Penerapan Model Gambira dengan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6740Keywords:
Model Gambira, Media Ular Tangga, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan inovasi pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan mampu mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan guru serta siswa melalui model GAMBIRA, yang menggabungkan metodologi Problem Based Learning, Picture and Picture, dan Number Heads Together. Model ini didukung oleh permainan ular tangga untuk menciptakan suasana belajar yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini menggunakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dalam empat sesi. Partisipan terdiri dari 20 siswa kelas V pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi mengenai motivasi belajar, aktivitas guru dan siswa, serta penilaian tertulis individu dan kelompok. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan persentase. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang substansial: motivasi belajar siswa meningkat dari 25% (rendah) menjadi 95% (sangat tinggi), aktivitas guru meningkat dari 33 (baik) menjadi 45 (sangat baik), aktivitas siswa meningkat dari 25% (kurang aktif) menjadi 100% (sangat aktif), dan ketuntasan hasil belajar meningkat dari 50% menjadi 100%. Kesimpulannya, model GAMBIRA dengan permainan ular tangga terbukti efektif meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model inovatif seperti GAMBIRA oleh guru, pertimbangan pihak sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran, serta menjadi acuan bagi penelitian lanjutan.
Downloads
References
Abida, J., & Kamalia, Z. (2024). Kolaborasi Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Dan Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Anak. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(3), 20-27.
Ahmad, A. T. B., Risma, E., & Hasim, N. F. R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kompleks IKIP Kota Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 327–338. https://doi.org/10.30605/cjpe.7.2.2024.4614
Apriyanti, L., Gunawan, A., & Noperman, F. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 51 Kota Bengkulu Feri Noperman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.1.8-15
Ardi, S. D. K., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1), https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22934
Asrinan, A., Ahmad, H., & Rahman, A. (2024). Menghadirkan Matematika Untuk Semua: Pendekatan Diferensiasi Dengan Media Pembelajaran. Penerbit Tahta Media.
Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604
Bondar, S. H., & Simbolon, R. (2025, May). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Di Kelas V Sd Negeri 153017 Pahieme 1 TP 2024/2025. In Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum) (Vol. 4, No. 1, pp. 22-1).
Farhan, M. N., & Jumardi, J. (2023). Faktor Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Belajar Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 874–879. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4934
Hadzami, S., & Maknun, L. (2022). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111–132. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.279
Listianingsih, W., Setyaji, A., & Ambarini, R. (2023). The Effect of Padlet in Collaborative Learning of †œKurikulum Merdeka†to Improve Students’ Writing Ability in Recount Text. Eternal (English Teaching Journal), 14(2), 126-145. https://doi.org/10.26877/eternal.v14i2.14961
Machfud, H. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) untuk meningkatkan respons, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 105-120. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.301
Maimunah, M. (2021). Implementasi pembelajaran nilai moral dan sosial di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 17-27.
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22-28. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Puspitasari, J. (2022). Penerapan Teknik Dramatisasi Melalui Media Cerita Bergambar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas I SDN Kajang Sawahan. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 15-21. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.194
Putri, H., Suriansyah, A., & Wahdini, E. (2019). Effect of education income levels and parenting patterns on children’s social behavior. Journal of k6 education and management, 2(2), 97-106. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.02.03
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855-4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Rismawati, M., Khairiati, E., Pendidikan Matematika, P., Persada Khatulistiwa, S., Harapan Tempunak, B., & Sintang, K. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860
Sakinah, N., Rati, N. W., & Japa, I. G. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 290-301. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16145
Sari, R. Y., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 51-56. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17180
Ulandari, L., Waridah, W., & Rudiansyah, E. (2025). Peranan Guru Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 09 Tanjung Lay. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 19-30. https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i1.3350
Wahyudi, M. D., Cinantya, C., & Maimunah, M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Carmin: Journal of Community Service, 1(2), 34-38. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i2.2491
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 1). http://dx.doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Aprilia Cahyani, Maimunah Maimunah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.