Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Era New Normal di Program Studi Teknologi Pendidikan

Authors

  • Nurindah Nurindah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasir Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hesti Hesti Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1474

Keywords:

Pembelajaran Daring, Era New Normal

Abstract

Tujuan peneltian ini untuk mengetahui efektivitas, faktor penunjang dan permasalahan serta upaya dalam mengatasi permasalahan pembelajaran daring Mata kuliah Desain pada era new normal di Program Studi Teknologi Pendidikan. Jenis Penelitain yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruaan FKIP Universitas Muhamamdiyah Makassar tahun akademik 2020/2021. Subjek dan informan dalam penelitian adalah Dosen pengampu mata kuliah dan Mahasiswa semester 4 pada matakuliah Desain Grafis. Sumber data pada penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obeservasi dan wancara. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan reduksi data (data reduction), kategorisasi, penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Verification). Dalam penelitian kualitatif kriteria keabsahan data adalah Derajat kepercayaan (credibility), Keteralihan (transferability), Ketergantungan (Dependability) dan Trianggulasi. Berdasarkan temuan hasil dari analisis data pada peneltian ini ditemukan bahwa pembelajaran daring pada era new normal di Program Studi Teknologi Pendidikan pada mata kuliah Desain Grafis belum maksimal (kurang efektif). Faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana, motivasi, aplikasi dan kesiapan dosen. Sedangkan untuk penghambatnya adalah terbatasnya koneksi internet/kecepatan jaringan, dan pemberian materi yang monoton. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam mengatasi permsalahan tersebut adalah dosen dan mahasiswa perlu adanya kerjasama yang baik. Hal tersebut dilakukan agar capaian pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan indikator materi dan mahasiswa dapat belajar mandiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A. & Nana, (2014). Mobile LearningSebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran di Sekolah, Jurnal Of Educational Research and Riview, 3(1)

Arkorful, V. & Abaidoo, N. (2015). The Role of E-learning, The Advantages and Disadvantages of Its Adoption in Higher Education. Int. Journal of Education and Research, 2(12), 397-410.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran daring. Yogyakarta: Deepublish.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020) Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19., Pub. L. No. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/MENKES/413/2020 (2020). Jakarta.

Moleong, Lexy. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi: Bandung: Remaja Rosdakarya

Lexy, J. M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, cet. 30. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lexy. J. M. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudjiman, H, (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003“Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta

Permendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disiase (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan. Jakarta : Mentri pendidikan dan kebudayaan.

Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Kencana.

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2).

Sanjaya, R. (2020). Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Unversitas Katolik Soegijapranata

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428 DOI: https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Published

2021-12-28

How to Cite

Nurindah, N., Nasir, N., & Hesti, H. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Era New Normal di Program Studi Teknologi Pendidikan . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 773–780. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1474

Issue

Section

Regular Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.