Peran Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6568Keywords:
Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Matematis, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Systematic Literature ReviewAbstract
Seorang guru matematika di sekolah dasar membutuhkan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam mengajar agar siswa mendapatkan pemahaman konsep secara lebih mendalam dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu pendekatan efektif yang dapat diterapkan pada saat mengajar matematika di kelas adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian yang dilakukan ini bertujuan menemukan peran atau pengaruh PMR untuk meningkatkan pemahaman matematis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang dipergunakan adalah studi literatur sistematis (Systematic Literature Review). Sebanyak 100 artikel ditemukan menggunakan aplikasi Publish on Perish dalam pencarian Google Scholar. Lima belas (15) artikel relevan kemudian dianalisis dan sintesis untuk menemukan temuan tentang peran PMR dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa dan hasil belajar mereka di sekolah dasar. Hasil penelitian menyimpulkan, PMR mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman matematis. PMR sebuah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa untuk menciptakan pengalaman bermakna. PMR membantu siswa memahami konsep melalui contoh kehidupan sehari-hari dan mendorong proses berpikir logis sistematis. Akibatnya, pemahaman matematis siswa diperkuat dan hasil belajarnya akan berdampak.
Downloads
References
Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 2(2), 145-165. http://dx.doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819
Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373–384. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.460
Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.442
Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482-5490.
Andriani, F., & Wahyudi. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743
Anggraeni, R., Rahmadanti, D. A., Aryanti, R. D., Zahra, A. S. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Systematic literature review: Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa SD melalui pendekatan media pembelajaran berbasis game. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 84-99.
Aripin, U. (2021). Identifikasi Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(4), 501-509. https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.7390
Aulia, A., Alim, J. A., & Putra, Z. H. (2025). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas V Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 80-96.
Awaliya, R. (2024). Pengembangan Media Animasi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Az-Zahra, A., Abdullah, V., & Marini, A. (2023). Studi literatur: Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 985-996. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i8.5934
Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis game interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311-2321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212
Chusna, N., Suyoto, & Purwoko, R. Y. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Kelas VI Semester I SD Negeri Kembaran. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 156–163. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.165
Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati, N. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439
Faot, M. M., & Amin, S. M. (2020). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 9(1).
Hasanah, U., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321-330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441
Ifnemaia, J. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1244-1254.
Ihsan, F., & Ahmad, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 448-458.
Khairunisa, K., Utami, W. Z., Lestari, N., & Hidayati, D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VI MIN 2 Kota Mataram. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 30-36.
Kurniati, K. (2022). Meningkatkan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran matematika realistik. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 87-93. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.23
Lisnani. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61–70. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.535
Malik, R. F., Riafadilah, A., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (pmr) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. BASICA, 3(2), 39-50. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4173
Marlina, I., & Fuziawati, L. (2021). Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 140-162. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.183
Meilindawati, R., Wardono, W., & Wijayanti, K. (2023). Literasi Numerasi Siswa pada Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbantuan Soal HOTS. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 469-474.
Munawaroh, F., & Fatmawati, K. (2025). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kota Jambi. In Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin (Vol. 9, Issue 1).
Muzaini, M. (2018). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Siswa: Suatu Eksperimen Pada Salah Satu Sekolah Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 51-61.
Negara, H. S., Nurlova, F., & Hidayati, A. U. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik di sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 83-90. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9648
Nurfauziah, I., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 388-397. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20688
Nuriza, K. I. (2022). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dalam Konteks Media Lidi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Adawat: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(02), 88-97.
Nurrohmah, S., & Mardiyana, I. I. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V UPTD SDN Tanjungbumi 3. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 225-233. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2379
Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100
Putri, A. A., & Manurung, A. S. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai pada Siswa Kelas IV SDN Jelambar Baru 01. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 158-166. https://doi.org/10.37150/perseda.v3i3.1043
Rahayu, C., Setiani, W. R., Yulindra, D., & Azzahra, L. (2025). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam Pembelajaran Mendalam (Deep Learning): Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 13(1), 9-25. https://doi.org/10.23960/mtk/v13i1.pp9-25
Rahayu, F., Musi, M. A., & Hasmita. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Pinisi Jounal PGSD, 4(3), 1021-1031
Ristiana, B., & Widiyono, A. (2024). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbantuan Augmented Reality Bangun Ruang terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 112-126.
Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5033-5045.
Sabilla, D., Kesumawati, N., & Riyoko, E. (2025). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gender Siswa Sdn 6 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 300-314. https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27031
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Sari, V. K., Pratikno, B., & Wahyuningrum, E. (2023). Studi Kemampuan Literasi Numerasi Pada Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan E-Modul. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 27-40. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2023.15.1.6821
Simbolon, A. K. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Matematikamelalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Nusantara Hasana Journal, 3(7), 113-119. https://doi.org/10.59003/nhj.v3i7.1039
Siregar, K., Muliatik, S., & Harahap, Y. N. (2021). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui pendekatan matematika realistik berbantuan YouTube. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 443-449. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39333
Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika: systematic literature review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45-59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Syadzali, A., Darmiyati, D., Sunarno, S., Mahmuddin, M., Dewantara, D., & Nazarudin, N. (2024). Efektivitas Project Based Learning dan Realistic Mathematics Education Berbasis Asesmen Projek terhadap Literasi Numerasi Siswa SD di Lingkungan Lahan Basah. Journal of Education Research, 5(4), 4612-4620. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1637
Tutiareni, T., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2021). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD, 7(2), 12-19.
Wijayanti, A., & Yanto, A. (2023). Pembelajaran matematika menyenangkan di SD melalui permainan. POLINOMIAL: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 18-23. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.316
Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 78-82. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2541
Yanto, A., Yuliati, Y., & Anjani, T. (2020). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman matematis siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 92-102. https://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2109
Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152-163. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Christina Lestari Retno Mahanani, Neneng Kania Susi, Ranti Ranti, M. Zainal Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.