Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.5.2.2022.2018Keywords:
Pendekatan Matematika Realisitik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Siswa SDAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V sekolah dasar kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian kuantitaf dengan metode eksperimen. Desain penelitian Quasi Eksperimental design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V se-Kabupaten Bantaeng berjumlah 854 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 23 orang peserta didik kelas V SDN 25 Panaikang. Instrumen penelitian adalah tes uraian dengan jumlah 2 soal untuk tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari uji instrumen (uji validitas), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Bantaeng. Temuan dalam penelitian ini adalah pengaruh pendekatan matematika realistik mampu membantu peserta didik dalam memecahkan masalah terutama dalam hal matematika.
Downloads
References
Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 486-492.
Febriani, W. D., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education dan Direct Instruction Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SD. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 152-161.
Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat: Problem Solving Skills. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 49-57.
Helmi, F., & Rokhmat, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-scaffolding Tipe 2B Termodifikasi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 68-75.
Hutabarat, R. Y. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran MEA terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Through Macro Media Flash di Kelas XI Sma Negeri 1 Angkola Selatan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 42-49.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Mawaddah. S & Hana. A., 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 166-175.
Melyantia, R., & Rohanab, A. S. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Adversity Quotient. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 8(1), 23-34.
Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400.
Novitasari, N., & Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137-147
Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, R., & Granita, G. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21-31.
Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323-332.
Setyaningtyas, P., Wahyuningsih, S., & Syamsuddin, M. M. (2019). Efektivitas Brain Based Learning Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah matematika Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Kumara Cendikia, 7(3), 244-256.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.
Susanto, E., Rusdi, R., & Susanta, A. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 39-49.
Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students' Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293-302.
Yuli, D., & Eliza, R. (2019). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divission (STAD) Pada Pembelajaran Matematika di SMPN 46 Sijunjung. Math Educa Journal, 3(1), 32-43
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.