Systematic Literature Review Systematic Literature Review: Self-efficacy Pendidik PAUD dalam Praktik Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6562Keywords:
Systematic Literature Review, Self-Efficacy, Pendidik PAUD, Praktik MengajarAbstract
Self-efficacy merupakan salah satu faktor psikologis penting yang memengaruhi kualitas pengajaran dan kinerja profesional pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Urgensi topik ini terletak pada peran strategis pendidik anak usia dini dalam membentuk fondasi perkembangan anak secara holistik, di mana keyakinan pendidik terhadap kemampuannya sendiri terbukti berdampak langsung terhadap efektivitas pembelajaran. Namun, hasil penelitian terkait self-efficacy pendidik anak usia dini masih tersebar dan belum dipetakan secara sistematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mensintesis secara sistematis temuan-temuan ilmiah terkait self-efficacy pendidik PAUD dalam praktik mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada pedoman PRISMA 2020. Proses pengumpulan data dilakukan melalui basis data Google Scholar dengan dukungan aplikasi Publish or Perish (PoP) versi 8, menggunakan kata kunci: "self-efficacy guru" AND "pendidikan anak usia dini" AND "pendidik PAUD". Kriteria inklusi meliputi artikel berbahasa Indonesia, terindeks SINTA, diterbitkan dalam kurun waktu 2015–2025, dan relevan dengan tema. Dari 176 artikel yang ditemukan, diseleksi menjadi 9 artikel yang memenuhi kriteria. Hasil sintesis menunjukkan bahwa self-efficacy memiliki hubungan signifikan terhadap kinerja, inovasi pembelajaran, kemampuan adaptasi, dan kualitas interaksi guru dengan peserta didik. Selain itu, self-efficacy bersifat dinamis dan dapat dikembangkan melalui pelatihan, pengalaman, serta dukungan lingkungan kerja.
Downloads
References
Anriyani, L., Yandri, H., & Kusayang, T. (2024). Analisis Dinamika Self Efficacy Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 55-72. https://doi.org/10.32678/assibyan.v9i1.9862
Astana, A. C., Clara, T. R., & Pranidhi, D. (2023). Peran Self Efficacy Guru Anak Usia Dini. Education Achievement: Journal of Science and Research, 85-92. https://doi.org/10.51178/jsr.v4i1.2055
Damayanti, A. T., & Lanawati, S. (2024). Pengaruh Teacher Self-Efficacy dan Motivasi Mengajar terhadap Kesiapan Guru Menerapkan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematisc). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2125-2133. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4047
Gerbino, M. (2020). Self‐efficacy. The Wiley Encyclopedia of Personality and Individual Differences, 1994, 387–391. https://doi.org/10.1002/9781118970843.ch243
Hidajat, H. G., Hanurawan, F., Chusniyah, T., Rahmawati, H., & Gani, S. A. (2023). The role of self-efficacy in improving student academic motivation. KnE Social Sciences, 175-187. https://doi.org/10.18502/kss.v8i19.14362
Khadijah, S., & Salim, R. M. A. (2024). Self-concept, self-esteem, dan self-efficacy mempengaruhi pengambilan risiko guru. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(2), 50. https://doi.org/10.29210/020243777
Ma’wa, J., Novitawati, N., & Noorhapizah, N. (2024). Pengaruh Self-Eficacy Guru, Beban Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Profesionalitas Guru TK di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2149. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1096
Minarni, M. (2020). Efikasi Diri Guru:(Studi Di Kabupaten Sidenreng Rappang-Sulawesi Selatan). Poros Onim, 1(2), 121-130. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.33
Mustika, M. (2021). Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Acuan Standar Nasional Pendidikan. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1. https://doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9278
Perdana, C., Liftiah, L., & Pranoto, Y. K. S. (2023). Efikasi Diri Guru TK Inklusi Ditinjau dari Faktor Pendidikan Terakhir, Lama Mengajar, dan Usia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7171–7180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5621
Rachman, A. U., Timan, A., Sultoni, S., Khadijah, S., & Lamijan, L. (2021). Peran Self Efficacy Dan Kecerdasan Interpersonal Guru Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 22-30. https://doi.org/10.24853/yby.5.2.22-30
Rachmawati, S., Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2021, December). Self-efficacy: Literatur review. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 90-99).
Rena, M. M. (2022). Hak Pendidikan Anak Usia Dini pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 dalam Perspektif Islam. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 4(1), 45-52.
Sahna, A. R., Ningrum, N. A., Febriati, T., Masfia, I., & Fahmy, Z. (2024). Hubungan Self-Efficacy Guru Dengan Sikap Guru Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Di Kota SemaraNG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 832-846. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.3745
Sakti, R., & Eliza, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan guru untuk pembelajaran online di PAUD: Technological pedagogical and content knowledge (TPACK). Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 357-373. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i2.912
Sanusi, A., & Khaerunnisa, S. (2022). Hakikat pendidikan anak usia dini dalam kebijakan pendidikan nasional. AlIlm, 4(2), 33-48.
Sasanti, S. H., Mahmudah, S., & Anggraeny, D. (2025). Pentingnya Efikasi Diri Pada Guru Di Sekolah Inklusif. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 11(4), 71-80. https://doi.org/10.6734/LIBEROSIS.V2I2.3027
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921–3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177
Yunanto, E., Sawiji, H., & Winarno, W. Pengaruh pembelajaran micro teaching dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru mahasiswa FKIP UNS. JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 7(6), 515-519. https://doi.org/10.20961/jikap.v7i6.72353
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuratri Shafajar, Naili Rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.