Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di kelas V SDN 3 Kabila Bone

Authors

  • Farhan Abdullah Suwele Universitas Negeri Gorontalo
  • Irvin Novita Arifin Universitas Negeri Gorontalo
  • Gamar Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Panai Universitas Negeri Gorontalo
  • Rifda Mardian Arif Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4599

Keywords:

Model Project Based Learning, Media Pembelajaran, Hasil Belajar IPA

Abstract

Urgensi permasalahan dalam penelitian ini yaitu minimnya media ajar dan variasi model pembelajaran berdampak pada rendahnya pemahaman dan minat siswa terhadap materi zat tunggal dan campuran. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA Di Kelas V SDN 3 Kabila Bone. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penggunaan metode pre-experimental design dengan desain one group pretest posttest. Variabel bebas penelitian ini adalah model project based learning berbantuan media sederhana dan variable terikat adalah hasil belajar siswa. pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-test. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukan nilai thitung = -12 ≥ ttabel 1,782 dengan kriteria apabila nilai thitung lebih kecil dari ttabel maka H0 diterima dan H1 ditolak atau dapat dilihat berdasarkan nilai signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dengan kriteria apabila nilai sig lebih kecil dari pada 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan kedua kriteria diatas dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat Pengaruh Model Project Based Learning berbantuan media sederhana terhadap hasil belajar siswa IPA di kelas V SDN 3 kabila bone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, S., & Rusmini, R. (2022). Project-based learning model to promote students critical and creative thinking skills. Jurnal Pijar Mipa, 17(4), 525-532. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i4.3717

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88-97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12308

Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended learning and project based learning: the method to improve students’ higher order thinking skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231-248. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.549

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar: Use Of Simple Learning Media as A Source of Learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57-63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17

Farhin, N., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan" project based-learning". Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 132-136. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.144

Farida, A., & Suprihatiningsih, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 20(1), 1-8. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v20i1.903

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi model project based learning (PjBL) dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa teknik mesin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162-5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128

Mosier, G. G., Bradley-Levine, J., & Perkins, T. (2016). Students’ perceptions of project-based learning within the New Tech school model. International Journal of Educational Reform, 25(1), 2-15. https://doi.org/10.1177/105678791602500101

Mulyani, A. S. N. D., Syamsiah, S., & Hamka, L. (2023). Efektivitas Model Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Jeumpa, 10(1), 176-183. https://doi.org/10.33059/jj.v10i1.7410

Mursid, R., Saragih, A. H., & Hartono, R. (2022). The effect of the blended project-based learning model and creative thinking ability on engineering students' learning outcomes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 218-235. https://doi.org/10.46328/ijemst.2244

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model project-based learning dengan pendekatan stem. Journal on Mathematics Education Research (J-MER), 1(1), 10-14. https://doi.org/10.17509/j-mer.v1i1.24569

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Serin, H. (2019). Project based learning in mathematics context. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(3), 232-236. https://doi.org/10.23918/ijsses.v5i3p232

Setiyadi, M. W. (2023). Implementation of the project-based learning model to improve sefl efficacy and student learning outcomes. Jurnal Pijar MIPA, 18(5), 687-691. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i5.5479

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi project based learning dan pembelajaran bermakna untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253-263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Simonton, K. L., Layne, T. E., & Irwin, C. C. (2021). Project-based learning and its potential in physical education: an instructional model inquiry. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 12(1), 36-52. https://orcid.org/0000-0001-7261-2047

Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163-3172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068

Suradika, A., Dewi, H. I., & Nasution, M. I. (2023). Project-based learning and problem-based learning models in critical and creative students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 153-167. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.39713

Syahlan, I. D., Hidayat, D. R., & Hidayat, O. S. (2023). Application of the project based learning model in elementary schools: Obstacles and solutions of science and environment content. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2060-2067. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3285

Umi, U. (2015). Penerapan pendekatan saintifik melalui model project based learning untuk meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD negeri seworan, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24-38. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38

Widayanti, W., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan alat praktikum sederhana sebagai media praktikum mahasiswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 21-27. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.161

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic literature review: Model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap skill yang dikembangkan dalam tingkatan satuan pendidikan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191-2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463

Published

2024-11-10

How to Cite

Suwele, F. A., Arifin, I. N. ., Abdullah, G. ., Panai, A. H., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di kelas V SDN 3 Kabila Bone. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1131–1141. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4599

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.