Implikasi Peningkatan Kualifikasi Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan melalui Program Perguruan Tinggi Jarak Jauh Universitas Terbuka
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.2917Keywords:
Implikasi, Kualifikasi Pendidikan, Pendidikan Jarak Jauh, Universitas TerbukaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implikasi Universitas Terbuka dalam peningkatan kualifikasi pendidikan masyarakat Sulawesi Selatan. Populasi penelitian dua puluh empat kabupaten dan kota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan teknik dokumentasi dan kuesioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat lulusan sekolah menengah atas atau sederajat memanfaatkan Universitas Terbuka untuk studi lanjut sebanyak 932 atau capaian persentasinya sebesar 62.6 % dari target rekrutmen mahasiswa baru sebesar 1500 untuk 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. Masyarakat memilih kuliah atau studi lanjut ke Universitas Terbuka memperoleh informasi dari mulut ke mulut 59,23%, website Universitas Terbuka 31,84%, dan media sosial (Instagram) 7,64%. Perolehan angka partisipasi masyarakat tidak terlepas dangan peran serta sosial media, sepertiyoutube, instagram, facebook, twitter, TikTok, dan tumblr berbasis blog. Kemudian media massa, seperti harian fajar, harian tribun timur, dan inti.com. Media face to face atau media dari mulut kemulut memanfaatkan alumni dan alumni ini dapat menyebarkan informasi Universitas Terbuka kepada para keluarganya, tetangganya, dan masyarakat sekitarnya.
Downloads
References
Ambarwati, L. (2022). Implikasi Revolusi Mental di Dunia Pendidikan Indonesia: Mendidik Para (Calon) Pendidik. Jurnal Teologi Rahmat, 8(1).
Ansori, A., Supangat, S., & Us, K. A. (2023). Mutu pendidikan dalam perspektif Islam. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(2), 39-45. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i2.467
Disas, E. P. (2017). Analisis kebijakan pendidikan mengenai pengembangan dan peningkatan profesi guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i2.8251
Ernawati, E., Efendi, I., & Ulfah, M. (2023). Implementasi Fungsi Manajeman Keuangan Sekolah Dan Penerapannya Pada Kualitas Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3027-3027. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22445
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240. doi: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Fadillah, I., Pratiwi, Y., Ramadani, I., Artha, N., & Sadriani, A. (2024). Implikasi Teori Sosiologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 64-69. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i1.986
Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89-95. http://dx.doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131
Hendrizal, H., Joni, M., Hijrat, K., Wandi, J. I., & Afnita, N. (2024). Pendidikan sebagai Investasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat. El-Kahfi| Journal of Islamic Economics, 5(01), 81-90. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i01.232
Ismail, A., & Irwan, A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Manajemen Pendidikan Tinggi. Nas Media Pustaka.
Khairunnisa, R., Imansyah, M. H., & Rahayu, D. (2021). Dampak Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Kesehatan, Dan Infrastruktur. Syntax Idea, 3(12), 2748-2757. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i12.1678
Khosiyono, B. H. C., Fajarudin, M., Jayanti, E. D., Sari, R. V., Srikonita, R., Isnaini, L., ... & Astuti, D. (2022). Teori dan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi digital di sekolah dasar. Deepublish.
Mahsun, M. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Rajawali Press.
Marannu, B. (2019). Dampak sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas pendidikan di madrasah. Educandum, 5(1), 109-126.
Margaretha, E., & Simanjuntak, R. A. (2020). Dampak Belanja Sektor Pendidikan Terhadap Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Info Artha, 4(2), 155-166. https://doi.org/10.31092/jia.v4i2.816
Maulana, A., Oktaviyanti, D., Wahyuni, D., Sasono, N., & Sakti, G. (2022). Implikasi Kebijakan Atas Terbitnya Travel & Tourism Development Index 2021 Terhadap Upaya Peningkatan Daya Saing Kepariwisataan Indonesia di Pasar Global. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 16(2), 149-162. https://doi.org/10.47608/jki.v16i22022.149-162
Mesiono, M., & Haidir, H. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Analisis Konsep dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan). Hikmah, 17(2), 61-73. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i2.88
Nasution, O. B., & Primandaru, N. (2023). Kajian Dampak Pariwisata Berbasis Masyarakat sebagai Pendukung Sustainable Development terhadap Peningkatan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 4(2), 173-183. https://doi.org/10.36256/ijtl.v4i2.362
Nurjani, Y. Y., & Mustopa, E. F. A. (2024). Implikasi Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia Dini Di KB Miftahul Huda Cisurupan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 2(2), 9-23. https://doi.org/10.37968/anaking.v2i2.594
Nurkholidah, A. F., & Pratiwi, P. H. (2020). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Bagi Masyarakat Purworejo. E-Societas, 9(5).
Pertiwi, A. S. (2017). Implikasi Kebijakan Sertifikasi Terhadap Profesionalisme Guru di Kecamatan Rengat. Jurnal Mitra Manajemen, 1(2), 164-177. https://doi.org/10.52160/ejmm.v1i2.21
Prihatiningsih, T. S. (2023). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Capaian Pembelajaran) untuk Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan: Implikasi Kebijakan dan Tantangan Implementasi. UGM PRESS.
Riyadi, S., Nuswantoro, P., Merakati, I., Sihombing, I., Isma, A., & Abidin, D. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Konteks Pendidikan Inklusif Di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(3), 130-137. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18731
Sihotang, H., Limbong, M., Simbolon, B. R., Tampubolon, H., & Silalahi, M. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam mengimlementasikan kurikulum 2013 dalam education 4.0. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 223-234. https://doi.org/10.33541/cs.v1i2.1305
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Susanti, H. (2021). Manajemen pendidikan, tenaga kependidikan, standar pendidik, dan mutu pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33-48. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.254
Widodo, A. P., Zuhri, S., & Djani, D. (2020). Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformatif Dalam Peningkatkan Daya Saing Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 309-332. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.309-332
Wijaya, M. (2020). Revolusi Industri 4.0: Implikasi terhadap Manajemen Sumberdaya Manusia. Media Informatika, 19(2), 51-60. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i2.41
Zuhraina, C., & Husna, R. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Menurut Standar Regulasi: Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Musannif, 4(2), 91-100. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v4i2.68
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.