Meningkatkan Hasil Belajar Organ Pernapasan Manusia Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Inpres Ralla Kabupaten Barru
Keywords:
hasil belajar, organ pernapasan manusia, problem based learningAbstract
Hasil analisis dokumentasi pembelajaran pertama awal tahun pelajaran 2017-2018 semester 1, bahwa: Rata-rata hasil belajar organ pernapasan manusia yang dicapai 67,58% dari jumlah peserta didik 12 orang yang tuntas belajarnya hanya 50%, tidak mencapai standar kualitas rerata hasil belajar KKM 70 dan klasikal 83% yang tuntas hasil belajarnya (Hj. Munirah, 2017)). Solusi penyelesaian melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning pada organ pernapasan manusia pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres ralla kabupaten Barru. Penelitian tindakan kelas (classroom action research), terdiri: (1) perencanaan (plan), (2) pelaksanaan (action), (3) observasi (observe), (4) refleksi (reflect). Menggunakan Model PTK (pengembangan) (Sarwiji Suwardi, 2008: 35), terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Subjek adalah siswa kelas V SD Inpres Ralla kabuapaten Barru, dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang, 4 berjenis kelamin perempuan dan 8 berjenis kelamin laki-laki. Data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan kemampuan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rerata hasil belajar siklus tiga 80,58% dengan tuntas belajar 80,33%, meningkat selisih 11,16% meningkat kategori rendah ke tinggi dari siklus dua ke siklus tiga. (2) Perubahan kemampuan guru siklus tiga adalah 80,00% dikategorikan masih cukup meningkat selisih 21,67% meningkat kategori cukup ke baik dari siklus dua ke siklus tiga. (3) Perubahan aktivitas peserta didik siklus tiga adalah baik dengan persentase yang dicapai 74,03% dengan jumlah skor yang dicapai 533 dari total skor 720, meningkat selisih 12.65% meningkat kategori cukup ke baik dari siklus dua ke siklus tiga.
Downloads
References
Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dayan, A. (1972). Pengantar Metode Statistik Deskriptif. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi.
Hadi, S. (1981). Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hidayat, W. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar SD. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Tema 2. Udara Bersih dan Kesehatan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru SD/MI kelas V. Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Tema 2. Udara Bersih dan Kesehatan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI kelas V. Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhammad, A. (2004). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(36). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/5367/5074
Riyanto, Y. (2009). Paradiqma Baru Pembelajaran. Jakaeta. Kencana Prenadamedia group.
Widoyoko, E. S. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.