Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4924Keywords:
Peran OrangTua, Home Literacy Environment, Kemampuan Bahasa, Anak Usia DiniAbstract
Masalah utama dalam artikel penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam menyediakan home literacy environment yang mendukung, dapat mempengaruhi dan meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini, mengingat pentingnya lingkungan belajar yang stimulatif di rumah untuk perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan kemampuan berbahasa anak melalui home literacy environment. Penelitian ini dilakukan di TK Sirojut Taqwa selama kurun waktu 3 bulan, yakni dari bulan maret-juni 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui tiga model, yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan dua Teknik, yakni ketekunan pengamatan, menggunakan referensi, member cek dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam artikel penelitian ini adalah 14 orang tua siswa. Kriteria sampel/subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang terlibat langsung dalam menyediakan lingkungan belajar/membaca di rumah bagi anak-anak mereka. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: Peran Orang tua dalam menyediakan home literacy environment memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak. Penggunaan literasi di rumah membantu anak dalam mengenal warna, huruf, kosakata, bilangan, pola dengan kegiatan yang menyenangkan. Penggunaan home literacy environment di rumah membuat anak bisa berkomunikasi dengan baik, bertambahnya kemampuan membaca pada anak dan motivasi belajar anak yang meningkat, sehingga menunjang kegiatan belajar di TK Sirojut Taqwa. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa Peran Orang tua dalam menyediakan home literacy environment memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan kemampuan Bahasa anak.
Downloads
References
Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i1.302
Ayuni, D., Zudeta, E., & Pahrul, Y. (2023). Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Teacher Education, 4(3), 722-729. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13100
Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal For Quality In Women’s Health, 4(1), 47. Https://Doi.Org/10.30994/Jqwh.V4i1.104
Baiti, N. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan literasi anak di masa covid-19. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(2), 113-127. https://doi.org/10.37567/prymerly.v3i2.323
Devianty, R., & Sari, Y. (2022). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 10(1). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1655
Dini, J. P. A. U. (2022). Peran orang tua dalam menyediakan home literacy environment (HLE) pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367-1381. https://Doi.Org/10.31004/obsesi.v6i3.1706
Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah Yang Dilengkapi Kosakata. Journal On Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 90–99. Https://Doi.Org/10.37985/Joecher.V1i2.13
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan kemampuan literasi awal anak prasekolah melalui program stimulasi. Jurnal psikologi, 44(3), 177-184. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Inten, D. N. (2017). Peran keluarga dalam menanamkan literasi dini pada anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689
Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan literasi dan numerasi di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504-6512. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1973
Mukhlisoh, L., Sari, N., & Yuliadi, D. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Perkembangan Keterampilan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Jurnal Anak Bangsa, 3(2), 317-328. https://doi.org/10.46306/jas.v3i2.74
Muzakki, M., Aghnaita, A., & Puspita, D. (2023). Mengembangkan Kegiatan Literasi Awal Bagi Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan non formal Informal, 8(2), 111-119. https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6966
Nafisah, Z., & Putri, A. R. (2024). Hubungan antara Penggunaan Media Buku Cerita dengan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Umur 4-5 Tahun di TKIT Mardhatilah Kemasan Polokarto. Jurnal Terapi Wicara dan Bahasa, 3(1), 117-127. https://doi.org/10.59686/jtwb.v3i1.144
Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153–163. Https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.082.04
Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667-675. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1048
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2019.V9.I3.P267-275
Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi LiterasiAnak Prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47-60. https://doi.org/10.22146/jpsi.6942
Safitri, S. M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Dukungan Orang Tua dan Kepercayaan Diri Terhadap Minat Belajar Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 14(1), 77-90. https://doi.org/10.54180/elbanat.2024.14.1.77-90
Samhaji, H. I., Rahayau, A. D. A., Dewi, W. A., Putra, N. P. D., & Prasandha, D. (2024). Edukasi Pencegahan Stunting melalui Home Literacy Environment di Desa Jetis. Jurnal Bina Desa, 6(3), 301-310. https://doi.org/10.15294/jurnalbinadesa.v6i3.512
Septiani, I. A., & Rachmania, S. (2023). Analisis Pentingnya Peran Orangtua dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Awal pada Peserta Didik. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 30-36. https://doi.org/10.56393/didactica.v3i1.1556
Sitorus, M. A. (2024). Pendekatan Peran Orang Tua Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(1), 12-21. https://doi.org/10.61166/demagogi.v2i1.10
Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar Di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.8.3.1861-1872.2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.