Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Budaya Daerah di Sekolah Dasar

Authors

  • Eza Sri Maharani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6893

Keywords:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar IPAS, Budaya Daerah, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V mengenai materi budaya daerah di SDN 1 Tigajuru. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental serta metode desain pretest-posttest satu grup. Instrumen penelitian diuji validitasnya dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment melalui SPSS versi 20, dan hasilnya menunjukkan bahwa 15 dari 25 butir soal dinyatakan valid. Uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,731 yang tergolong tinggi. Data pretest dan posttest memenuhi asumsi normalitas (sig. > 0,05) dan homogenitas (sig. = 0,964), sehingga dapat dianalisis dengan uji t-test sampel berpasangan. Hasil pengujian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (sig. < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penemuan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa pada topik budaya lokal. Model ini memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar melalui eksplorasi, observasi, dan pemecahan masalah, sehingga pengetahuan yang diperoleh menjadi lebih bermakna dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, A, S., D. (2023). Pengaruh Model Discovery Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4.

Azkia, N., Zen, D. S., & Pujiati, P. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(2021), 47–51.

Fauziyah, I., & Attalina, S. N. C. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Materi IPS Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD Negeri 2 Sukosono. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2091–2097. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2547

Hidayat., M. (2021). Discovery Learning Solusi Jitu Ketuntasan Belajar. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan PenelitianIndonesia.

Komang Mariani, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (Ipas) Di Sdn 1 Nongan. Ni Komang Mariani, 5(2), 15.

Laili, A., Lestari, N. A. P., & Sudewiputri, M. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2147

Lilianti, L., M, R., Said, H., Abubakar, A., Nurzaima, N., & Rosida, W. (2022). Pelestarian Budaya Daerah Guna Pengembangan Sektor Pariwisata di Taman Kanak-Kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 181–190. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.5568

Maulina, D. (2022). Pengembangan Model Discovery Learning Dengan Model Group Investigation Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 199. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.8532

Naibaho, M. R. U., & Hoesein, E. R. (2021). Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 19. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290

Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281–286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313

Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Yunianti, V. D., & Prihantini, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. JURNAL Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106–9114. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Saputra, N. E., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flipbook terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SDN 2 Kuanyar. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 317–327. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.701

Sasingan, M., & Wote, A. Y. V. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 42–47. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40604

Sihnawati, Banun Havifah Cahyo Khosiyono, Berliana Henu Cahyani, & Ana Fitrotun Nisa. (2023). Evaluasi Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah Dan Kearifan Lokal Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kl.Vi Sdn Kedungloteng. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 4241–4251.

Talita Revina, T., & Astuti, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dan Inquiry Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Gugus Puspitaloka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2667–2676. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8392

Tamalene, A. S., Jusuf, R., & Paluu, S. A. D. (2023). Pengembangan Lkpd Ipas Berbasis Discovery Learning Untuk Menunjang Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn 2 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 348–357. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7526

Tanhara, A., Santa, & Dwiastuti, S. R. (2023). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2352–2361. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.979

Widyastuti, I., Nanang Winarno, Emiliannur, E., & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET pada Topik Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65–85. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.2978

Wirdani, H., & Nur Fauzia, S. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Materi Siklus Air: Pujiati, Hamiliya Wirdani & Septiana Nur Fauzia Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Bela. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 3, 387–394.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yulianti, S. E., & Indra K., M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasilan Dan Kewarganegaraan Peserta Didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 2 Waru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 101–106. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7573

Yusnaldi, E., Indriani, R., Lilis, L., Dalimunthe, N. A., & ... (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di SD. Jurnal Pendidikan …, 7, 28528–28532. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11514%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/11514/8935

Zai, F., Lahagu, A., Telaumbanua, W. A., & Laoli, E. S. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KEWIRAUSAHAAN KELAS XI OTKP SMK NEGERI 1 SOGAEADU. Jurnal Kelitbangan, 12(2).

Published

2025-10-14

How to Cite

Maharani, E. S., Attalina, S. N. C., & Zumrotun, E. (2025). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Budaya Daerah di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1370–1381. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6893

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.