Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi Guru Madrasah di Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2721Keywords:
Kualifikasi, Kompetensi, Sertifikasi, Guru Madrasah, AKGTKAbstract
Berdasarkan tingkat kualifikasi pendidikan, kompetensi, dan sertifikasi pendidik pada madrasah aliyah di Kabupaten Maros. Sumber data dalam penelitian deskriptif ini diambil dari profil guru di sekolah yang berjumlah 613 data guru pada 31 madrasah aliyah, data diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan penelitian dokumen sekolah, lalu dianalisis menggunakan prosedur analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ditemukan guru belum memenuhi syarat kualifikasi pendidikan diploma empat atau strata satu; mayoritas guru. Berdasarkan kategori profesionalitas guru berdasarkan kompetensi, mayoritas guru belum dapat diukur kompetensi karena belum mengikuti Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK). Sedangkan kategori profesionalitas guru berdasarkan perolehan sertifikasi guru pendidik masih rendah, karena mayoritas guru belum tersertifikasi. Oleh karena itu, maka disarankan kepada pemerintah melalui departemen agama Kabupaten Maros agar melakukan pembinaan dan penyebar luasan informasi terkait program pemerintah dalam memenuhi kualitas guru melalui pendidikan profesi guru, asesmen kompetensi, dan perolehan sertifikasi guru pendidik.
Downloads
References
Ahmad, M. G., & Sujianto, S (2022). Implementasi Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 287-294. http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8104
Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 83-88. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.83-88
Arifin, R. K. (2019). Implementasi Kebijakan Program Sertifikasi Guru. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 1(2), 205-216. https://doi.org/10.15575/politicon.v1i2.6284
Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., umnia Hakiki, M., & Sukatin, S. (2022). Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 149-158.
Desmaniar, I., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cahaya Pendidikan, 6(2) 79-93 https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2382
Dewi, R. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Disiplin Pengaruh Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamtan Jeunieb Kabupaten Bireuen. Jurnal Kebangsaan, 11(21), 15-20. https://doi.org/10.55178/jkb.v11i21.174
Huda, K. 2016. Problematika Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Dinamika Penelitian. Vol. 16. No. 2. Tahun 2016. 309-336, https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.309-336
Iman, A., Azpah, I. A., Aprianto, F., Sanam, S., & Bohari, B. (2022, June). Problematika tenaga pendidik dalam pengembangan profesionalitas guru. In Vocational Education National Seminar (VENS) (Vol. 1, No. 1).
Istanto, I., Wasliman, I., & Dianawati, E. (2023). Manajemen gugus kendali mutu untuk meningkatkan kompetensi profesional guru.
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158
Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan kompetensi guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23-30. http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.189
Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432. https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.178
Lawe, L. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SDN Waepoa Tahun Pelajaran 2021/2022. Warta Pendidikan| e-Journal, 6(4), 9-16. https://doi.org/10.0503/wp.v6i4.153
Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 3(3), 1-16. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/166
Maghfur, M. (2022). Manajemen Guru Sertifikasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(2), 159-181. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i2.3997
Munawir, M., Aisyah, A. N., & Rofi'ah, I. (2022). Peningkatan kemampuan guru melalui sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), https://doi.org/324-329. 10.29303/jipp.v7i2.360
Nadirah, S., Nasar, I., Sabir, A., Lahiya, A., Zulfikhar, R., & Zulharman, Z. (2023). Pengaruh Kinerja Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2064-2071. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3198
Nawawi, M. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi, Motivasi dan Kesejahteraan Guru, Serta Pengaruh Ketiganya Terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 323-336. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.878
Notabubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. 3 (1), 54-64, DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1108
Palupi, E., Lian, B., Sari, A. P. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Cahaya Pendidikan. 7 (1), 51-62. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2822
Putri, M. D., & Marpaung, J. (2018). Studi Deskripsi Tentang Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 50 Batam. Cahaya Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33373/chypend.v4i1.1280
Rahimah. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Seri Publikasi Pembelajaran. 1 (2), 1-8.
Ratih, D., Soedjiwo, N. A. F., & Libriyanti, Y. (2020). Peran Kualifikasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MI Kalifa Nusantara Tahun Pelajaran 2019-2020. Faidatuna, 1(1), 11-22. https://doi.org/10.53958/ft.v1i1.89
Raudhah. (2020). Hubungan Tingkat Kesejahteraan Guru Dengan Semangat Kerja Guru. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus. 3 (2), 186-196, https://doi.org/10.47239/jgdd.v3i2.151
Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23, https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.6
Sudarma, M. (2013). Profesi guru ; dipuji, dikritisi, dan dicaci; Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, H. 2020. Profesi Keguruan. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Soetjipto, & Kosasi, R. 2018. Profesi Keguruan. Jakarta; Rineka Cipta.
Sihombing, L. N. I. & Kale, M. (2022). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Darma Agung. 30 (3), 1255-1269, https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2729
Siswandari & Susilaningsih. (2013). Dampak Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Kualitas pembelajaran Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 19 (4) 487-498 DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.305.
Tari, E. (2020). Kualifikasi Guru berdasarkan 1 Tesalonika 2: 7-12. Khazanah Theologia, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.15575/kt.v2i1.6745
Takaendengan, W., Maradesa, I. J., & Takaendengan, B. R. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(4), 16174-16183. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2754
Ulum, M., & Mun'im, A. (2022). Analisis Kebijakan Sertifikasi dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Mu’allim, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.2960
Umar. (2015). Kebijakan Pengembangan Madrasah; Sebuah Wacana Strategi Reposisi. Al-Qalam. 7 (2), 222-245, https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i2.197
Waton, M. N. (2016). Sertifikasi Guru menuju Profesionalisme Pendidik. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 4(1), 01-11. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v4i1.51
Wulandari, H., & Nurhaliza, I. (2023). Mengembangkan Potensi Guru yang Profesional dalam Proses Belajar Mengajar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2487-2509. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.990
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.