1.9862

Astana, A. C., Clara, T. R., & Pranidhi, D. (2023). Peran Self Efficacy Guru Anak Usia Dini. Education Achievement: Journal of Science and Research, 85-92. https://doi.org/10.51178/jsr.v4i1.2055

Damayanti, A. T., & Lanawati, S. (2024). Pengaruh Teacher Self-Efficacy dan Motivasi Mengajar terhadap Kesiapan Guru Menerapkan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematisc). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2125-2133. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4047

Gerbino, M. (2020). Self‐efficacy. The Wiley Encyclopedia of Personality and Individual Differences, 1994, 387–391. https://doi.org/10.1002/9781118970843.ch243

Hidajat, H. G., Hanurawan, F., Chusniyah, T., Rahmawati, H., & Gani, S. A. (2023). The role of self-efficacy in improving student academic motivation. KnE Social Sciences, 175-187. https://doi.org/10.18502/kss.v8i19.14362

Khadijah, S., & Salim, R. M. A. (2024). Self-concept, self-esteem, dan self-efficacy mempengaruhi pengambilan risiko guru. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(2), 50. https://doi.org/10.29210/020243777

Ma’wa, J., Novitawati, N., & Noorhapizah, N. (2024). Pengaruh Self-Eficacy Guru, Beban Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Profesionalitas Guru TK di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2149. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1096

Minarni, M. (2020). Efikasi Diri Guru:(Studi Di Kabupaten Sidenreng Rappang-Sulawesi Selatan). Poros Onim, 1(2), 121-130. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.33

Mustika, M. (2021). Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Acuan Standar Nasional Pendidikan. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1. https://doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9278

Perdana, C., Liftiah, L., & Pranoto, Y. K. S. (2023). Efikasi Diri Guru TK Inklusi Ditinjau dari Faktor Pendidikan Terakhir, Lama Mengajar, dan Usia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7171–7180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5621

Rachman, A. U., Timan, A., Sultoni, S., Khadijah, S., & Lamijan, L. (2021). Peran Self Efficacy Dan Kecerdasan Interpersonal Guru Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 22-30. https://doi.org/10.24853/yby.5.2.22-30

Rachmawati, S., Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2021, December). Self-efficacy: Literatur review. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 90-99).

Rena, M. M. (2022). Hak Pendidikan Anak Usia Dini pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 dalam Perspektif Islam. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 4(1), 45-52.

Sahna, A. R., Ningrum, N. A., Febriati, T., Masfia, I., & Fahmy, Z. (2024). Hubungan Self-Efficacy Guru Dengan Sikap Guru Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Di Kota SemaraNG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 832-846. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.3745

Sakti, R., & Eliza, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan guru untuk pembelajaran online di PAUD: Technological pedagogical and content knowledge (TPACK). Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 357-373. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i2.912

Sanusi, A., & Khaerunnisa, S. (2022). Hakikat pendidikan anak usia dini dalam kebijakan pendidikan nasional. AlIlm, 4(2), 33-48.

Sasanti, S. H., Mahmudah, S., & Anggraeny, D. (2025). Pentingnya Efikasi Diri Pada Guru Di Sekolah Inklusif. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 11(4), 71-80. https://doi.org/10.6734/LIBEROSIS.V2I2.3027

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921–3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177

Yunanto, E., Sawiji, H., & Winarno, W. Pengaruh pembelajaran micro teaching dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru mahasiswa FKIP UNS. JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 7(6), 515-519. https://doi.org/10.20961/jikap.v7i6.72353

Published

2025-09-02

How to Cite

Shafajar, N., & Rohmah, N. (2025). Systematic Literature Review Systematic Literature Review: Self-efficacy Pendidik PAUD dalam Praktik Mengajar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1162–1174. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6562

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.