Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di TK Assalam Kota Bandung

Authors

  • Cep Unang Wardaya Universitas Pancasakti

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4409

Keywords:

Implementasi, Model Pendidikan, Holistik, Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana mengoptimalkan implementasi model pendidikan holistik berbasis karakter di TK Assalam untuk meningkatkan pengembangan karakter dan kemampuan anak secara menyeluruh, serta tantangan dalam melibatkan orang tua dan evaluasi keberhasilannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pendidikan holistik berbasis karakter di TK Assalam, yang diharapkan dapat mengoptimalkan perkembangan karakter dan kemampuan anak secara menyeluruh, serta mengidentifikasi tantangan dalam melibatkan orang tua dan mengevaluasi keberhasilan implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan di TK Assalam Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, serta dianalisis secara bersamaan dengan tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber, teknik, dan waktu, untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pendidikan holistik berbasis karakter di TK Assalam mencakup beberapa aspek penting. Program ini mengintegrasikan pendidikan agama dan karakter untuk mengoptimalkan potensi anak, membentuk individu yang holistik. Model tersebut diterapkan melalui pembelajaran terintegrasi berbasis karakter, kegiatan ko-parenting, serta kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Evaluasi terhadap implementasi dilakukan dengan menggunakan penilaian formatif dan sumatif, yang meliputi observasi menggunakan instrumen checklist, catatan anekdot, hasil karya, portofolio, unjuk kerja, dan kuesioner yang diisi oleh orang tua. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan holistik berbasis karakter dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbagai aspek perkembangan, termasuk aspek karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., & Ubaidilah, T. (2023). Pengembangan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Kaduagung Tengah Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 4(1). https://doi.org/10.55171/jaa.v4i1.920

Ahyani, H., Putra, H. M., Mutmainah, N., & Syamsudin, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Holistik berbasis Karakter di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Kota Banjar di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 1-20. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v7i1.5445

Azzahra, A., Sholihah, A., & Asy’ari, A. M. (2023). Pendidikan Holistik Berbasis Islam: Implementasi dalam Membentuk Karakter Siswa Di era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 174-179. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i1.403

Budiana, I. (2023). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stunting Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Kesehatan. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(02), 94-102. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i02.37

Ekosiswoyo, R., Joko, T., & Suminar, T. (2019). Potensi keluarga dalam pendidikan holistik berbasis karakter pada anak usia dini. Edukasi, 13(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i1.952

Gufron, I. A., Rosini, N., & Taufiqurrahman, T. (2020). Pendidikan Holistik Berbasis Keagamaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Ummah. Eduprof, 2(2), 376029. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.25

Kasingku, J., & Gosal, F. (2024). Pendidikan Holistik Sebagai Dasar Pembentukan Karakter. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7916-7930. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15877

Khoiriyah, Z. (2021). Pengaruh Penerapan Kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di TK Karakter Indonesia Heritage Foundation Cimanggis Depok. Khazanah, 1(1), 88-145.

Mawaddah, I. A. (2021). Implementasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Empang. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 53-62. https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v13i1.4284

Muliadi, A., & Pahmi, M. Z. (2021). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Dalam Tasyrih Wasiat Renungan Masa Karya Tgkh. Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 43-54. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39444

Rofiq, A., & Siddik, M. F. A. (2019). Pembinaan karakter dalam pendidikan Islam holistik berbasis pesantren. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1(2), 82-100. https://doi.org/10.37676/eij.v1i1.6492

Saefurohman, A. (2020). Membangun sdm melalui pendidikan holistik berbasis karakter dan berorientasi pemberdayaan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(2), 111-112.

Sarinastitin, E. (2018). Pendidikan holistik integratif dan terpadu untuk pembentukan karakter anak usia dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2), 17-23.

Setiawan, M. A. S., & Pratiwi, Y. (2024). Manfaat Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (Phbk) Terhadap Kesiapan Siswa Masuk Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 599-605. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12109

Sihotang, H., Limbong, M., Simbolon, B. R., Tampubolon, H., & Silalahi, M. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam mengimlementasikan kurikulum 2013 dalam education 4.0. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 223-234. https://doi.org/10.33541/cs.v1i2.1305

Subakat, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Program Semai Benih Bangsa. Jurnal As-Salam, 6(1), 36-48. https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.363

Winarti, E., & Rofiq, A. (2024). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) dalam Penguatan Karakter Siswa Pasca Pandemi di RA Mambaul Huda Bojonegoro. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6457-6468.

Wulandari, F., Hidayat, T., & Muqowim, M. (2021). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Membina Karakter Islami. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 157-180. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.374

Yuliana, N., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 15-24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872

Zanki, A. S., & Oktaviana, M. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di RA Al Mansur Klangon Bojonegoro. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 89-97. https://doi.org/10.46773/al-athfal.v2i2.403

Published

2024-12-29

How to Cite

Wardaya, C. U. (2024). Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di TK Assalam Kota Bandung. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1288–1305. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4409

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.