Meningkatkan Hasil Belajar Tema Tumbuhan Sumber Kehidupan Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas VI SD Negeri Ralla 1 Kabupaten Barru
Keywords:
hasil belajar, tumbuhan sumber kehidupan, Group InvestigationAbstract
Pra penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa masih cukup, juga kemampuan guru masih cukup, tidak mencapai standar minimal 62,5% minimal kategori baik, hasil belajar tema tumbuhan sumber kehidupan masih kurang dengan rerata 65,33, belum mencapai standar minimal KKM 70 atau minimal kategori cukup, siswa tuntas belajar klasikal 3 orang dengan 50% dari total 6 orang siswa ikut tes, belum mencapai standar klasikal minimal 66,67%. (Juderiah, 2017). Penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan tujuan meningkatkan hasil belajar tumbuhan sumber kehidupan siswa kelas VI SD Negeri Ralla 1 kabupaten Barru. Penelitian tindakan kelas ini, prosedurnya didesain dalam menyesuaikan model Kurt Lewin, yaitu a) perencanaan (planning), b) tindakan (acting), pengamatan (observing), dan d) refleksi (reflecting). Pelaksanaan tindakan dalam 1 siklus ada 3 kali pertemuan pembelajaran, yaitu 3 kali pertemuan untuk pemberian tindakan kemudian diberikan tes akhir siklus, sesuai skenario tindakan yang telah dirancang untuk siswa. Siswa kelas VI SD Ralla 1 yang berjumlah 6 orang siswa, yaitu 1 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru, sedang data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa terjadi perubahan secara positif dengan peningkatan kualitas rerata selisih 7,83% dan meningkat kategori kategori cukup siklus 3 skor rerata 77,00 dari kurang siklus 2 skor rerata 69,17. (2) Kemampuan guru terjadi peningkatan selisih 14,82% dari siklus 2 persentase skor 65,74% kategori baik ke siklus 3 persentase skor 80,56% kategori baik. (3) Aktifitas belajar siswa terjadi peningkatan selisih 20,06% dari siklus 2 persentase skor 55,40% ke siklus 3 persentase skor 75,46%. Disarankan: Meningkatnya hasil belajar tema tumbuhan sumber kehidupan, perubahan kemampuan guru dan aktifitas belajar siswa, supaya dijadikan motivasi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran selanjutnya.
Downloads
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konsteks Kurikulum 2013. Bandung. PT Refika Aditama.
Ali, M. (2004). Belajar Adalah Suatu Perubahan Perilaku, Akibat Interaksi Dengan Lingkungannya. http://www.sarjanaku.com /2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Delismar, D., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan Kreativitas Dan Keterampilanproses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Group Investigation. EDUSAINS, 2(1).
Hidayat, W. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar SD. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Tema 1. Selamatkan Mahkluk Hidup Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru SD/MI Kelas VI. Revisi 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Tema 1. Selamatkan Mahkluk Hidup Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Revisi 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan..
Kusamah, W., & Dwitagama, D. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Idenks.
Milles & Huberman. (1992). Analisis Data kualitatif. Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Pratami, A., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164-174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535
Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Balajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supriyadi, A., Zainuddin, Z., & Parijo, P. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Metode Discovery Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(8). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3061
Supriyati, S. & Mawardi, M. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Inquiry dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD. Scholaria.
Trianto, T. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Umaroh, M. (2013). Upaya Meningkatan Kecerdasan Bahasa melalui Model Cooperative Learning pada Siswa Kelompok B di RA Muslimat NU Desa Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1).
Widoyoko, E. S. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Yandianto, Y. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung. M2s Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.