Implementasi Model ASYIK Dalam Meningkatkan Literasi Sains dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3142Keywords:
Model ASYIK, Literasi Sains, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Literasi merupakan langkah awal untuk mengembangkan seluruh aspek pembangunan agar literasi dapat diintegrasikan dengan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan Model ASYIK dalam meningkatkan Literasi Ilmiah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Negeri Nanggala Kecamatan Cikeusik Pandeglang Banten. Dengan menerapkan pendekatan ini diharapkan hasil pembelajaran IPA pada Anak Usia Dini akan meningkat dan lebih bermakna. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Negeri Nanggala Kecamatan Cikeusik Pandeglang yang berjumlah 18 anak. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022 – Maret 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Metode ini terdiri dari empat tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap observasi dan 4) tahap refleksi. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar literasi sains dengan persentase perolehan aktivitas prasiklus sebesar 38%, pada siklus I sebesar 59,6% dan siklus II sebesar 76%. Kesimpulan penelitian ini adalah peningkatan penguasaan literasi sains pada anak usia dini dengan penerapan Model ASYIK di PAUD Terpadu Negeri Nanggala.
Downloads
References
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Amantika, D., Aziz, A., & Travelancya, T. (2022). Bermain Sains pada Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Penerapan Metode Eksperimen. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4526-4532. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2742
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Ayu, S. M., Dewi, A., & Sari, R. (2022). Sekolah alam dan pemberdaayaan literasi: program literasi di sekolah alam Lampung dengan model CIPP. Islamic Management and Empowerment Journal, 4(2), 193-216. https://doi.org/10.18326/imej.v4i2.193-216
Ayuni, F. J. P., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1641. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1641-1650.2022
Chasannudin, A., Nuraini, L., & Luthfiya, N. A. (2022). Pelatihan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Pada Guru. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 153-168. https://doi.org/10.35878/kifah.v1i2.502
Dini, J. P. A. U. (2023). Membangun Literasi Dwibahasa melalui Big Book Storytelling untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 500-509. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3697
Febriani, N., Rinakit Adhe, K., Widayanti, M. D., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Realia Terhadap Literasi Sains Anak Usia 4-5 Tahun. 5(2). https://doi.org/10.30587/jieec.v%vi%i.5801
Halimah, M. P. (2023). Pembelajaran cerpen dengan strategi dimensi literasi. Deepublish.
Hasanah, L., & Agung, S. (2019). Kemampuan pengenalan geometri melalui kegiatan bermain balok anak usia 5-6 tahun. Journal of Early Childhood Education, 1(2), 45-52. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538
Herwati, J. C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Mendongeng pada Anak Usia Dini di PAUD Siera Pertiwi. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 207-2019.
Humayrah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bermain Model “ASYIK” untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak Melalui Kegiatan Outbound di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 46 Daun. 3, 579–588. https://doi.org/ISSN 2721-1169
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Kamiliya, A. D., Kholifatunnisa, K., Febrianie, P. A., Rahmani, Y. A. M., & Watini, S. (2023). Penggunaan Model ASYIK dalam Mengembangkan Semangat Belajar Anak TK Talenta Persada. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3981-3989. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2120
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Kusumawardani, C. T., & Dimyati, D. (2021). Penerapan E-learning pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 622–630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1002
Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01): http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i01.194
Marwah, A. S., & Pertiwi, F. N. (2024). Literasi Sains Siswa dalam Berinovasi pada Pembelajaran IPA Berbasis Produk. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 114-126. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.3064
Maulidian, M., & Omar, R. (2023). Pengelolaan Bahan Pembelajaran dalam Literasi Sains Anak Usia Dini Menggunakan Metode Nature Out bound. Anak Usia Raudhatul Atfhal, 4(1), 20–28. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.836
Mijaya, N. P. A. P., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamet, K. (2019). Profil literasi sains siswa smp melalui model pembelajaran levels of inquiry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 161-171. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385
Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik Usia Dini: Perspektif Mahasiswa PIAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8 (1), 56-67. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066
Novianti, I., & Watini, S. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi “Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di Paud Al-Hikmah Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 399-408. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.129
Nugroho, B. A., Fajeriadi, H., Retnaningati, D., & Iskandar, A. C. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dan kesadaran lingkungan melalui program pendampingan belajar (dunia sains) untuk anak pesisir Pulau Tarakan. SERIBU SUNGAI: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 33-39. https://doi.org/10.20527/seru.v1i2.198
Puspitasari, I., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Menggambar di Pos PAUD Flamboyan I. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 387-398. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.126
Rahayuliana, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di RA Nurul Hidayah Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1659. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1659-1666.2022
Ratna, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1737. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1737-1746.2022
Rk, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467
Rokhanah, R., Agustina, D. A., Yasmin, H., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik dalam Pembelajaran Kognitif Sains di TK Rismaba Cikarang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8579-8585. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2590
Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyik” (Reward&Yel-Yel “Asyik”) di Tk Mutiara Cemerlang. https://doi.org/ps://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3253
Sri Watini. (2016). Model ASYIK Cahaya Imu Bandung.
Suhardja, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1915. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1915-1926.2022
Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601
Tazkiah, N., Priatna, N., Putri, A. A. S., & Watini, S. (2023). Implementasi Model “ASYIK” dalam Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik pada Kelompok B TK di Perkebunan Batang Kumu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3852-3858. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2098
Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Westhisi, S. M., Atika, A. R., & Zahro, I. F. (2020). Pengembangan Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini Kelompok B. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 31-36. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1491
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020a). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Wulan, W. M., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ASYIK dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di KB Inklusi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 323-335. . https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3107
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121-130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.