Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa

Authors

  • Bela Janare Putra Universitas Negeri Yogyakarta
  • Jurana Jamal Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

keterampilan komunikasi interpersonal, siswa SMP, profil, deskriptif kualitatif

Abstract

Salah satu kemampuan yang perlu dikuasai siswa pada abad ke-21 adalah kemampuan komunikasi interpersonal. Tugas perkembangan remaja salah satunya ialah mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profile keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP se-kecamatan Piyungan, Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian  deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam (Indepth Interview). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah berjumlah 30 siswa yang didapat dari SMP N 1 Piyungan dan SMP Muhammadiyah Piyungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profil keterampilan komunikasi interpersonal siswa masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhityaputra, V. W., & Saripah, I. (2015). Efektivitas Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(3).

Awad, T. A., & Alhashemi, S. E. (2012). Assessing the effect of interpersonal communications on employees’ commitment and satisfaction. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 5(2), 134-156. https://doi.org/10.1108/17538391211233425

Barseli, M. (2018). The Concept Of Student Interpersonal Communication. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(2).

Budayatna, M., & Ganiem, L.M. (2011). Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana.

Dougherty, L., Stammer, E., & Valente, T. W. (2018). Interpersonal communication regarding pregnancy-related services: friends versus health professionals as conduits forinformation. BMC Pregnancy and Childbirth.

Kamaruzzaman. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).

Khalik. (2014). Filsafat Komunikasi. Makassar: Alauddin University Press.

Kusnaeni, K., & Retnawati, H. (2013). Problem Posing dalam Setting Kooperatif Tipe TAI Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33-43. https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8492

Lvina, E. (2014). The Role Of Cross-Cultural Communication Competence: Effective Transformational Leadership Across Cultures. JIP-International Multidisciplinary Journal, 3(1).

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93 - 106. doi:https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713

Muthmainnah, M., Astuti, B., & Fatimaningrum, A., 2016. Pengembangan Panduan Permainan Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12363

Pastae, V. (2016). Interpersonal Communication In The Era Of E-Communication. The 12th International Scientific Conference eLearning and Software for Education Bucharest. https://doi.org/10.12753/2066-026X-16-111

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).

Putra, B. J., & Astuti, B. (2020). The Influence of Group Guidance Service Using Poetry Media to Increase Student Learning Motivation in the Industrial Revolution 4.0. Atlantis Press SARL. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 397.

Ridwan, W., Hardhienata, S., & Entang, M. (2016). The Relationship of Interpersonal Communication, Organizational Commitment and Supervision to Principal's Performance. International Journal of Managerial Studies and Research, 4(11). https://doi.org/10.20431/2349-0349.0411003

Rohim, S. (2009). Teori Komunikasi (Perspektif, Ragam, dan Aplikasi), Jakarta: Rineka Cipta.

Segrin, C., & Flora, F. J. (2005). Family communication. Mahwah, NJ: Erlbaum.

Maryanti, S., Zikra, Z., & Nurfarhanah, N. (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor, 1(2). https://doi.org/10.24036/0201212700-0-00.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197 - 210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7334.

Supratiknya. (1995). Komunikasi Antarpribadi Tinjauan Psikologis, Yogyakarta: Kanisius.

Published

2020-12-12

How to Cite

Putra, B. J., & Jamal, J. (2020). Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 399–407. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/410

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.