Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini

Authors

  • Repita Jahra Universitas Panca Sakti
  • Nuril Imamah Universitas Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4924

Keywords:

Peran OrangTua, Home Literacy Environment, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Masalah utama dalam artikel penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam menyediakan home literacy environment yang mendukung, dapat mempengaruhi dan meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini, mengingat pentingnya lingkungan belajar yang stimulatif di rumah untuk perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan kemampuan berbahasa anak melalui home literacy environment. Penelitian ini dilakukan di TK Sirojut Taqwa selama kurun waktu 3 bulan, yakni dari bulan maret-juni 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui tiga model, yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan dua Teknik, yakni ketekunan pengamatan, menggunakan referensi, member cek dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam artikel penelitian ini adalah 14 orang tua siswa. Kriteria sampel/subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang terlibat langsung dalam menyediakan lingkungan belajar/membaca di rumah bagi anak-anak mereka. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: Peran Orang tua dalam menyediakan home literacy environment memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak. Penggunaan literasi di rumah membantu anak dalam mengenal warna, huruf, kosakata, bilangan, pola dengan kegiatan yang menyenangkan. Penggunaan home literacy environment di rumah membuat anak bisa berkomunikasi dengan baik, bertambahnya kemampuan membaca pada anak dan motivasi belajar anak yang meningkat, sehingga menunjang kegiatan belajar di TK Sirojut Taqwa. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa Peran Orang tua dalam menyediakan home literacy environment memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan kemampuan Bahasa anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i1.302

Ayuni, D., Zudeta, E., & Pahrul, Y. (2023). Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Teacher Education, 4(3), 722-729. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13100

Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal For Quality In Women’s Health, 4(1), 47. Https://Doi.Org/10.30994/Jqwh.V4i1.104

Baiti, N. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan literasi anak di masa covid-19. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(2), 113-127. https://doi.org/10.37567/prymerly.v3i2.323

Devianty, R., & Sari, Y. (2022). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 10(1). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1655

Dini, J. P. A. U. (2022). Peran orang tua dalam menyediakan home literacy environment (HLE) pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367-1381. https://Doi.Org/10.31004/obsesi.v6i3.1706

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah Yang Dilengkapi Kosakata. Journal On Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 90–99. Https://Doi.Org/10.37985/Joecher.V1i2.13

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan kemampuan literasi awal anak prasekolah melalui program stimulasi. Jurnal psikologi, 44(3), 177-184. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Inten, D. N. (2017). Peran keluarga dalam menanamkan literasi dini pada anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan literasi dan numerasi di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504-6512. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1973

Mukhlisoh, L., Sari, N., & Yuliadi, D. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Perkembangan Keterampilan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Jurnal Anak Bangsa, 3(2), 317-328. https://doi.org/10.46306/jas.v3i2.74

Muzakki, M., Aghnaita, A., & Puspita, D. (2023). Mengembangkan Kegiatan Literasi Awal Bagi Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan non formal Informal, 8(2), 111-119. https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6966

Nafisah, Z., & Putri, A. R. (2024). Hubungan antara Penggunaan Media Buku Cerita dengan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Umur 4-5 Tahun di TKIT Mardhatilah Kemasan Polokarto. Jurnal Terapi Wicara dan Bahasa, 3(1), 117-127. https://doi.org/10.59686/jtwb.v3i1.144

Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153–163. Https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.082.04

Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667-675. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1048

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2019.V9.I3.P267-275

Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi LiterasiAnak Prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47-60. https://doi.org/10.22146/jpsi.6942

Safitri, S. M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Dukungan Orang Tua dan Kepercayaan Diri Terhadap Minat Belajar Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 14(1), 77-90. https://doi.org/10.54180/elbanat.2024.14.1.77-90

Samhaji, H. I., Rahayau, A. D. A., Dewi, W. A., Putra, N. P. D., & Prasandha, D. (2024). Edukasi Pencegahan Stunting melalui Home Literacy Environment di Desa Jetis. Jurnal Bina Desa, 6(3), 301-310. https://doi.org/10.15294/jurnalbinadesa.v6i3.512

Septiani, I. A., & Rachmania, S. (2023). Analisis Pentingnya Peran Orangtua dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Awal pada Peserta Didik. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 30-36. https://doi.org/10.56393/didactica.v3i1.1556

Sitorus, M. A. (2024). Pendekatan Peran Orang Tua Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(1), 12-21. https://doi.org/10.61166/demagogi.v2i1.10

Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar Di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.8.3.1861-1872.2022

Published

2024-12-30

How to Cite

Jahra, R., & Imamah, N. (2024). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1338–1347. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4924

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.