Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 47 Dumbo Raya

Authors

  • Sunarti Rauf Universitas Negeri Gorontalo
  • Kudus Kudus Universitas Negeri Gorontalo
  • Rifda Mardian Arif Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4568

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Media Wordwall, Hasil Belajar IPA

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN No. 47 Dumbo Raya?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN No. 47 Dumbo Raya melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN No. 47 Dumbo Raya yang berjumlah 18 orang, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan siswa masih sangat rendah, dengan hanya 4 siswa (22%) yang mencapai hasil belajar IPA di atas KKM. Pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan, yaitu 7 siswa (39%) yang mencapai KKM. Karena belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75%, penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan 14 siswa (78%) yang mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN No. 47 Dumbo Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran daring membuat seni kolase menggunakan model project based learning pada masa pandemi covid 19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185-191. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2006

Arifin, I. N., Arif, R. M., Arifin, V. M., Juniarti, Y., & Sutisna, I. (2023). Desain Pengembangan E-Modul Ipa Materi Kalor Berbasis Flipbook Maker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA, 99-111. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2192

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 324-332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Budiyanti, N., & Utami, R. D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Digital. EDU RESEARCH, 5(1), 109-120. https://doi.org/10.47827/jer.v5i1.161

Eriska, D., Aprianti, F., & Rahayu, S. (2023). Penerapan model project based learning berbantuan education games digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN Majalengka Wetan VII. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1876-1891. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.877

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Ibrahim, R. N. A., Saleh, M., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 205-216. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4340

Isnanto, I., Ahmad, W., & Kudus, K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Aplikasi Wordwall pada Materi Tata Surya di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 155-166. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3520

Kudus, K. (2023). Pemanfaatan Model Children Learning In Science (Clis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 3(3), 251-259. https://doi.org/10.51878/educational.v3i3.2444

Lestari, R. D. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi wordwall di kelas IV sdn 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal ilmiah profesi guru (JIPG), 2(2), 111-116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Nuraeni, T. N. T., & Aprianti, F. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 480-489. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5554

Onto, E. A., Gustina, G., Paramita, I., & Saehana, S. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Sigi. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 12(2), 118-125. https://doi.org/10.22487/jpft.v12i2.3505

Pramesthi, G., & Pratika, V. D. I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKPD pada Materi IPA Sistem Ekskresi Manusia terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII. Jurnal Simki Postgraduate, 3(2), 158-168. https://doi.org/10.29407/jspg.v3i2.809

Putri, Y. A. (2023). PjBL Implmentasi Model Pembelajaran Pjbl Berbantuan Media Word Wall pada Materi Norma dan Aturan Kelas V SD Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2368-2377. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2231

Rizani, U. (2022). Pembelajaran Berkarakter dan Berinovasi Abad 21 Materi Fluida dengan Model Pembelajaran Project Based Learning pada SMK 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 308-315. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.196

Salsabila, E. P. (2024). Implementasi Media Interaktif Wordwall Berbasis Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SD Negeri Gisikdrono 02 Semarang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.11119925

Samara, N. S., Mutmainna, M., Ardilla, A., Suleha, S., & Nursakiah, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dan Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Pao-Pao. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 758-771. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4806

Sari, S. N. M., & Isdaryani, B. (2024). Efektivitas Model PjBL Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 88-101. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.14390

Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453-5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332

Theresia, M., Jamaluddin, N., & Wahid, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas VI SD Negeri Gunung Sari II. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 730-743. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4760

Utama, R. W., Wicaksono, V. D., Supardal, Y., Aji, R. D. B., & Mukhamad, A. (2024). Integrasi Model Pembelajaran PBL dan Pendekatan CRT Berbantuan Media Wordwall pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 11(2), 25-33. https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48667

Wijayanti, A., & Sulianto, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas III Sdn Wonotingal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5211-5233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1159

Published

2024-12-29

How to Cite

Rauf, S., Kudus, K., & Arif, R. M. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 47 Dumbo Raya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1306–1317. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4568