Optimalisasi Pengelolaan Kursus Menjahit Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Aisyiah Kabupaten Pasaman
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.299Keywords:
kursus menjahit, PKBM, studi kasusAbstract
Efektivitas dari pengadaan kursus menjahit di suatu pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sangat ditentukan oleh pengelolaannya yang optimal. Pengelolaan kursus menjahit di PKBM yang dimaksud meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana pengelolaan kursus menjahit di salah satu PKBM di daerah Sumatera Barat, yaitu PKBM Aisyiyah di Kabupaten Pasaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa optimalisasi pengelolaan kursus menjahit di PKBM Aisyiyah dapat dipengaruhi oleh beragam faktor, antara lain kejelasan struktur kepengurusan PKBM, analisis kebutuhan peserta kursus, keteraturan jadwal dan materi kursus, ketersediaan fasilitas yang memadai, dan evaluasi berkelanjutan terhadap pelaksanaan kursus menjahit itu sendiri.
Downloads
References
Sutarto, A. H. J. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1). DOI: https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2946
Susanti, S. (2014). Meningkatkan efektivitas pendidikan nonformal dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 1(2).
Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2016). Strategi pengembangan inovasi program pendidikan nonformal sebagai best practices bagi pusat kegiatan belajar masyarakat. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 187-196. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.10745
Sihombing, U. (2001). Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Fasli Jalal dan Dedi Supriadi (Eds.), Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Raharjo, T. J., dkk. (2016). Peran pusat kegiatan belajar masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan melalui pendidikan nonformal di Jawa Tengah. Journal of Nonformal Education, 2(1).
Zahra, P. H. (2016). Kontribusi Kompetensi Instruktur Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Level II Kursus Menjahit di LPK Putra Kencana 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1).
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Diknas.
Purwanto, N. (1998). Administrasi dan Supervise Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Torang, S. (2013). Organisasi & Manajemen. Bandung: IKAPI.
Mudjiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2004). Pengelolaan Materiil. Jakarta: Prima Karya.
Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moelong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudaryat, Y. (2012). Pendidikan dan Pelatihan. [online]. Tersedia: http://ridwaniskandar.files.wordpress.com/2009/05/9-pendidikan-dan-pelatihan.pdf [4 April 2020]
Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.