Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di TK Assalam Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4409Keywords:
Implementasi, Model Pendidikan, Holistik, Karakter, Anak Usia DiniAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana mengoptimalkan implementasi model pendidikan holistik berbasis karakter di TK Assalam untuk meningkatkan pengembangan karakter dan kemampuan anak secara menyeluruh, serta tantangan dalam melibatkan orang tua dan evaluasi keberhasilannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pendidikan holistik berbasis karakter di TK Assalam, yang diharapkan dapat mengoptimalkan perkembangan karakter dan kemampuan anak secara menyeluruh, serta mengidentifikasi tantangan dalam melibatkan orang tua dan mengevaluasi keberhasilan implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan di TK Assalam Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, serta dianalisis secara bersamaan dengan tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber, teknik, dan waktu, untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pendidikan holistik berbasis karakter di TK Assalam mencakup beberapa aspek penting. Program ini mengintegrasikan pendidikan agama dan karakter untuk mengoptimalkan potensi anak, membentuk individu yang holistik. Model tersebut diterapkan melalui pembelajaran terintegrasi berbasis karakter, kegiatan ko-parenting, serta kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Evaluasi terhadap implementasi dilakukan dengan menggunakan penilaian formatif dan sumatif, yang meliputi observasi menggunakan instrumen checklist, catatan anekdot, hasil karya, portofolio, unjuk kerja, dan kuesioner yang diisi oleh orang tua. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan holistik berbasis karakter dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbagai aspek perkembangan, termasuk aspek karakter.
Downloads
References
Adawiyah, R., & Ubaidilah, T. (2023). Pengembangan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Kaduagung Tengah Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 4(1). https://doi.org/10.55171/jaa.v4i1.920
Ahyani, H., Putra, H. M., Mutmainah, N., & Syamsudin, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Holistik berbasis Karakter di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Kota Banjar di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 1-20. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v7i1.5445
Azzahra, A., Sholihah, A., & Asy’ari, A. M. (2023). Pendidikan Holistik Berbasis Islam: Implementasi dalam Membentuk Karakter Siswa Di era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 174-179. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i1.403
Budiana, I. (2023). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stunting Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Kesehatan. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(02), 94-102. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i02.37
Ekosiswoyo, R., Joko, T., & Suminar, T. (2019). Potensi keluarga dalam pendidikan holistik berbasis karakter pada anak usia dini. Edukasi, 13(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i1.952
Gufron, I. A., Rosini, N., & Taufiqurrahman, T. (2020). Pendidikan Holistik Berbasis Keagamaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Ummah. Eduprof, 2(2), 376029. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.25
Kasingku, J., & Gosal, F. (2024). Pendidikan Holistik Sebagai Dasar Pembentukan Karakter. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7916-7930. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15877
Khoiriyah, Z. (2021). Pengaruh Penerapan Kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di TK Karakter Indonesia Heritage Foundation Cimanggis Depok. Khazanah, 1(1), 88-145.
Mawaddah, I. A. (2021). Implementasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Empang. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 53-62. https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v13i1.4284
Muliadi, A., & Pahmi, M. Z. (2021). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Dalam Tasyrih Wasiat Renungan Masa Karya Tgkh. Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 43-54. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39444
Rofiq, A., & Siddik, M. F. A. (2019). Pembinaan karakter dalam pendidikan Islam holistik berbasis pesantren. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1(2), 82-100. https://doi.org/10.37676/eij.v1i1.6492
Saefurohman, A. (2020). Membangun sdm melalui pendidikan holistik berbasis karakter dan berorientasi pemberdayaan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(2), 111-112.
Sarinastitin, E. (2018). Pendidikan holistik integratif dan terpadu untuk pembentukan karakter anak usia dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2), 17-23.
Setiawan, M. A. S., & Pratiwi, Y. (2024). Manfaat Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (Phbk) Terhadap Kesiapan Siswa Masuk Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 599-605. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12109
Sihotang, H., Limbong, M., Simbolon, B. R., Tampubolon, H., & Silalahi, M. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam mengimlementasikan kurikulum 2013 dalam education 4.0. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 223-234. https://doi.org/10.33541/cs.v1i2.1305
Subakat, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Program Semai Benih Bangsa. Jurnal As-Salam, 6(1), 36-48. https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.363
Winarti, E., & Rofiq, A. (2024). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) dalam Penguatan Karakter Siswa Pasca Pandemi di RA Mambaul Huda Bojonegoro. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6457-6468.
Wulandari, F., Hidayat, T., & Muqowim, M. (2021). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Membina Karakter Islami. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 157-180. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.374
Yuliana, N., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 15-24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872
Zanki, A. S., & Oktaviana, M. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di RA Al Mansur Klangon Bojonegoro. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 89-97. https://doi.org/10.46773/al-athfal.v2i2.403
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.