Meningkatkan Hasil Belajar Tema Tumbuhan Sumber Kehidupan Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas VI SD Negeri Ralla 1 Kabupaten Barru

Authors

  • Juderiah Juderiah SD Negeri Ralla 1, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

Keywords:

hasil belajar, tumbuhan sumber kehidupan, Group Investigation

Abstract

Pra penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa masih cukup, juga kemampuan guru masih cukup, tidak mencapai standar minimal 62,5% minimal kategori baik, hasil belajar tema tumbuhan sumber kehidupan masih kurang dengan rerata 65,33, belum mencapai standar minimal KKM 70 atau minimal kategori cukup, siswa tuntas belajar klasikal 3 orang dengan 50% dari total 6 orang siswa ikut tes, belum mencapai standar klasikal minimal 66,67%. (Juderiah, 2017). Penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan tujuan meningkatkan hasil belajar tumbuhan sumber kehidupan siswa kelas VI SD Negeri Ralla 1 kabupaten Barru. Penelitian tindakan kelas ini, prosedurnya didesain dalam menyesuaikan model Kurt Lewin, yaitu a) perencanaan (planning), b) tindakan (acting), pengamatan (observing), dan d) refleksi (reflecting). Pelaksanaan tindakan dalam 1 siklus ada 3 kali pertemuan pembelajaran, yaitu 3 kali pertemuan untuk pemberian tindakan kemudian diberikan tes akhir siklus, sesuai skenario tindakan yang telah dirancang untuk siswa. Siswa kelas VI SD Ralla 1 yang berjumlah 6 orang siswa, yaitu 1 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru, sedang data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa terjadi perubahan secara positif dengan peningkatan kualitas rerata selisih 7,83% dan meningkat kategori kategori cukup siklus 3 skor rerata 77,00 dari kurang siklus 2 skor rerata 69,17. (2) Kemampuan guru terjadi peningkatan selisih 14,82% dari siklus 2 persentase skor 65,74% kategori baik ke siklus 3 persentase skor 80,56% kategori baik. (3) Aktifitas belajar siswa terjadi peningkatan selisih 20,06% dari siklus 2 persentase skor 55,40% ke siklus 3 persentase skor 75,46%. Disarankan: Meningkatnya hasil belajar tema tumbuhan sumber kehidupan, perubahan kemampuan guru dan aktifitas belajar siswa, supaya dijadikan motivasi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konsteks Kurikulum 2013. Bandung. PT Refika Aditama.

Ali, M. (2004). Belajar Adalah Suatu Perubahan Perilaku, Akibat Interaksi Dengan Lingkungannya. http://www.sarjanaku.com /2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Delismar, D., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan Kreativitas Dan Keterampilanproses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Group Investigation. EDUSAINS, 2(1).

Hidayat, W. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar SD. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Tema 1. Selamatkan Mahkluk Hidup Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru SD/MI Kelas VI. Revisi 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Tema 1. Selamatkan Mahkluk Hidup Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Revisi 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan..

Kusamah, W., & Dwitagama, D. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Idenks.

Milles & Huberman. (1992). Analisis Data kualitatif. Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Pratami, A., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164-174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Balajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyadi, A., Zainuddin, Z., & Parijo, P. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Metode Discovery Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(8). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3061

Supriyati, S. & Mawardi, M. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Inquiry dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD. Scholaria.

Trianto, T. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Umaroh, M. (2013). Upaya Meningkatan Kecerdasan Bahasa melalui Model Cooperative Learning pada Siswa Kelompok B di RA Muslimat NU Desa Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1).

Widoyoko, E. S. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.

Yandianto, Y. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung. M2s Bandung.

Published

2020-12-04

How to Cite

Juderiah, J. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Tumbuhan Sumber Kehidupan Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas VI SD Negeri Ralla 1 Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 383–390. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/358

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.