Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Daring Siswa Kelas V SD

Authors

  • Halena Sarlota Famaney Universitas Kristen Satya Wacana
  • Naniek Sulistya Wardani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1316

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran daring, Siswa SD

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran tematik terpadu daring siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pembelajaran di sekolah terdiri dari perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan proses pembelajaran; 2) Ketercapaian perencanaan pembelajaran sekolah sebesar 55 dari 100 berdasarkan perencanaan pembelajaran permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses; 3) Ketercapaian pelaksanaan pembelajaran daring untuk kegiatan pendahuluan 96,87%, kegiatan inti 78,41 %, dan kegiatan penutup 82,47%. Implementasi RPP mencapai skala sebesar 85,92%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda , R., & Tien, R. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Baharuddin, M. R. (2020). Profil Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 96-104. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.432

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Iskandar, R., & Farida, F. (2020). Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052-1065. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.468

Jabar, A., Safruddin, C., & Suharsimi, A. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113-123. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Mardapi, D. (2004). Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Meda Y, (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Permendikbud, R. (n.d.). No. 22 Tahun Tentang Standar Proses. halaman 5-6.

Stufflebeam, D., & Shinkfield, A. (1984). Systematic Evaluation. Boston: Kluwer Nijhoff Publishing. DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-009-5656-8

Sudirman, & Maru, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas (2nd ed.; S. Nyompa, ed.). Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Wardani N. S., & Slameto. (2010). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Salatiga: Widya Sari Press.

Yuniasih, N., Ladamay, I., & Wahyuningtyas, D. T. (2014). Analisis pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di SDN Tanjungrejo 1 Malang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 148-152. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.876

Published

2021-08-07

How to Cite

Famaney, H. S., & Wardani, N. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Daring Siswa Kelas V SD . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 455–465. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1316

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.