Keefektifan Pengajaran Bahasa Indonesia Siswa SD Dengan Menggunakan Model Role Play

Authors

  • Reski Pilu Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ade Kusuma Masse Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

pembelajaran, bermain drama, role playing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran role playing siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara bersiklus, antara siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus dilakukan selama tiga kali pertemuan. Sampel yang diambil sebanyak 27 orang kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan siklus II bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran role playing siklus II sebesar 92,5% atau 25 dari 27 siswa masuk dalam katagori tuntas dan 7,4% atau 2 dari 27 siswa masuk dalam katagori tidak tuntas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keefektifan bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran role playing telah berhasil atau terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, A. & Ahmadi, A. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(1), 41.

Aqib, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S., & Suhardjono. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Ekawarna. 2010. Penelitian Tindakan

Indah, O. D., Crestiani, J., & Ramadhana, M. A. (2018). Nonverbal Communication Used by Students of Informatics Study Program in Studying English through Lesson Study. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 1(1), 42-48.

Indah, O. D., & Ramadhana, M. A. (2020). Students’ Response Towards the Improvement of Reading Comprehension Through Herringbone Technique. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), 229-238.

Said, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9-17.

Published

2020-12-12

How to Cite

Pilu, R., & Masse, A. K. (2020). Keefektifan Pengajaran Bahasa Indonesia Siswa SD Dengan Menggunakan Model Role Play. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 420–428. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/430

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.