Penerapan Model Gambira dengan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Aprilia Cahyani Universitas Lambung Mangkurat
  • Maimunah Maimunah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6740

Keywords:

Model Gambira, Media Ular Tangga, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan inovasi pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan mampu mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan guru serta siswa melalui model GAMBIRA, yang menggabungkan metodologi Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Number Heads Together. Model ini didukung oleh permainan ular tangga untuk menciptakan suasana belajar yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini menggunakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dalam empat sesi. Partisipan terdiri dari 20 siswa kelas V pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi mengenai motivasi belajar, aktivitas guru dan siswa, serta penilaian tertulis individu dan kelompok. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan persentase. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang substansial: motivasi belajar siswa meningkat dari 25% (rendah) menjadi 95% (sangat tinggi), aktivitas guru meningkat dari 33 (baik) menjadi 45 (sangat baik), aktivitas siswa meningkat dari 25% (kurang aktif) menjadi 100% (sangat aktif), dan ketuntasan hasil belajar meningkat dari 50% menjadi 100%. Kesimpulannya, model GAMBIRA dengan permainan ular tangga terbukti efektif meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model inovatif seperti GAMBIRA oleh guru, pertimbangan pihak sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran, serta menjadi acuan bagi penelitian lanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abida, J., & Kamalia, Z. (2024). Kolaborasi Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Dan Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Anak. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(3), 20-27.

Ahmad, A. T. B., Risma, E., & Hasim, N. F. R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kompleks IKIP Kota Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 327–338. https://doi.org/10.30605/cjpe.7.2.2024.4614

Apriyanti, L., Gunawan, A., & Noperman, F. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 51 Kota Bengkulu Feri Noperman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.1.8-15

Ardi, S. D. K., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1), https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22934

Asrinan, A., Ahmad, H., & Rahman, A. (2024). Menghadirkan Matematika Untuk Semua: Pendekatan Diferensiasi Dengan Media Pembelajaran. Penerbit Tahta Media.

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Bondar, S. H., & Simbolon, R. (2025, May). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Di Kelas V Sd Negeri 153017 Pahieme 1 TP 2024/2025. In Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum) (Vol. 4, No. 1, pp. 22-1).

Farhan, M. N., & Jumardi, J. (2023). Faktor Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Belajar Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 874–879. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4934

Hadzami, S., & Maknun, L. (2022). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111–132. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.279

Listianingsih, W., Setyaji, A., & Ambarini, R. (2023). The Effect of Padlet in Collaborative Learning of †œKurikulum Merdeka†to Improve Students’ Writing Ability in Recount Text. Eternal (English Teaching Journal), 14(2), 126-145. https://doi.org/10.26877/eternal.v14i2.14961

Machfud, H. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) untuk meningkatkan respons, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 105-120. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.301

Maimunah, M. (2021). Implementasi pembelajaran nilai moral dan sosial di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 17-27.

Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22-28. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183

Puspitasari, J. (2022). Penerapan Teknik Dramatisasi Melalui Media Cerita Bergambar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas I SDN Kajang Sawahan. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 15-21. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.194

Putri, H., Suriansyah, A., & Wahdini, E. (2019). Effect of education income levels and parenting patterns on children’s social behavior. Journal of k6 education and management, 2(2), 97-106. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.02.03

Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855-4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960

Rismawati, M., Khairiati, E., Pendidikan Matematika, P., Persada Khatulistiwa, S., Harapan Tempunak, B., & Sintang, K. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860

Sakinah, N., Rati, N. W., & Japa, I. G. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 290-301. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16145

Sari, R. Y., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 51-56. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17180

Ulandari, L., Waridah, W., & Rudiansyah, E. (2025). Peranan Guru Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 09 Tanjung Lay. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 19-30. https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i1.3350

Wahyudi, M. D., Cinantya, C., & Maimunah, M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Carmin: Journal of Community Service, 1(2), 34-38. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i2.2491

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 1). http://dx.doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

Published

2025-09-25

How to Cite

Cahyani, P. A., & Maimunah, M. (2025). Penerapan Model Gambira dengan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1221–1233. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6740

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.