Meningkatkan Hasil Belajar Organ Pernapasan Manusia Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Inpres Ralla Kabupaten Barru

Authors

  • Munirah Munirah SD Inpres Ralla, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

Keywords:

hasil belajar, organ pernapasan manusia, problem based learning

Abstract

Hasil analisis dokumentasi pembelajaran pertama awal tahun pelajaran 2017-2018 semester 1, bahwa: Rata-rata hasil belajar organ pernapasan manusia yang dicapai 67,58% dari jumlah peserta didik 12 orang yang tuntas belajarnya hanya 50%, tidak mencapai standar kualitas rerata hasil belajar KKM 70 dan klasikal 83% yang tuntas hasil belajarnya (Hj. Munirah, 2017)). Solusi penyelesaian melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning pada organ pernapasan manusia pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres ralla kabupaten Barru. Penelitian tindakan kelas (classroom action research), terdiri: (1) perencanaan (plan), (2) pelaksanaan (action), (3) observasi (observe), (4) refleksi (reflect). Menggunakan Model PTK (pengembangan) (Sarwiji Suwardi, 2008: 35), terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Subjek adalah siswa kelas V SD Inpres Ralla kabuapaten Barru, dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang, 4 berjenis kelamin perempuan dan 8 berjenis kelamin laki-laki. Data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan kemampuan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rerata hasil belajar siklus tiga 80,58% dengan tuntas belajar 80,33%, meningkat selisih 11,16% meningkat kategori rendah ke tinggi dari siklus dua ke siklus tiga. (2) Perubahan kemampuan guru siklus tiga adalah 80,00% dikategorikan masih cukup meningkat selisih 21,67% meningkat kategori cukup ke baik dari siklus dua ke siklus tiga. (3) Perubahan aktivitas peserta didik siklus tiga adalah baik dengan persentase yang dicapai 74,03% dengan jumlah skor yang dicapai 533 dari total skor 720, meningkat selisih 12.65% meningkat kategori cukup ke baik dari siklus dua ke siklus tiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dayan, A. (1972). Pengantar Metode Statistik Deskriptif. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi.

Hadi, S. (1981). Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.

Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hidayat, W. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar SD. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Tema 2. Udara Bersih dan Kesehatan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru SD/MI kelas V. Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Tema 2. Udara Bersih dan Kesehatan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI kelas V. Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhammad, A. (2004). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(36). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/5367/5074

Riyanto, Y. (2009). Paradiqma Baru Pembelajaran. Jakaeta. Kencana Prenadamedia group.

Widoyoko, E. S. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.

Published

2020-12-29

How to Cite

Munirah, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Organ Pernapasan Manusia Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Inpres Ralla Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 438–444. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/436

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 

You may also start an advanced similarity search for this article.