Desain Kerangka Silabus Berbasis Tugas pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Umum Berdasarkan Analisis Kebutuhan dan Analisis Situasi Mahasiswa Teknik Sipil UKI Toraja
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.1393Keywords:
Desain Silabus, Bahasa Inggris, Analisis Kebutuhan, Analisis Situasi, Teknik SipilAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan Kebutuhan belajar bahasa inggris umum, dan mendesain kerangka Silabus Berbasis Tugas pada Mata kuliah Bahasa Inggris Umum Berdasarkan Analisis Kebutuhan dan Analisis Situasi Mahasiswa Tehnik Sipil UKI Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Research and development/R&D). Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tehnik Sipil UKI Toraja sebanyak 60 mahasiswa. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen Angket, dan Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik Miles dan Huberman (2002: 16). Teknik analisis data ini meliputi tiga langkah pokok yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Ketiga langkah ini dilakukan secara terus menerus sejak awal. Untuk menganalisis data angket dari informasi yang sudah dikumpulkan dari responden selanjutnya dianalisis. Teknik analisis yang kami terapkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan persentase dan frekuensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kebutuhan belajar Mahasiswa Tehnik Sipil UKI Toraja yakni: Kegiatan Pembelajaran yang dibutuhkan meliputi Kegiatan Pembelajaran dalam bentuk tatap muka, penugasan terstruktur, kegiatan mandiri tak terstruktur. Kebutuhan mahasiswa tentang metode pengajaran yakni belajar secara berkelompok, belajar secara berpasangan, dan belajar sendiri. Topik pelajaran yang disukai dalam belajar Bahasa Inggris Umum, mahasiswa menyukai materi tentang IPTEKS, materi Bahasa Inggris Umum yang kontekstual, dan materi kegiatan sehari-hari. Desain kerangka Silabus Berbasis Tugas pada Mata kuliah Bahasa Umum Inggris didasarkan pada Analisis Kebutuhan dan Analisis Situasi Mahasiswa Tehnik Sipil UKI Toraja yang merefleksikan Kegiatan Pembelajaran dalam bentuk tatap muka, penugasan terstruktur, kegiatan mandiri tak terstruktur.
Downloads
References
Majid, A. (2009). Perencanaa Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Martiyono. (2012). Perencanaan Pembelajaran: Suatu Pendekatan Praktis Merencanakan Pembelajaran Di SD/MI Berdasarkan KTSP. Kebumen: Aswaja Presindo.
Reily, T. (1988). Approaches to Foreign Language Syllabus Design. ERIC
Farkhan, M. (2007). Pengembangan Silabus Bahasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.