Implementasi Model ASYIK Dalam Meningkatkan Literasi Sains dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Yati Suhayati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3142

Keywords:

Model ASYIK, Literasi Sains, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Literasi merupakan langkah awal untuk mengembangkan seluruh aspek pembangunan agar literasi dapat diintegrasikan dengan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan Model ASYIK dalam meningkatkan Literasi Ilmiah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Negeri Nanggala Kecamatan Cikeusik Pandeglang Banten. Dengan menerapkan pendekatan ini diharapkan hasil pembelajaran IPA pada Anak Usia Dini akan meningkat dan lebih bermakna. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Negeri Nanggala Kecamatan Cikeusik Pandeglang yang berjumlah 18 anak. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022 – Maret 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Metode ini terdiri dari empat tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap observasi dan 4) tahap refleksi. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar literasi sains dengan persentase perolehan aktivitas prasiklus sebesar 38%, pada siklus I sebesar 59,6% dan siklus II sebesar 76%. Kesimpulan penelitian ini adalah peningkatan penguasaan literasi sains pada anak usia dini dengan penerapan Model ASYIK di PAUD Terpadu Negeri Nanggala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Amantika, D., Aziz, A., & Travelancya, T. (2022). Bermain Sains pada Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Penerapan Metode Eksperimen. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4526-4532. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2742

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Ayu, S. M., Dewi, A., & Sari, R. (2022). Sekolah alam dan pemberdaayaan literasi: program literasi di sekolah alam Lampung dengan model CIPP. Islamic Management and Empowerment Journal, 4(2), 193-216. https://doi.org/10.18326/imej.v4i2.193-216

Ayuni, F. J. P., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1641. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1641-1650.2022

Chasannudin, A., Nuraini, L., & Luthfiya, N. A. (2022). Pelatihan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Pada Guru. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 153-168. https://doi.org/10.35878/kifah.v1i2.502

Dini, J. P. A. U. (2023). Membangun Literasi Dwibahasa melalui Big Book Storytelling untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 500-509. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3697

Febriani, N., Rinakit Adhe, K., Widayanti, M. D., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Realia Terhadap Literasi Sains Anak Usia 4-5 Tahun. 5(2). https://doi.org/10.30587/jieec.v%vi%i.5801

Halimah, M. P. (2023). Pembelajaran cerpen dengan strategi dimensi literasi. Deepublish.

Hasanah, L., & Agung, S. (2019). Kemampuan pengenalan geometri melalui kegiatan bermain balok anak usia 5-6 tahun. Journal of Early Childhood Education, 1(2), 45-52. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538

Herwati, J. C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Mendongeng pada Anak Usia Dini di PAUD Siera Pertiwi. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 207-2019.

Humayrah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bermain Model “ASYIK” untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak Melalui Kegiatan Outbound di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 46 Daun. 3, 579–588. https://doi.org/ISSN 2721-1169

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Kamiliya, A. D., Kholifatunnisa, K., Febrianie, P. A., Rahmani, Y. A. M., & Watini, S. (2023). Penggunaan Model ASYIK dalam Mengembangkan Semangat Belajar Anak TK Talenta Persada. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3981-3989. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2120

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Kusumawardani, C. T., & Dimyati, D. (2021). Penerapan E-learning pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 622–630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1002

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01): http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

Marwah, A. S., & Pertiwi, F. N. (2024). Literasi Sains Siswa dalam Berinovasi pada Pembelajaran IPA Berbasis Produk. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 114-126. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.3064

Maulidian, M., & Omar, R. (2023). Pengelolaan Bahan Pembelajaran dalam Literasi Sains Anak Usia Dini Menggunakan Metode Nature Out bound. Anak Usia Raudhatul Atfhal, 4(1), 20–28. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.836

Mijaya, N. P. A. P., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamet, K. (2019). Profil literasi sains siswa smp melalui model pembelajaran levels of inquiry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 161-171. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385

Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik Usia Dini: Perspektif Mahasiswa PIAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8 (1), 56-67. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066

Novianti, I., & Watini, S. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi “Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di Paud Al-Hikmah Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 399-408. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.129

Nugroho, B. A., Fajeriadi, H., Retnaningati, D., & Iskandar, A. C. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dan kesadaran lingkungan melalui program pendampingan belajar (dunia sains) untuk anak pesisir Pulau Tarakan. SERIBU SUNGAI: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 33-39. https://doi.org/10.20527/seru.v1i2.198

Puspitasari, I., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Menggambar di Pos PAUD Flamboyan I. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 387-398. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.126

Rahayuliana, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di RA Nurul Hidayah Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1659. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1659-1666.2022

Ratna, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1737. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1737-1746.2022

Rk, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467

Rokhanah, R., Agustina, D. A., Yasmin, H., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik dalam Pembelajaran Kognitif Sains di TK Rismaba Cikarang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8579-8585. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2590

Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyik” (Reward&Yel-Yel “Asyik”) di Tk Mutiara Cemerlang. https://doi.org/ps://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3253

Sri Watini. (2016). Model ASYIK Cahaya Imu Bandung.

Suhardja, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1915. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1915-1926.2022

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Tazkiah, N., Priatna, N., Putri, A. A. S., & Watini, S. (2023). Implementasi Model “ASYIK” dalam Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik pada Kelompok B TK di Perkebunan Batang Kumu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3852-3858. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2098

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Westhisi, S. M., Atika, A. R., & Zahro, I. F. (2020). Pengembangan Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini Kelompok B. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 31-36. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1491

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020a). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Wulan, W. M., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ASYIK dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di KB Inklusi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 323-335. . https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3107

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121-130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121

Published

2024-08-15

How to Cite

Suhayati, Y., & Watini, S. (2024). Implementasi Model ASYIK Dalam Meningkatkan Literasi Sains dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 562–578. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3142

Issue

Section

Regular Articles