Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Minat Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Lilis Lisnawati Universitas Terbuka
  • Juhana Juhana Universitas Terbuka
  • Sri Dewi Nirmala Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3731

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Minat Belajar, Matematika, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa SD pada mata pelajaran matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, metode eksperimen kuasi dengan non-equivalent control group desain. Alat pengumpul data adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan pengaruh antar variabel, serta analisis statistik untuk menguji hipotesis menggunakan uji t, yaitu independent sample t test dengan bantuan SPSS IBM 22,0 dan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar matematika pada indikator perasaan senang, keterlibatan aktif, ketertarikan, dan perhatian. Besarnya pengaruh adalah sebesar 45%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan dari strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa SD pada mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Achru, P. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Afandi, A., Wahyuni, E. S., Kristiana, T., & Putra, D. A. (2021). Profile of Critical Thinking Skills of Students in High School on Climate Change and Waste Recycling Materials. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 5(2), 96-104. https://doi.org/10.20961/ijpte.v5i2.50826

Agnafia, Desi Nuzul. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1). http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Agus, I. & Purnama, A.N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65-74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20143

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendekia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Avandra, R., & Desyandri. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas Vi Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944–2960. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.618

Balkish, P. S., Dasari, D., Jupri, A., Fitrisari, P., & Desmayanasari, D. (2023). Analisis Pengalaman Pengembangan Diri Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Yang Berdiferensiasi dan Mendorong Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1297-1308. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6829

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74

Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2021). The Effect of Realistic Mathematics Education on Elementary Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012127

Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Materi Ajar Geometri Berbasis Rme Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1179. . https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8837

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341-1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran konvensional dan kritis kreatif dalam perspektif pendidikan islam. Hikmah, 18(1), 64-80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101

Fitria, F., Sukardi, S., & Handayani, N. (2023). Efektivitas model blended learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 101-111. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1159

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239-249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Ismayanti, W., Santosa, C. A. H. F., & Rafianti, I. (2022). Minat belajar, efikasi diri, dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Education FKIP UNMA, 8(3), 943-952. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2847

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793-2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150

Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283-293. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2806

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA di sekolah dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24-34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689

Ridwan, S. L. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 637-656. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.201

Rizky, M., Pratama, M. A. P., & Shawmi, A. N. (2024). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka di SD Palembang. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 10(2), 150-165. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v10i2.18805

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan pembelajaran IPS berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. Ascd.

Ulya, N., Rohman, U., & Prayogo, P. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9903-9909. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2733

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 529-535. . https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301.

Wicaksono, A. G. (2020). Systematic review pengaruh pendekatan saintifik Terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 65-76. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10822

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53-63. https://doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2415

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 241-250. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3

Published

2024-08-15

How to Cite

Lisnawati, L., Juhana, J., & Nirmala, S. D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Minat Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 548–561. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3731

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.