Penggunaan E-Learning Sebagai Media Dalam Proses Belajar Bahasa Inggris di Universitas Darwan Ali Sampit

Authors

  • Abdul Aziz Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Darwan Ali, Sampit, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.235

Keywords:

e-learning, information technology, English language

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran, fungsi serta manfaat bagi mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan E-learning di Universitas Darwan Ali. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi literatur, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) E-learning di Universitas Darwan Ali Sampit memiliki peran untuk fasilitas rencana perkuliahan dalam proses belajar bahasa Inggris. 2) E-Learning memudahkan mahasiwa dalam memahami pembelajaran karena membuat mahasiswa lebih tertarik dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun selama ada akses internet. 3) Mahasiswa bisa mendapatkan materi dan bahan pembelajaran dalam berbagai bentuk seperti teks, gambar, dan video. 4) kemampuan mahasiswa berkembang dalam pembelajaran Bahasa Inggris seperti kosa kata, menulis dan membaca. 5) Mahasiswa menjadi  lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrelia, D. I. (2015). Permainan bom angka dalam konsep kelipatan persekutuan terkecil untuk anak sekolah dasar. Jurnal Elemen, 23-35. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.77

Briton, I. (2010). Company Profile. Makasar: HRD Briton IES Makassar.

Dakir, H. (2010). Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2011). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

ihwanah, A. (2016). Implementation E-Learning in Learning Process PGMII IAIN. Cakrawala.

Jayawardana, H. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. BIOEDUKATIKA, 12-17. DOI: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Kurniawan Sabar, A. R. (2011). Penggunaan Web (E-Learning) Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di Briton International English School Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 444-456.

Lim, H. (2007). The Role of E-Learning in Increasing Interest and Learning Process in Mandarin: Case Study of Chinese Literature Students at Bina Nusantara. Lingua Cultura, 157-167. DOI: https://doi.org/10.21512/lc.v1i2.322

Wicaksono, S. R. (2015). Computer Supported Collaborative Learning Berbasis Blog. Malang: Seribu Bintang.

Sadiman. (2009). Media of Education: Definiton, Development, and utilization. Jakarta: Rajawali Pers.

Saifuddin, M. F. (2017). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Varia Pendidikan, 102-109. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Smaldino, S. E. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). New Jersey: Pearson Education.inc.

Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. JURNAL BIOEDUKATIKA, 9-14. DOI: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4148

Turino, D. (2009). E-Learning Bahasa Inggris Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi.

Published

2020-02-22

How to Cite

Aziz, A. (2020). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Dalam Proses Belajar Bahasa Inggris di Universitas Darwan Ali Sampit. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.235

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.