Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 47 Dumbo Raya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4568Keywords:
Model Pembelajaran, Project Based Learning, Media Wordwall, Hasil Belajar IPAAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN No. 47 Dumbo Raya?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN No. 47 Dumbo Raya melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN No. 47 Dumbo Raya yang berjumlah 18 orang, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan siswa masih sangat rendah, dengan hanya 4 siswa (22%) yang mencapai hasil belajar IPA di atas KKM. Pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan, yaitu 7 siswa (39%) yang mencapai KKM. Karena belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75%, penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan 14 siswa (78%) yang mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN No. 47 Dumbo Raya.
Downloads
References
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran daring membuat seni kolase menggunakan model project based learning pada masa pandemi covid 19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185-191. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2006
Arifin, I. N., Arif, R. M., Arifin, V. M., Juniarti, Y., & Sutisna, I. (2023). Desain Pengembangan E-Modul Ipa Materi Kalor Berbasis Flipbook Maker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA, 99-111. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2192
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 324-332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Budiyanti, N., & Utami, R. D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Digital. EDU RESEARCH, 5(1), 109-120. https://doi.org/10.47827/jer.v5i1.161
Eriska, D., Aprianti, F., & Rahayu, S. (2023). Penerapan model project based learning berbantuan education games digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN Majalengka Wetan VII. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1876-1891. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.877
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Ibrahim, R. N. A., Saleh, M., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 205-216. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4340
Isnanto, I., Ahmad, W., & Kudus, K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Aplikasi Wordwall pada Materi Tata Surya di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 155-166. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3520
Kudus, K. (2023). Pemanfaatan Model Children Learning In Science (Clis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 3(3), 251-259. https://doi.org/10.51878/educational.v3i3.2444
Lestari, R. D. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi wordwall di kelas IV sdn 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal ilmiah profesi guru (JIPG), 2(2), 111-116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309
Nuraeni, T. N. T., & Aprianti, F. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 480-489. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5554
Onto, E. A., Gustina, G., Paramita, I., & Saehana, S. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Sigi. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 12(2), 118-125. https://doi.org/10.22487/jpft.v12i2.3505
Pramesthi, G., & Pratika, V. D. I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKPD pada Materi IPA Sistem Ekskresi Manusia terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII. Jurnal Simki Postgraduate, 3(2), 158-168. https://doi.org/10.29407/jspg.v3i2.809
Putri, Y. A. (2023). PjBL Implmentasi Model Pembelajaran Pjbl Berbantuan Media Word Wall pada Materi Norma dan Aturan Kelas V SD Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2368-2377. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2231
Rizani, U. (2022). Pembelajaran Berkarakter dan Berinovasi Abad 21 Materi Fluida dengan Model Pembelajaran Project Based Learning pada SMK 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 308-315. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.196
Salsabila, E. P. (2024). Implementasi Media Interaktif Wordwall Berbasis Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SD Negeri Gisikdrono 02 Semarang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.11119925
Samara, N. S., Mutmainna, M., Ardilla, A., Suleha, S., & Nursakiah, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dan Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Pao-Pao. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 758-771. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4806
Sari, S. N. M., & Isdaryani, B. (2024). Efektivitas Model PjBL Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 88-101. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.14390
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453-5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332
Theresia, M., Jamaluddin, N., & Wahid, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas VI SD Negeri Gunung Sari II. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 730-743. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4760
Utama, R. W., Wicaksono, V. D., Supardal, Y., Aji, R. D. B., & Mukhamad, A. (2024). Integrasi Model Pembelajaran PBL dan Pendekatan CRT Berbantuan Media Wordwall pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 11(2), 25-33. https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48667
Wijayanti, A., & Sulianto, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas III Sdn Wonotingal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5211-5233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1159
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.