Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sandung
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.1.2019.1345Keywords:
Minat Belajar Siswa, Metode Simon BerkataAbstract
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV SD Negeri 11 Sandung Kecamatan Binjai Hulu Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan bentuk penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 11 siswa dan guru. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, pengukuran, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan metode simon berkata di Kelas IV SD Negeri 11 Sandung dapat meningkatkan minat belajar siswa, dimana siswa terlihat memiliki antusias yang baik dalam pembelajaran. Sedangkan dari faktor guru meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru; aktivitas siswa mengalami peningkatan keantusiasan dalam belajar dan minat belajar yang sangat baik, penggunaan metode simon berkata pada siswa kelas IV SD Negeri 11 Sandung dikategorikan sangat baik yaitu siklus I, Ketuntasan 18.18% dan pada siklus II, klasikal 100% sehingga terjadi peningkatan sebesar 81.82%, hal ini menunjukkan bahwa metode simon berkata mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan minat belajar siswa.
Downloads
References
Ahmadi, F. (2013). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1).
Akbar, S., et al. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ariani, F., et al. (2009). Pembelajaran Mendengarkan. Jakarta: Jagakarsa.
Arikunto, S., et al. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.
Ginting, N. (2012). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Gaya Magnet di Kelas V SD Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Medan: Universitas Medan.
Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Inawati, M. (2011). Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Bermain Alat Manipulatif. Jurnal Pendidikan Penabur,16.
Amandara, P. I. (2016). The Use of ‘Simon Says’ Game: A Teaching Method of Total Physical Response (Tpr) in Teaching English Vocabulary to Young Learners. Skripsi. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Grafindo.
Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Rosdakarya.
Polem, A. M. (2017). The Implementation Of Simon Say Game To Improve Students’ Vocabulary Mastery In Learning English. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Pratiwi, H. (2013). Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Instant Assessment Dengan Media Choose Number Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, S. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
Hermanto, D. T. (2013). Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Information Search Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Monggot 2 Geyer Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wartini, S. (2012). Peningkatan Minat Belajar Seni Tari Melalui Hypnoteaching di SD Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Winiarti. (2015). Penggunaan Permainan Simon Says/Simon Berkata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Tunanetra. Skripsi. Bandung: Universitas Negeri Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.